20 Cara Ampuh yang Saya Lakukan Untuk Mendatangkan Trafik

Banyak orang mengatakan bahwa trafik itu nyawa dari sebuah website. Ya saya sepakat dengan pendapat tersebut. Adalah benar bahwa trafik sangat penting bagi sebuah website. Tanpa adanya trafik artinya sebuah website tidak dikunjungi oleh orang-orang. Jika tidak ada yang mengunjungi website kita, maka siapa yang akan menjadi pembeli produk kita? Karena pentingnya trafik, tak heran banyak blogger dan pemilik website yang terus mencari solusi supaya jumlah pengunjung website/blog mereka semakin bertambah.

Ada banyak sekali cara untuk mendatangkan trafik sebuah website. Pada tulisan kali ini saya akan membahas 20 cara ampuh yang sudah pernah saya gunakan untuk mendatangkan trafik website saya. Tidak semua cara ini harus Anda terapkan. Pilihlah beberapa cara unggulan dari 20 cara berikut, lalu optimalkan cara tersebut agar blog/website Anda mendapatkan banyak trafik.

Inilah 20 cara yang sudah saya gunakan untuk mendatangkan trafik ke website saya.

1. Membagikan Posting Blog di Facebook

Ini merupakan cara yang paling sederhana. Usai menulis sebuah  tulisan yang menurut saya bagus dan unggulan, saya membagikan tulisan tersebut di akun Facebook saya. Saya punya lebih dari 4800 teman di Facebook. Itu artinya, ketika saya membagikan sebuah tulisan di Facebook maka tulisan tersebut akan dibaca setidaknya 5 % dari teman Facebook saya. Berarti, tulisan yang saya share punya potensi dilihat oleh 240 orang. Jika 20 % dari orang yang melihat tadi mengunjungi web saya, maka saya mendapatkan pengunjung sebanyak 48 orang.

Barangkali Anda bertanya mengapa jumlah orang yang melihat posting kita di Facebook hanya sekitar 5 %. Ketika kita memublikasikan suatu posting di Facebook, tidak semua teman akan melihat posting kita. Hal ini terjadi karena yang namanya edgerank. Edgerank adalah sebuah algoritma yang akan menyeleksi posting apa saja yang akan ditampilkan di beranda Facebook teman-teman Anda. Jika skor edgerank akun Facebook Anda cukup baik maka posting Anda berpeluang dibaca oleh 5 – 10 % dari total teman Facebook Anda.

2. Nge-Tweet  Posting Terbaru saya di Twitter

Usai menulis di blog, saya biasanya membuat tweet yang berisi link menuju blog saya. Hal ini saya tujukan agar followers saya dapat mengunjungi dan kemudian membaca blog saya. Saat membuat tweet, ada baiknya lengkapi tweet Anda dengan gambar. Tujuannya supaya tweet Anda makin menarik sehingga orang lebih tertarik membaca tweet Anda. Usai mereka membaca tweet Anda, mudah-mudahan mereka mau mengunjungi website Anda.

membagikan artikel di Twitter

3. Membagikan Posting Blog di Halaman Facebook

Selain memanfaatkan akun personal di Facebook, saya juga memanfaatkan halaman Facebook yang saya miliki. Usai menulis sebuah tulisan di blog, maka tulisan tersebut akan saya bagikan lewat halaman Facebook yang saya miliki. Sama seperti di akun personal, di halaman Facebook juga ada edgerank. Dengan adanya edgerank ini maka posting yang Anda buat di halaman Facebook tidak akan dibaca oleh seluruh fans Anda di Facebook.

4. Membagikan Posting ke Grup Facebook yang Relevan

Guna mendapatkan lebih banyak pembaca blog, saya juga membagikan tulisan-tulisan saya di grup yang relevan. Lebih seringnya saya memanfaatkan grup-grup yang saya miliki. Ketika saya baru selesai menulis sebuah artikel dengan topik internet marketing maka saya akan membagikan artikel tersebut di grup Tim Affiliate Marketing Super. Mengapa saya membagikan tulisan di grup tersebut?

Jawabannya karena orang-orang yang tergabung di grup Tim Affiliate Marketing Super memiliki ketertarikan terhadap bidang internet marketing.

Contoh artikel yang saya bagikan di grup Tim Affiliate Marketing Super.

Contoh artikel yang saya bagikan di grup Tim Affiliate Marketing Super.

Hal yang sama juga dapat Anda terapkan. Anda dapat membagikan tulisan-tulisan blog Anda di grup yang topiknya relevan dengan topik blog Anda. Siapa tahu setelah Anda membagikan tulisan seperti itu, jumlah pembaca blog Anda semakin bertambah.

5. Mengiklankan Website Saya Melalui Facebook Ads

Ketika saya sedang mengadakan promosi khusus, maka saya biasanya beriklan di Facebook. Saya memilih Facebook Ads karena beberapa hal berikut :

  • Facebook Ads memungkinkan saya membuat iklan dengan sangat tertarget. Di Facebook Ads, kita bisa beriklan secara tertarget. Ambil contoh kita hanya mau beriklan untuk orang-orang dengan ciri-ciri : wanita, umur 25 tahun, penyuka Maudy Ayunda, suka nonton film, dan hobi main gitar. Nah, dengan Facebook Ads kita bisa mengatur supaya iklan kita hanya tampil kepada si wanita tadi. Alhasil, iklan yang kita buat menjadi efektif.
  • Facebook Ads memungkinkan saya berpromosi dengan praktis tanpa keluar biaya banyak. Dibandingkan dengan melakukan promosi website dengan cara manual seperti membagikan alamat web di grup, membagikan alamat web di halaman, Facebook Ads bisa dijalankan dengan lebih praktis. Dengan demikian, saya bisa menghemat waktu dengan biaya yang tidak terlalu banyak.

Untuk Anda yang ingin belajar langkah demi langkah membuat iklan dengan Facebook Ads, silakan belajar di www.BelajarIklandiFacebook.com.

6. Mempromosikan Website Melalui Ebook

Saat menulis sebuah ebook, saya biasanya mencantumkan alamat website saya dalam ebook tersebut. Dengan demikian, ketika ebook tersebut dibaca, para pembaca akan tahu dan bisa mengunjungi website saya. Sudah ada banyak ebook yang saya publikasikan, baik itu ebook gratis atau berbayar. Biasanya, saya menggunakan ebook gratis sebagai sarana promosi website. Contohnya dapat Anda lihat di ebook Cara Saya Menghasilkan 100 Juta Rupiah di Usia 18 Tahun yang tersedia di sisi kanan sidebar blog ini. 🙂

ebook 100 juta

7. Membuat Catatan di Facebook, Lalu dalam Catatan Tersebut Saya Menuliskan Alamat Web Saya

Saya juga pernah membuat catatan di Facebook. Dalam catatan tersebut saya menuliskan alamat web saya. Dengan demikian, orang-orang yang membaca catatan tadi juga bisa mengunjungi website saya.

8. Mencantumkan Alamat Website di Akhir Email yang Saya Kirimkan

Saat mengirimkan email, saya biasanya menuliskan alamat website di akhir email (tepatnya di bagian signature). Hal ini saya lakukan saat saya mengirimkan email ke orang-orang yang menjadi target pembaca blog saya. Bahkan saat mengirimkan email ke dosen pun saya mencantumkan alamat website saya. Mengapa saya lakukan? Karena saya ingin dosen tersebut tahu dan kemudian menjadi pembaca setia blog saya.

9. Mencantumkan Alamat Website di Kartu Nama

Kalau Anda sudah pernah bertemu dengan saya, lalu kita saling bertukar kartu nama, maka Anda pasti sudah tahu bahwa di kartu nama saya ada alamat website saya. Mencantumkan alamat website di kartu nama akan menjadikan branding dan marketing kita bisa berjalan dengan makin baik. Semakin banyak orang yang tahu tentang website kita maka web kita akan makin populer.

10. Membagikan Posting di Google Plus

Google Plus termasuk salah satu media sosial yang perlu dimanfaakan oleh blogger. Mengapa? Karena selain bagus untuk mendukung promosi blog, Google Plus juga termasuk salah satu sumber backlink yang dapat kita manfaatkan. Dalam buku Panduan Lengkap SEO Pemula Untuk Blogger saya juga membahas cara mendapatkan backlink dari Google Plus. Anda tinggal membagikan tulisan Anda di Google Plus.

Buku Panduan Lengkap SEO Pemula Untuk Blogger.

Buku Panduan Lengkap SEO Pemula Untuk Blogger.

11. Mencantumkan Alamat Website di Slide Presentasi Seminar

Ketika membawakan presentasi dalam sebuah seminar, saya biasanya memerlukan bantuan slide. Nah dalam slide-slide seminar yang saya buat, saya selalu mencantumkan alamat website saya. Semakin sering alamat website kita diulang maka peserta seminar akan semakin ingat dengan website kita. Untuk itu, jika Anda sedang seminar maka pastikan Anda sering menyebut tentang web Anda agar peserta seminar jadi tahu dan ingat dengan website Anda.

12. Mencantumkan Alamat Website di Buku-Buku yang Saya Tulis

Demikian pula saat saya menulis buku. Saya selalu mencantumkan (bahkan beberapa kali mengulang-ulang penyebutan) alamat website dalam buku-buku yang saya tulis. Tujuannya sama yakni membuat semakin banyak orang tahu dan ingat dengan website saya.

13. Mengirimkan Konten Blog/Website ke Situs Social Bookmark

Usai menulis sebuah tulisan, terkadang saya mengirimkan tulisan saya tadi ke situs social bookmark. Situs sosial bookmark yang sering saya gunakan untuk mempromosikan konten blog adalah situs Lintas.me. Cara mendatangkan ribuan pengunjung blog dengan Lintas.me dapat Anda pelajari di artikel berikut : Cara Mendatangkan Ribuan Pengunjung Blog dengan Lintas.me.

14. Menceritakan Website Saya Saat Diwawancarai Oleh Wartawan

Beberapa kali saat saya diwawancarai oleh wartawan, saya selalu menceritakan tentang website saya kepada mereka. Saya kerap menyebut website saya. Tujuannya supaya mereka tahu tentang website saya. Bahkan, jika beruntung, mereka akan mencantumkan alamat website saya dalam tulisan yang mereka muat.

15. Menaruh Alamat Website dalam Deskripsi Video di YouTube

Saat saya mengunggah sebuah video ke YouTube, saya biasanya mencantumkan alamat website saya dalam deskripsi video tersebut. Dengan demikian, saat orang-orang membaca deskripsi video saya, mereka akan tahu alamat website saya.

Mencantumkan alamat website dalam deskripsi video di YouTube.

Mencantumkan alamat website dalam deskripsi video di YouTube.

16. Mencantumkan Alamat Website Dalam Video di YouTube

Selain menjadi seorang blogger saya juga kerap mengupload video ke YouTube. Nah, dalam video-video yang saya upload, saya selalu mencantumkan alamat website. Hal ini bertujuan untuk mengenalkan website saya pada penonton video di YouTube. Makin banyak orang yang tahu tentang website kita maka idealnya makin banyak pula orang yang akan mengunjungi web kita.

Mencantumkan alamat website dalam intro video.

Mencantumkan alamat website dalam intro video.

17. Melakukan Kegiatan Blogwalking

Di waktu senggang, ada kalanya saya melakukan blogwalking. Saya mengunjungi blog lain, membaca artikel di blog tersebut, lalu kemudian meninggalkan komentar. Blogwalking termasuk salah satu cara untuk mendatangkan trafik website/blog.

18. Merekomendasikan Tulisan Blog Kepada Teman yang Bertanya

Saya juga sering mendapatkan pertanyaan-pertanyaan seputar bisnis internet dan marketing. Nah saat ada teman yang bertanya hal-hal semacam itu, saya biasanya akan meminta mereka membaca tulisan di blog saya. Saya akan merekomendasikan tulisan di blog saya yang relevan dengan pertanyaan mereka. Cara ini cukup ampuh untuk membuat orang lain mau mendatangi website Anda.

19. Mencantumkan Alamat Website Dalam Tulisan yang Saya Buat di Kompasiana.com

Selain sering menulis di blog, sesekali saya juga menulis di Kompasiana.com. Di situs jurnalisme warga ini saya sering menulis tentang marketing dan menulis. Nah dalam tulisan yang saya buat itulah kadang saya mencantumkan alamat website. Dengan demikian, orang-orang yang membaca tulisan saya juga akan tahu tentang website saya.

20. Menerapkan SEO Untuk Menjadikan Blog/Web Ranking 1 di Google

Salah satu cara agar website kita kedatangan banyak pengunjung adalah dengan menjadikan website kita bisa ranking 1 di Google. Bagaimana cara supaya website kita bisa menjadi ranking 1 di Google? Jawabannya adalah dengan menerapkan SEO secara optimal. Cara menjadikan website Anda ranking 1 di Google dapat dipelajari di artikel berikut : Cara Menerapkan SEO Agar Website Anda Ranking 1 di Google.

Tambahan : selain melakukan 20 cara di atas, saya juga kerap membagikan tulisan blog saya kepada orang-orang yang tergabung dalam mailing list saya. Cara semacam ini dikenal dengan istilah email marketing. Bagi Anda yang ingin belajar email marketing dan sekaligus belajar membangun bisnis kursus online, Anda dapat belajar di website BisnisKursusOnline.com.

Salam Super Sukses!

Jefferly Helianthusonfri

 

banner Kursus Bisnis Online Terlengkap

10 Comments

  1. Daniel Lim

    Tipsnya mantap bro
    Tapi entah kapan ada wartawan datang lagi ke rumah gw wkwkwk

  2. gilang

    bagus tips-tipsnya. semoga bisa membantu blog saya ini

  3. Batu Mustika

    terimakasi guys . .

  4. Setyo Gilang Wahyu Anrokhi

    Sangat mendasar dan bertarget .

  5. beken.id

    exellent, mau barang apapun yg di jual di blog/web klo melakukan semuanya, hasilnya pasti luar biasa..

  6. Untung Kasirin

    Makasi tipsnya, Pak Jefferly.

  7. LogikaTekno

    Tx tipsnya

  8. Robbiq Firly

    Terima kasih Mas untuk sharing artikelnya, sebenarnya saya tergolong orang yang masih baru dalam dunia Blogging. Saya punya beberapa website, namun pengunjungnya sedikit alias sepi sekali. Mudah-mudahan dengan mengikuti petunjuk dari Mas ini, setidaknya website saya sedikit ramai pengunjung hehe…
    Salah satu website baru saya yg baru berumur setengah bulan, yaitu https://jenius.biz (maaf mencantumkan link) yang berisi tentang sebuah Aplikasi Jenius BTPN (Buka Rekening Bank hanya bermodalkan foto selfie aja, tanpa harus pergi ke Bank).
    Ditunggu kunjungan baliknya gan, terima kasih 🙂

  9. kadek sudana

    Wow….dahsyat Pak Jefferly, terima kasih !!!

  10. kania

    Iitu kalo ada yang wawancara kalau gak ada gimana mas???

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *