Bagaimana Cara Memulai dan Membuat Blog Anda?

Setelah kita menemukan sebuah ide untuk blog, maka tentu saja kita ingin sekali mewujudkan ide tersebut. Kita ingin membangun blog yang sukses, lalu blog tersebut dapat menjadi sumber passive income kita. Kendati demikian, sebelum kita meraih nikmatnya passive income dari blog, kita perlu membangun blognya terlebih dahulu. Bagaimana cara memulai dan membuat blog sumber passive income?

Pada tulisan kali ini saya akan membahas langkah-langkah awal yang perlu Anda lakukan apabila ingin mulai membangun blog.

Secara umum, inilah langkah-langkah untuk memulai dan membuat blog passive income Anda.

Langkah 1 : Temukan Ide Blog Anda, Lakukan Validasi Terhadap Ide Tersebut

Langkah pertama dalam memulai sebuah blog adalah menemukan ide apa yang nantinya akan dipakai sebagai topik blog Anda. Ada banyak ide yang dapat menjadi topik utama blog Anda. Ide bisa datang dari hal-hal berikut ini.

  • Bidang kompetensi yang Anda kuasai. Ambil contoh Anda bekerja sebagai seorang sales properti, maka Anda bisa membuat blog tentang dunia properti. Mengapa? Sebab Anda punya kemampuan dan kapabilitas dalam bidang properti.
  • Bidang yang menjadi hobi Anda. Contoh, Anda hobi  fotografi maka Anda bisa membuat blog tentang fotografi.
  • Buku yang Anda baca. Contoh, Anda merupakan penggemar karya-karya sastra Indonesia, misal Anda penggemar Dee Lestari, Andrea Hirata, atau penulis lainnya. Nah, Anda dapat membuat sebuah blog tentang dunia sastra. Di blog tersebut Anda dapat sharing buku apa saja yang sudah Anda baca. Anda bisa menceritakan penulis-penulis favorit Anda.

Intinya ada banyak sumber ide di sekitar kita. Hanya saja, memiliki ide saja tidak cukup. Kita perlu melakukan validasi ide. Validasi ide diperlukan agar kita tahu apakah ide kita layak dikembangkan atau tidak. Melakukan validasi ide memungkinkan kita terhindar dari kegagalan yang tidak perlu.

Bagaimana cara melakukan validasi ide blog? Silakan pelajari artikel ini : Inilah 5 Cara Validasi Ide Blog Anda.

Setelah ide Anda valid, barulah kita melangkah ke tahap berikutnya.

Langkah 2 : Menentukan Nama, Tagline, dan Identitas Blog Anda

Langkah kedua yang perlu Anda lakukan adalah menentukan nama blog Anda nantinya. Inilah kriteria dalam menentukan nama blog :

  • Gunakan nama yang menarik dan mudah diingat. Ambil contoh topik blog Anda tentang parenting maka nama blog Anda bisa berupa “DuniaBunda.com”, “BundaSayangAdik.com”, “CintaBuahHati.com” atau nama-nama menarik lainnya.
  • Gunakan nama yang singkat. Nama blog yang singkat cenderung lebih mudah diingat. Untuk itu, jika memungkinkan, pastikan nama blog Anda cukup mengandung dua atau tiga kata saja.
  • Gunakan nama yang mudah disebut. Selain harus singkat dan menarik, nama blog Anda juga harus mudah diucapkan. Nama blog yang sulit diucapkan akan sulit untuk disebut oleh orang lain. Lain halnya ketika nama blog Anda mudah disebut, maka orang-orang akan lebih mudah untuk menceritakan blog Anda kepada teman-teman mereka.

Selain menentukan nama, Anda perlu juga menentukan tagline dari blog Anda. Dalam marketing, tagline berfungsi sebagai penegas dari nama produk Anda. Contoh, blog JagoanPassiveIncome.com memiliki tagline Memandu Anda menghasilkan passive income sesegera mungkin.” Tagline ini dipakai untuk menjelaskan pada pembaca bahwa bila mereka membaca blog JagoanPassiveIncome.com, mereka akan dipandu untuk menghasilkan passive income sesegera mungkin.

Anda juga perlu menentukan identitas dari blog Anda. Identitas ini bisa berupa logo, warna brand blog Anda, ataupun ciri khas blog Anda. Contoh, warna biru merupakan identitas dari brand Garuda Indonesia, warna hijau merupakan identitas brand Starbucks. Jika Anda sudah tahu identitas blog Anda, maka segera buat identitas tersebut.

3. Daftarkan Nama Domain Untuk Blog Anda

Setelah Anda menentukan nama apa yang akan digunakan di blog Anda, maka segeralah mendaftarkan nama domain (alamat) blog Anda. Akan lebih baik apabila Anda memakai jenis domain .com. Mengapa? Karena domain .com terdengar lebih familiar di telinga masyarakat kita. Biaya sewa domain biasanya sekitar lebih kurang 10 dolar Amerika per tahun. Ada banyak situs yang dapat Anda gunakan apabila Anda ingin mendaftarkan nama domain. Berikut situs-situs penyedia registrasi domain di Indonesia.

  • Domainesia.com.
  • Rumahweb.com.
  • dan masih banyak lagi.

4. Sewa Hosting Untuk Blog Anda

Untuk membangun sebuah website/blog, Anda memerlukan hosting. Apa itu hosting? Hosting merupakan istilah untuk menyebut server website yang digunakan secara bersama-sama. Sebuah blog terdiri dari berbagai file (entah itu gambar, teks, kode, dsb). Nah file-file tadi perlu ditaruh di internet agar sebuah website bisa online. Di mana menaruh file-file tersebut? Sudah tentu file-file tadi akan diletakkan di server. Menyewa hosting artinya menyewa server untuk  blog Anda nantinya.

Berapa biaya menyewa hosting? Besarnya biaya sewa hosting cukup beragam, tergantung spesifikasi layanan hosting yang Anda gunakan. Dari sekian banyak layanan hosting, saya merekomendasikan Anda memakai layanan Hostgator.com. Mengapa? Karena berdasarkan pengalaman saya, saya pernah menyewa layanan hosting lokal di Indonesia, dan saya kurang puas dengan kecepatan hosting yang disewakan. Meskipun secara service cukup baik, tetapi saya kurang puas dengan hosting yang ditawarkan.

Kendati demikian, agar Anda mendapatkan informasi yang lebih detail, Anda dapat membaca review di internet tentang berbagai situs penyedia layanan hosting.

Bagi Anda yang ingin mendaftar di Hostgator.com, Anda dapat mendaftar melalui link afiliasi saya. Klik gambar banner berikut untuk masuk ke situs Hostgator.com melalui link afiliasi saya. Perhatian : buka banner ini di tab yang baru agar Anda tetap bisa membaca artikel ini.
Saat mendaftar gunakan kode kupon “diskon25jefferly” agar mendapatkan diskon sebesar 25 %. Jika Anda bingung bagaimana mendaftar layanan hosting di Hostgator.com, Anda dapat menghubungi saya lewat halaman kontak.

Catatan : di sini saya merekomendasikan Hostgator berdasarkan pengalaman pribadi saya. Apabila Anda mendaftar melalui link afiliasi saya, maka nantinya saya akan mendapatkan pembayaran komisi dari Hostgator.com. Kendati demikian, selain Hostgator.com masih tersedia banyak penyedia layanan hosting lainnya.

5. Instal Aplikasi WordPress di Hosting Anda

Dari sekian banyak aplikasi blog yang tersedia, saya merekomendasikan agar Anda menggunakan WordPress. Mengapa? Karena WordPress dapat Anda gunakan secara gratis. Bahkan, lebih dari itu, fitur yang tersedia di aplikasi WordPress sudah begitu banyak. Anda bisa bebas berkreasi dalam membuat blog profesional dengan menggunakan aplikasi blog WordPress.

Agar dapat membangun blog profesional dengan menggunakan WordPress, maka Anda harus menginstal WordPress di hosting Anda. Salah satu contoh blog yang dibangun dengan aplikasi WordPress adalah blog yang tengah Anda baca saat ini. 🙂

JagoanPassiveIncome.com.

JagoanPassiveIncome.com.

6. Tulis Posting Perdana Anda

Setelah Anda berhasil menginstal WordPress di hosting maka Anda akan mendapati blog Anda sudah jadi. Hanya saja, ketika blog Anda baru jadi memang tampilannya masih sederhana. Untuk mempercantik tampilan blog Anda, Anda dapat menggunakan theme-theme yang sudah banyak tersedia untuk pengguna WordPress.

Sebelum mempercantik blog Anda, ada baiknya Anda mulai mengisi blog Anda dengan tulisan-tulisan. Tulisan (konten) adalah nyawa dari sebuah blog. Sebagus apapun blog Anda, hal itu tidak terlalu berarti jika blog Anda kosong. Pembaca mencari konten di blog Anda. Semakin banyak manfaat yang bisa mereka petik dari konten blog Anda, maka mereka akan semakin senang. Tampilan blog memang penting. Hanya saja, tulisan (konten) di blog Anda jauh lebih penting.

Untuk itu, setelah Anda memiliki sebuah blog maka mulailah mengisi blog tersebut dengan tulisan-tulisan yang menarik dan bermanfaat.

Silakan baca artikel Lakukan 3 Hal Ini Untuk Menjadi Blogger yang Sangat Produktif agar Anda menemukan inspirasi dan kiat supaya bisa produktif dalam menulis di blog.

Itulah 6 langkah awal untuk Anda yang ingin memulai sebuah blog. Jika Anda sudah memiliki blog, maka perbanyak dulu konten berkualitas di blog Anda. Buatlah orang-orang suka membaca blog Anda. Kelola blog Anda sebaik mungkin. Buatlah pembaca memetik segudang manfaat saat mereka membaca blog Anda.

Rekomendasi Panduan Membuat Blog

Bagi Anda yang memerlukan panduan langkah demi langkah untuk membuat blog, berikut rekomendasi dari saya.

  • Buku 1 Juta Rupiah Pertama Anda dari Blogger. Ini adalah buku ke-27 yang saya terbitkan. Buku ini siap memandu Anda langkah demi langkah untuk membangun blog pencetak uang dengan memanfaatkan layanan blog Blogger.com. Dalam buku ini saya sudah membahas panduan lengkap yang dapat Anda praktikkan agar bisa membuat blog di Blogger.
  • Kursus BisnisKursusOnline.com. Jika Anda bergabung sebagai member dari BisnisKursusOnline.com, maka Anda tidak hanya dipandu untuk membangun bisnis kursus online. Lebih dari itu, Anda juga akan dipandu agar bisa membuat blog profesional dengan WordPress.

Salam Super Sukses!

Jefferly Helianthusonfri

Sumber gambar : Got Credit.

Panduan Membuat Website

1 Comment

  1. Health And Entertainment

    thanks for sharing. nice info untuk para pemula yang baru memulai membuat blog sendiri 🙂

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *