Anda adalah Apa yang Anda Baca

Ada satu quotes yang sangat bagus. Quotes ini juga betul-betul mengilhami saya. Begini bunyi quotesnya

You are what you read

Anda adalah apa yang Anda baca. Dengan demikian, kita bisa mengetahui seperti apa seseorang dari bacaan yang ia baca. Hal ini ada benarnya. Setiap kali saya bertemu dengan orang-orang baru (misal bertemu dengan founder startup lain, bertemu pelaku bisnis online lain, ataupun profesional dalam suatu bidang), kami kerap berbincang tentang buku apa yang kami baca. Semua orang sukses yang saya temui pasti pernah belajar atau membaca suatu hal yang bagus. Tak jarang dari obrolan-obrolan semacam itu, mereka (orang-orang berhasil tadi) memberikan rekomendasi buku bagus untuk saya.

Saya pun makin menyakini bahwa apa yang kita baca akan sangat mempengaruhi diri kita.

Bagaimana Bisa Buku Mempengaruhi Diri Kita?

buku-buku bagusPernah mendengar ungkapan “garbage in, garbage out” ?

Artinya ketika sampah masuk ke dalam sebuah proses maka yang keluar juga berupa sampah. Ungkapan “garbage in, garbage out” ini kerap dianalogikan pada pikiran manusia. Ketika pikiran seorang manusia diisi dengan sampah maka hasil pemikirannya pun cenderung akan berupa sampah. Asumsi ini ada benarnya. Hanya saja, tidak selalu benar. Mengapa? Karena manusia selalu memiliki kemampuan untuk memilih apa yang akan ia keluarkan.

Kendati demikian, akan lebih baik apabila yang kita masukkan ke dalam pikiran adalah hal-hal yang baik. Mudah-mudahan dengan adanya proses pengolahan, hal-hal baik yang masuk dalam pikiran tadi dapat diolah dengan baik sehingga hasil yang kita keluarkan pun juga baik.

Salah satu manfaat terbesar yang kita dapatkan ketika membaca sebuah buku adalah kita melatih cara berpikir yang lebih terstuktur dan semakin baik. Saat membaca, pikiran kita akan bekerja, pikiran kita akan mencerna apa yang kita baca. Semakin sering kita membaca maka pikiran akan terus dilatih. Tak heran, orang yang banyak membaca cenderung menjadi orang yang lebih cerdas, lebih kritis, dan biasanya lebih bijak dibanding orang yang jarang sekali membaca.

Lantas, bagaimana sebuah buku bisa mempengaruhi diri kita?

Cara kita berperilaku sangat dipengaruhi dari dua hal, yakni dari :

  • Cara kita berpikir, dan
  • Cara kita merasa.

Kalau kita merasa marah, lalu pikiran kita mengizinkan kita untuk marah, apakah yang kita lakukan?

Jelas kita akan marah.

Kalau kita merasa gembira, dan pikiran mengizinkan bahwa kita sedang gembira, apa yang terjadi?

Kita gembira.

Nah apa saja hal yang mempengaruhi cara kita berpikir?

Pengetahuan dan pengalaman sangat mempengaruhi bagaimana cara kita dalam berpikir. Orang yang punya pengetahuan baik, kemudian punya pengalaman baik maka cara berpikirnya juga akan baik.

Nah di sinilah bacaan sangat berperan. Ketika yang kita baca baik, kita akan mendapatkan tambahan pengetahuan. Pengetahuan yang baik tadi bisa meningkatkan kualitas berpikir kita. Dengan kualitas berpikir yang baik tadilah kita bisa memiliki perilaku (sikap dan tindakan) yang baik pula. Sikap dan tindakan kitalah yang menentukan seperti apa kita sekarang.

Contoh, orang yang banyak membaca seputar dunia bisnis memiliki pengetahuan tentang bisnis. Pengetahuan tadi digunakan oleh orang tersebut sebagai dasar dalam bertindak saat berbisnis. Karena ia memiliki pengetahuan maka tindakan bisnisnya pun tepat. Ia bisa berhasil dalam bisnis. Dengan pengetahuan dan pemikirannya, si orang tadi bisa bertindak sebagai pebisnis yang berhasil. Jadi, berawal dari pengetahuannya, maka terbentuklah diri seorang pebisnis tadi.

Nah, dari mana didapatkan pengetahuan tersebut? Tentu saja dari pembelajaran. Entah itu dengan membaca, praktik, ataupun upaya-upaya belajar lainnya.

Lantas, Apa Hubungannya dengan Keberhasilan dalam Bisnis dan Passive Income?

Sudah tentu buku yang kita baca sangat mempengaruhi bagaimana cara kita bertindak. Cara kita bertindak akan mempengaruhi keberhasilan kita. Untuk itu kalau kita ingin berhasil dalam bisnis maka kita perlu belajar banyak dalam dunia bisnis. Dari mana belajar tentang dunia bisnis? Tentu saja bisa dipelajari dari buku, mentor, dan praktik langsung.

Untuk itu, sudah seharusnya kita mengelilingi diri kita dengan bacaan-bacaan yang baik tentang dunia bisnis.

Semakin banyak buku bisnis yang kita baca maka tentu pengetahuan kita akan semakin banyak. Nah, pengetahuan tadi harus dipraktikkan (diwujudkan dalam kehidupan nyata). Tak hanya itu, membaca buku bisnis yang tepat juga akan menjadikan kita memiliki mindset yang tepat. Dengan mindset yang tepat inilah kita akan tahu tindakan mana yang tepat dalam berbisnis. Jika mindset salah, maka sudah pasti seseorang akan sulit meraih keberhasilan dalam bisnis.

Jika ingin berhasil dalam bisnis dan membangun passive income, mari perbanyak membaca pengetahuan tentang dunia bisnis. Pengetahuan tadilah yang dapat kita jadikan sebagai dasar kita dalam bertindak. Dengan pengetahuan yang tepat, cara kita bertindak juga akan tepat. Nah dengan cara-cara yang tepat tadilah kita bisa meraih keberhasilan.

Omong-omong, jika Anda ingin tahu buku bagus apa saja yang saya rekomendasikan, silakan baca halaman ini : Daftar Buku Bagus yang Direkomendasikan Oleh Jefferly.

Salam Super Sukses!

Jefferly Helianthusonfri

kursus pengembangan diri terlengkap

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *