Apakah Terlambat Memulai Bisnis di Usia Tidak Muda?

Dalam seminar yang saya bawakan, atau dalam tulisan-tulisan saya di JagoanPassiveIncome.com, saya sering menyuarakan bahwa saat yang paling tepat untuk memulai bisnis adalah sedini mungkin. Kalau bisa saat kita masih berada di bangku sekolah atau bangku kuliah. Berangkat dari pernyataan tersebut lalu timbul pertanyaan, “Apakah terlambat kalau memulai bisnis di usia yang tidak lagi muda?”

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, silakan simak sajian menarik berikut ini.

Belajar Memulai Bisnis dari Ray Kroc dan Harland Sanders

Jika Anda tinggal di kota metropolitan macam Jabodetabek, Anda pasti sudah tidak asing dengan restoran cepat saji McDonald’s dan KFC.

Namun tahukah Anda bahwa KFC didirikan oleh Harland Sanders saat ia berumur 65 tahun. Bayangkan, di umur 65 tahun beliau baru memulai KFC. Meskipun beliau sudah tua dan sebenarnya sudah memasuki masa pensiun, semangatnya tetap membara. Bahkan yang menarik adalah saat dulu mendirikan KFC, Sanders pernah menawarkan resepnya ke 1000 restoran dan ditolak.

Barulah pada restoran ke-1008, resepnya diterima dan kemudian lahirlah KFC.

Tak berbeda jauh dengan Harland Sanders, Ray Kroc (pengusaha yang membeli dan kemudian membesarkan McDonald’s) juga memulai kejayaan bisnisnya saat memasuki usia tua. Restoran cikal bakal McDonald’s didirikan oleh Dick dan Mac McDonald, di San Bernardino, California pada tahun 1940. Barulah pada tahun 1955, Ray Kroc membeli lisensi waralaba dari Dick dan Mac McDonald. Saat itu, Ray sudah berumur 52 tahun. Di usia sudah kepala lima, Ray memimpin McDonald’s untuk melakukan ekspansi ke seluruh dunia.

Sumber gambar : http://www.shutterstock.com/

Sumber gambar : http://www.shutterstock.com/

Jika kedua orang tua tadi sudah menyarah sebelum bertanding maka bisa saja sampai saat ini kita tidak pernah mendengar atau melihat nama KFC dan McDonald’s.

Kisah dua senior ini kerap kali digunakan untuk memotivasi rekan-rekan senior yang ingin memulai bisnis. Lantas, apa saja hal positif yang dapat disyukuri apabila kita memulai bisnis di usia tua?

Punya Modal Uang Untuk Memulai Bisnis

Modal kerap kali dijadikan sebagai alasan utama untuk tidak memulai bisnis.

Mengapa tidak memulai bisnis?

Belum ada modal.

Ketika kita bicara soal modal, maka memang hambatan modal kerap kali dijumpai oleh anak-anak muda. Berbeda dengan anak muda, orang-orang yang sudah tidak muda (misal berumur 40 atau 50 tahun) seharusnya tidak perlu memusingkan modal. Mengapa? Sebab dengan pengelolaan keuangan yang benar dan tindakan yang tepat, dapat dipastikan orang yang berumur di atas 40 sudah hidup sejahtera dan mapan.

Mengeluarkan modal belasan sampai puluhan juta sudah tentu bukanlah perkara bagi mereka yang sudah mapan.

Bandingkan dengan anak muda, umur 16 tahun, masih SMA, berasal dari keluarga yang biasa saja, ingin memulai bisnis. Sudah tentu, rekan-rekan kita yang senior jelas punya keunggulan, terutama dalam hal modal.

Lantas, bagaimana kalau sudah umur 40 – 50, tetapi belum punya modal uang?

Solusinya adalah dengan memulai bisnis dengan langkah sekecil dan sesederhana mungkin sehingga bisa tanpa modal. Apalagi dengan kehadiran internet, tentu setiap orang bisa berbisnis dengan modal yang amat kecil. Salah satu solusi untuk yang ingin memulai bisnis dengan modal yang kecil adalah dengan menjadi seorang pemasar. Kita bisa menawarkan diri kepada perusahaan atau orang tertentu. Tawarkan diri bahwa kita akan membantu memasarkan produk dari perusahaan/orang tersebut. Selanjutnya, ketika kita berhasil melakukan penjualan, barulah kita dibayar dengan komisi.

Dalam bisnis internet, model kerja seperti ini dikenal sebagai affiliate marketing. Dengan affiliate marketing, siapapun dapat memulai bisnis dengan modal yang kecil. Kita bisa menjadi seorang pemasar afiliasi. Kita dapat memasarkan produk orang lain, lalu kita akan dibayar dengan sejumlah komisi ketika kita berhasil menjual produk tersebut. Jika Anda tertarik belajar affiliate marketing secara lebih mendalam, silakan ikuti training affiliate marketing ini.

Orang yang Sudah Dewasa Punya Relasi dan Jaringan Pertemanan

Keunggulan lain dari orang-orang yang tua adalah mereka sudah bertemu banyak orang. Keunggulan ini sangat tidak mudah untuk ditandingi oleh anak-anak muda. Orang yang sudah berumur 40 tahun ke atas pasti sudah pernah bertemu banyak orang, sudah kenal, dan sudah tahu banyak orang. Nah dengan demikian, rekan-rekan kita yang sudah senior ini jelas punya relasi dan pertemanan yang belum tentu dimiliki anak muda.

Kita tahu sendiri bahwa dalam bisnis, relasi dan pertemanan sangatlah penting. Tak jarang, teman-teman kita justru yang akan menjadi pembeli produk kita, menjadi orang yang membantu menceritakan tentang bisnis kita, atau bahkan menjadi investor kita.

Tidak ada satu pun bisnis yang bisa lepas dari peran relasi dengan orang lain. Untuk memasuki suatu bidang bisnis, sudah tentu kita harus punya relasi di bidang tersebut. Contoh, kalau Anda mau menulis buku sudah tentu Anda perlu kenal dulu dengan orang-orang di penerbitan buku (misal kenal editor). Nah, rekan-rekan yang senior sudah punya modal ini. Mereka pasti sudah punya teman di bidang bisnis yang nanti akan dimasuki.

Punya Modal Knowledge (Pengetahuan)

Keunggulan lain yang dimiliki oleh orang-orang senior adalah mereka punya pengetahuan. Mereka punya pengalaman. Mereka sudah bertemu banyak orang. Dengan pengalaman tersebut mereka punya pengetahuan. Nah pengetahuan yang dimiliki tadi dapat digunakan sebagai modal yang kuat untuk memulai dan mengembangkan bisnis.

Ketika rekan senior ini ingin memasuki bisnis properti, ia sudah punya kenalan dan paham dengan bidang properti. Ketika rekan lain ingin memasuki bisnis konsultan dan jasa, ia sudah punya koneksi dan punya pengetahuan tentang medan tempur yang akan dimasuki. Fakta di lapangan, kebanyakan bisnis yang ada saat ini didirikan oleh mantan karyawan. Tidaklah mengherankan bahwa menjadi seorang profesional ataupun karyawan merupakan satu batu loncantan yang bagus untuk menjadi seorang pebisnis.

Bahkan, Ray Kroc dulunya adalah seorang karyawan yang juga salesman.

Ray Kroc Pengalaman sebagai karyawan inilah yang akan menjadikan seseorang punya pemahaman yang dalam tentang suatu bidang bisnis. Dengan pengalaman dan pengetahuan inilah, mantan karyawan tadi dapat menjajaki bisnis dengan lebih meyakinkan. Mengapa? Sebab ia punya track record dan pengetahuan. Ia tahu caranya. Ia tahu langkah seperti apa yang harus dilakukan.

Tidak Ada Kata Terlambat Untuk Memulai, Asalkan Segera Dimulai

Tak jadi soal kita memulai bisnis di usia muda atau di usia tidak muda. Ada banyak contoh kisah sukses di luar sana, baik yang datang dari anak muda macam Mark Zuckerberg ataupun dari orang-orang senior seperti Ray Kroc. Dengan demikian, bagi teman-teman yang sudah tidak muda, tak perlulah berkecil hati. Sebab dalam diri Anda tetap ada hal-hal yang bisa disyukuri dan bisa menjadi modal untuk menjadi seorang pebisnis sukses.

Demikian pula bagi rekan-rekan yang muda. Tak perlu gentar dengan orang-orang senior, sebab kita punya keunggulan juga. Keunggulan yang dimiliki orang muda adalah semangat dan waktu. Semakin cepat kita memulai bisnis, semakin cepat kita bisa belajar. Sebab bisnis bukan hanya tentang menghasilkan uang, melainkan juga tentang proses belajar dalam hidup.

Salam Super Sukses!

Jefferly Helianthusonfri

banner Kursus Bisnis Online Terlengkap

2 Comments

  1. franky honda

    selamat Siang Pak Jeff, setuju pak Jeff.. tidak ada kata yang terlambat untuk memulai sesuatu, begitu juga dengan memulai bisnis. Lakukan sesegera mungki ya pak? terima kasih atas tulisan pak Jeff, terima kasih

  2. dwi samodra

    Bisnis itu seni. Jadi lakukan dg senang hati

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *