Bagaimana Cara Menghasilkan Passive Income dari Ebook?

Dalam beberapa tahun terakhir telah terjadi pergeseran cara orang-orang membaca buku. Jika puluhan tahun yang lalu, buku fisik adalah satu-satunya sumber informasi dalam bentuk buku, maka tidak demikian dengan sekarang. Saat ini ebook justru cenderung lebih populer dibanding buku fisik. Banyak kalangan menilai bahwa penjualan ebook segera mengalahkan penjualan buku cetak.

Menyimak besarnya potensi bisnis ebook, maka kita juga bisa memanfaatkan momentum ini. Kita bahkan bisa meraih passive income dengan memanfaatkan ebook. Bagaimana cara menghasilkan passive income dari ebook?

Dalam sajian menarik pada tulisan kali ini, saya akan membahas langkah demi langkah yang dapat dilakukan apabila Anda ingin menghasilkan passive income dari menulis ebook.

Apa Inti dari Bisnis Ebook?

Berbisnis ebook sama seperti ketika kita menjadi penulis dan penjual buku di dunia nyata. Ketika kita melakukan bisnis ebook, kita akan berperan seperti layaknya penulis di dunia nyata. Kita akan menulis sebuah naskah (manuscript), yang mana naskah tersebut nantinya akan diterbitkan. Hanya saja, nanti kita akan menerbitkan naskah tersebut dalam bentuk ebook (buku digital). Untuk menjalankan bisnis ebook, Anda tidak harus bekerja sama dengan penerbit. Mengapa? Karena Anda dapat menerbitkan sendiri ebook tersebut.

Nantinya, setelah ebook Anda diterbitkan, ebook tersebut akan dipasarkan. Ketika ebook Anda laku terjual, Anda akan mendapatkan penghasilan saat itu juga. Bila Anda menerbitkan sendiri ebook Anda, maka uang hasil penjualan ebook sepenuhnya akan menjadi milik Anda. Hal ini berbeda saat kita menerbitkan buku melalui penerbit di dunia nyata. Jika kita menjadi seorang penulis yang menerbitkan buku melalui penerbit mayor maka kita hanya mendapatkan royalti sebesar 10 % dari harga buku kita.

Topik Apa yang Dapat Dibuat Menjadi Ebook?

Topik apapun dapat menjadi topik ebook Anda. Selagi ebook tersebut ada peminatnya, maka ebook Anda akan tetap laku. Salah satu cara mudah untuk melihat apakah ebook Anda ada peminatnya atau tidak adalah dengan melakukan survey di toko buku. Buku-buku yang diterbitkan di toko buku sudah pasti ada peminatnya. Jika tidak ada peminatnya, mana mungkin penerbit mau menginvestasikan modal mereka untuk membiayai penerbitan buku tersebut. Nah, cek apakah topik ebook Anda sudah ada versi buku cetaknya belum. Jika belum ada maka bisa jadi topik Anda belum menarik/belum dibutuhkan orang-orang.

Bagaimana Cara Membuat Ebook?

Sebelum menerbitkan sebuah ebook, maka kita perlu mengetahui seperti apa format ebook yang lazim dijual. Format ebook yang lazim dijual adalah ebook dalam format PDF (Portable Document Format). Untuk membuat sebuah ebook PDF caranya relatif mudah. Anda hanya perlu mengonversi naskah dalam format .doc menjadi berformat PDF. Naskah ebook Anda nantinya akan ditulis dalam format .doc di Microsoft Word ataupun software sejenis.

Setelah naskah Anda selesai maka naskah tersebut tinggal dikonversi ke format PDF. Anda dapat menggunakan software PDF printer untuk mengonversi file doc menjadi PDF. Salah satu software PDF printer gratis yang dapat digunakan adalah Slim PDF Reader.

Contoh ebook dalam format PDF.

Contoh ebook dalam format PDF.

Bagaimana Cara Menjual dan Mendistribusikan Ebook?

Setelah ebook Anda terbit dalam format PDF, maka selanjutnya ebook tersebut harus disimpan di server. Tujuannya supaya ebook Anda nantinya dapat diakses dari seluruh dunia. Untuk menyimpan file ebook di internet, Anda dapat menggunakan layanan web hosting ataupun memakai layanan file sharing. Salah satu layanan file sharing yang cocok untuk dipakai menyimpan ebook adalah Dropbox. Dibanding 4Shared, Mediafire, atau layanan lainnya, akan lebih aman kalau Anda menyimpan ebook Anda di Dropbox.

Nantinya, mereka yang telah membayar ebook Anda dapat langsung diarahkan ke halaman download ebook Anda.

Pertanyaan berikutnya, bagaimana cara menjual ebook?

Untuk menjual ebook, ada tiga pilihan untuk Anda.

  • Pilihan pertama : Anda dapat bekerja sama dengan situs marketplace produk digital. Contoh situs marketplace produk digital misalnya : Clickbank.com. Anda dapat memanfaatkan situs-situs marketplaece seperti Clickbank.com tadi untuk menjual ebook Anda. Anda dapat bekerja sama dengan marketplace. Ketika Anda bekerja sama dengan situs marketplace, maka mereka akan mengurusi penjualan ebook Anda. Anda dapat memakai sistem yang sudah mereka sediakan. Hanya saja, ketika Anda bekerja sama dengan situs marketplace, nantinya akan ada sharing profit antara Anda dengan pihak marketplace. Tak jarang, pihak marketplace juga membebankan biaya apabila Anda ingin menggunakan sistem penjualan mereka.
  • Pilihan kedua : Anda dapat menerbitkan ebook melalui layanan ebook publishing. Contoh layanan ebook publishing misalnya : Kindle Direct Publishing Amazon. Kalau di Indonesia, Anda dapat memanfaatkan situs Gramediana.com. Gramediana.com juga menyediakan platform yang dapat digunakan untuk publikasi ebook.
  • Pilihan ketiga : menjual ebook melalui website Anda. Contohnya seperti yang saya lakukan di situs Sekolah Bisnis Ebook. Saya membangun website penjualan ebook milik saya sendiri. Selanjutnya, website tersebut saya gunakan untuk menjual ebook-ebook saya.

Itulah langkah-langkah dan cara menghasilkan passive income dari bisnis ebook. Untuk bisa menjadikan ebook Anda laris manis, Anda perlu memiliki kemampuan internet marketing yang mumpuni.

Salam Super Sukses!

Jefferly Helianthusonfri

Sumber gambar : Michael Porter.

Passive Income Dari Bisnis Kursus Online 728x90

3 Comments

  1. handika

    Hallo Jef. Artikel” mu keren” he he. AKu mau nanya boleh ? ^^. Kalo kita kasih link ebook kita pada orang. Apa tidak khawatir dengan pembajakan ?. Karena bisa jadi orang itu me-reupload atau membagi link nya pada orang lain.

    Terima kasih

  2. Passive07 (Post author)

    @handika

    Kalau untuk ebook yang dijual, sudah ada sistem proteksi ebooknya. Dalam arti, ketika hendak mendownload ebook, mereka harus masuk ke member area di website terlebih dahulu.

    Nanti, saat hendak mendownload, mereka (pembeli) harus klik tombol download. Selanjutnya, baru ebook bisa didownload. Dengan demikian, linknya tidak bisa (sulit) untuk dibagikan ke orang lain.

    Intinya, kalau untuk ebook yang dijual, sudah ada proteksi dalam hal distribusinya. 🙂

  3. imas

    untuk menghindari biar dari pembeli itu tidak seenaknya membagikan ebook keorang lain secara gratis caranya gimana( misal dia sudah beli ke kita terus setelah beli dia membagiakan keteman-temanya lewat online secara gratis kan kasian yang punya ebook/ dijual lagi dengan harga yang lebih murah sekali ) itu gmn biar da terjadi sprt itu

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *