Mengapa Affiliate Marketing Cocok Untuk Pendatang Baru di Bisnis Online?

Saya sering mendapatkan pertanyaan seperti ini :

Mas Jeff, saya tertarik memulai bisnis online. Dari mana saya harus memulai?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, saya sering memberikan saran agar mereka mempelajari model bisnis online. Mengapa? Sebab dengan memahami model bisnis online, akan lebih mudah untuk mencari tahu langkah lanjutan seperti apa yang akan dilakukan.

Nah dari berbagai model bisnis online yang ada, salah satu model bisnis online yang populer dan cocok untuk pendatang baru adalah model affiliate marketing. Mengapa affiliate marketing cocok untuk pemula? Inilah jawabannya.

Affiliate Marketing = Belajar Bisnis Online Sambil Dibayar

Untuk bisa sukses dalam sebuah bisnis, jelas kita memerlukan modal. Untuk pengembangan website, untuk biaya pemasaran, jelas semuanya memerlukan modal.

Nah, persoalan tentang modal kerap kali menjadi penghamat seorang pendatang baru. Untuk itu, di sini affiliate marketing dapat menjadi solusi.

Ketika seseorang menjalankan affiliate marketing, mereka akan memasarkan suatu produk. Ketika produk tersebut laku terjual, si pemasar akan mendapatkan komisi. Ambil contoh, si A memasarkan produk BisnisKursusOnline.com. Nah, ketika si A berhasil mendapatkan pembeli untuk produk BisnisKursusOnline.com, si A akan mendapatkan komisi sebesar 50 %.

Harga produk BisnisKursusOnline.com adalah 400 ribu Rupiah. Ketika si A berhasil menjual produk  tadi, maka ia akan mendapatkan komisi 200 ribu Rupiah.

Dari sana si A mendapatkan tambahan modal tanpa perlu ia mengeluarkan modal.

Ketika kita memasarkan suatu produk afiliasi, kita tidak harus menggunakan cara-cara berbayar. Kita dapat menggunakan gerilya marketing yang tidak memerlukan biaya. Ada beragam cara memasarkan produk afiliasi dengan gerilya marketing, misalnya :

  • dengan membuat promosi lewat status Facebook,
  • membuat promosi lewat artikel yang dipublikasikan di blog,
  • mempromosikan produk afiliasi lewat Youtube,
  • dan masih banyak lagi.

Ketika kita mendapatkan komisi, maka jadikan komisi tersebut sebagai sebuah modal. Ibaratkan komisi tadi sebagai uang praktikkum Anda. Jadikanlah kegiatan affiliate marketing sebagai sebuah proses belajar. Nah, dalam proses belajar itu jadikan uang komisi Anda sebagai uang praktik. Gunakan uang tersebut untuk menjadikan Anda lebih mampu, menjadikan Anda lebih tahu, menjadikan Anda lebih ahli dalam affiliate marketing.

Lantas, bagaimana cara memulai pemasaran afiliasi dengan modal yang sangat minim (bahkan tanpa modal) ?

Memulai Affiliate Marketing Tanpa Keluar Biaya

Untuk memulai affiliate marketing, Anda tidak harus mengeluarkan biaya.

Mengapa?

Sebab saat ini sudah ada banyak penyedia layanan afiliasi. Anda dapat mendaftar di website penyedia layanan afiliasi. Setelah Anda terdaftar di website tersebut, Anda dapat mulai memasarkan produk yang tersedia di situs tersebut.

affiliate marketing tanpa biaya

Mungkinkah melakukan marketing tanpa biaya?

Apakah mungkin memulai affiliate marketing tanpa keluar biaya?

Tentu sangat mungkin.

Kehadiran internet telah memungkinkan kita melakukan pemasaran dengan biaya yang rendah (bahkan tanpa biaya). Bahkan, untuk membuat sebuah blog, Anda dapat memakai layanan blog gratis seperti WordPress.com atau Blogger.com.

Lantas, modal apa yang diperlukan?

Apabila kita ingin melakukan marketing tanpa perlu keluar biaya, maka tentu kita harus memiliki pengetahuan dan kreativitas. Pengetahuan dan kreativitas inilah yang akan jadi modal kita untuk membuat penawaran-penawaran produk afiliasi yang menarik.

Saya sering melakukan kegiatan gerilya marketing, yang mana kegiatan marketing tersebut sama sekali tidak membuat saya mengeluarkan biaya pemasaran. Hanya saja, sebagai konsekuensi, saya perlu meluangkan waktu dan tenaga untuk membuat campaign. Saya perlu meluangkan waktu, tenaga, dan pikiran untuk :

  • membuat artikel marketing di blog,
  • menulis email penawaran dalam email marketing,
  • menulis status/posting di media sosial untuk melakukan content marketing.
Menampilkan alamat website dalam status Facebook termasuk contoh content marketing.

Menampilkan alamat website dalam status Facebook termasuk contoh content marketing.

Langkah Berikutnya Adalah…

Jika Anda belum pernah mencoba pemasaran afiliasi dan tertarik mencoba terjun ke dunia pemasaran afiliasi, maka langkah berikutnya yang perlu dilakukan adalah segera mendaftar di penyedia layanan afiliasi. Ada banyak penyedia layanan afiliasi, baik yang berbasis di Indonesia ataupun di luar negeri. Di Indonesia ada YukBisnis.com, Ratakan.com, dan beberapa nama lainnya.

Tak hanya itu, situs saya KeajaibanMenulis.com juga menyediakan layanan afiliasi yang dapat Anda ikuti. Anda dapat mendaftarkan diri sebagai seorang affiliate marketer di KeajaibanMenulis.com. Selanjutnya, Anda bisa ikut memasarkan produk yang tersedia di KeajaibanMenulis.com.

Jika Anda butuh panduan untuk memulai menjadi seorang affiliate marketer, maka Anda dapat mengikuti training affiliate marketing yang saya sediakan secara gratis.

Untuk mengikuti training ini silakan daftarkan diri Anda di sini.

Formulir pendaftaran training affiliate marketing yang perlu Anda isi.

Formulir pendaftaran training affiliate marketing yang perlu Anda isi.

Di halaman tadi ada formulir pendaftaran yang dapat Anda isi. Silakan isi form tersebut dengan nama dan email Anda. Setelah Anda mengisi form, silakan kirimkan form tersebut.

Selanjutnya, Anda akan menerima notifikasi via email. Cek email Anda, lalu lakukan konfirmasi dengan mengklik link konfirmasi yang sudah saya kirimkan ke email Anda.

Usai Anda mengonfirmasi pendaftaran, Anda akan diberi akses untuk mendownload 18 video tutorial affiliate marketing yang sudah saya siapkan. Selanjutnya, Anda dapat menjadikan 18 video panduan tadi sebagai referensi awal Anda dalam belajar affiliate marketing.

Kesimpulan

Intinya, affiliate marketing dapat menjadi salah satu batu loncatan untuk Anda yang ingin meraih passive income dari internet. Anda dapat memulai affiliate marketing tanpa perlu mengeluarkan biaya. Selanjutnya, ketika Anda berhasil menjual sebuah produk, Anda akan mendapatkan komisi. Nah, jadikanlah komisi tersebut sebagai modal dan uang praktikkum Anda.

Gunakan komisi/uang yang Anda dapat untuk menjadikan diri Anda lebih ahli. Gunakanlah uang terebut sebagai modal Anda dalam belajar, sebagai modal Anda dalam melakukan pemasaran yang lebih efektif, gunakanlah uang tersebut untuk meningkatkan kemampuan Anda.

Seiring dengan berjalannya waktu, kemampuan dan pengetahuan Anda akan semakin bertambah. Dengan kemampuan dan pengetahuan yang Anda miliki, Anda dapat membangun bisnis yang lebih sukses dan lebih besar.

Salam Super Sukses!

Jefferly Helianthusonfri

banner Kursus Bisnis Online Terlengkap

3 Comments

  1. Wiki Pebrianto

    keren nih affiliate nya, pengen kunjungin dulu. teriama kasih

  2. hidayat

    iya mas bagus buat pemula kayak saya affiliate itu

  3. jajang suwandi

    Salm Sukses , Master,,,
    Saya, Seorang Bloger,, mungkin tepatnya brokker alias Calo-kecil,,, karena saya tidak memiliki Blog sendiri, saya terjun di bisnis Paid To Reviews di beberapa perusahaan luar negri, Alhamdullillah dari situ saya mendapatkan incam tambahan. Nah Sekarang saya mendapatkan banyak tawaran untuk “AFFILIATE OFFERS – untuk berbagai katagory” dari perusahaan tersebut ke akun yang saya punya, tapi saya tidak tahu apa yang harus di lakukan. Pertanyaannya,, Apakah mungkin bagi saya yang tidak memiliki blog sendiri, untuk terjun mengi kuti; AFFILIATE OFFERS ?…
    Hatur Nuhun
    Regards;

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *