Bagaimana Cara Menjaga Motivasi dan Visi Bisnis Anda?

Motivasi merupakan salah satu hal yang sangat menentukan kesuksesan seseorang. Termasuk, apabila kita ingin menjadi pebisnis sukses, kita perlu memiliki motivasi dan tekad yang kuat. Motivasi akan mendorong seseorang untuk bertindak guna menggapai impiannya.

Lantas, bagaimana cara menjaga motivasi agar kita tetap semangat berbisnis?

Bagaimana pula cara supaya visi bisnis kita tetap tertanam dan senantiasa menjadi motivasi yang mendorong kita untuk berkarya? Pembahasan lengkapnya dapat Anda simak pada tulisan berikut ini.

Fenomena Hilangnya Semangat dan Motivasi

Anda pasti pernah mengalami fenomena di mana Anda begitu semangat untuk membuka bisnis, lalu setelah beberapa waktu, semangat berbisnis Anda mulai memudar. Jika tidak ditindaklanjuti dengan baik, fenomena hilangnya motivasi dapat berakibat pada kegagalan sebuah bisnis. Bahkan ada sebagian orang yang berpendapat bahwa membuka bisnis itu mudah, tetapi menjalankan dan membangunnya yang tidak mudah.

Hal ini benar adanya dan sudah sering saya alami. Ketika mendapatkan sebuah ide cemerlang, saya langsung mengaplikasikan ide tersebut ke dalam bentuk sebuah bisnis online. Setelah beberapa waktu, semangat mulai memudar dan saya mulai mempertanyakan apakah langkah yang saya ambil sudah tepat atau belum. Ketika semangat mulai turun maka motivasi untuk berhasil pun bisa meredup.

Untuk itu, penting bagi seorang pebisnis (terutama yang baru memulai) untuk selalu menjaga motivasi dan visi mereka. Ketika visi tetap menyala, maka motivasi akan terus hadir. Selagi motivasi masih membara maka mudah-mudahan kita selalu berani melangkah dan tidak putus asa lalu menyerah.

Hidupi Visi Anda Agar Visi Tersebut Tetap Menyala

Sumber gambar : http://www.ekey.net/files/Seitenbilder/Vision_header.jpg

Sumber gambar : http://www.ekey.net/files/Seitenbilder/Vision_header.jpg

Visi dapat kita artikan sebagai pandangan/wawasan ke depan. Visi ini bisa menjadi tujuan utama dari bisnis Anda. Bisnis yang sukses tidak menjadikan uang sebagai visi mereka. Lihatlah visi dari pendiri Facebook, Mark Zuckerberg menciptakan Facebook karena ia ingin dunia menjadi lebih mudah untuk terhubung dan terbuka.

Visi jugalah yang akan mempengaruhi nilai-nilai bisnis Anda. Jika visi Anda adalah untuk mencerahkan masyrarakat (enlightening people), maka upaya bisnis yang Anda lakukan pun akan berorientasi pada upaya menjadikan masyarkaat yang lebih terdidik dan tercerahkan.

Visi ini jugalah yang akan menjadi penyemangat ketika Anda mengalami jatuh bangun dalam proses meraih keberhasilan bisnis. Visi inilah yang akan menjaga supaya api motivasi tetap menyala. Jika visi tersebut tetap tertanam dan menyala dalam diri Anda, maka Anda akan tetap semangat dan termotivasi.

Lantas bagaimana cara supaya visi mulia Anda tetap menyala?

Tidak lain tidak bukan, Anda harus menghidupi visi tersebut. Visi tersebut harus menjadi bagian dari keseharian Anda. Jika melalui bisnis bimbel (bimbingan belajar) Anda punya visi mencerdaskan kehidupan bangsa, maka dalam keseharian Anda, tindakan-tindakan Anda harus berorientasi pada upaya mencerdasarkan bangsa. Apapun yang Anda lakukan haruslah memberi manfaat dan bisa mencerdaskan orang lain.

Ketika visi sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari, visi tersebut akan menyatu dengan diri Anda. Visi tersebut akan tetap menyala.

Berikut sejumlah cara yang dapat Anda terapkan guna memastikan visi Anda tetap menyala.

Baca Buku yang Berkaitan dengan Visi Bisnis Anda

quantum leap 2 ciputraSalah satu kebiasaan positif yang sering saya lakukan adalah membaca buku yang topiknya berkaitan dengan pekerjaan saya. Ambil contoh, untuk menjaga semangat berbisnis, saya rajin membaca buku-buku seputar bisnis dan entrepreneurhsip. Salah satu jenis buku bisnis yang paling saya sukai adalah buku-buku bisnis yang ditulis oleh orang-orang senior. Salah satu buku bisnis yang sangat menginspirasi saya adalah buku Quantum Leap yang ditulis oleh Pak Ciputra.

Lucunya saya mendapatkan buku bagus tadi (Quantum Leap) dengan harga yang sangat terjangkau. Buku bagus ini saya dapatkan dengan harga 10 ribu Rupiah saat saya mengunjungi pameran buku obral di salah satu supermarket di daerah Gading Serpong (Tangerang).

Buku yang ditulis oleh Pak Ciputra ini membahas tentang impian Pak Ciputra untuk menciptakan jutaan entrepreneur baru di Indonesia. Usai membaca buku Quantum Leap saya menjadi termotivasi dan visi Pak Ciputra pun menginspirasi saya untuk menjadi seorang entrepreneur yang sukses.

Membaca buku-buku yang ditulis oleh orang-orang senior akan menjadikan kita paham dan tahu seperti apa visi mereka. Kita (anak muda) dapat meneladani visi dan mimpi tersebut. Bacaan-bacaan positif seperti ini akan sangat memotivasi.

Rekomendasi buku-buku bagus dan dahsyat dapat Anda temukan di sini : Enreads.com.

Keliling Diri Anda dengan Orang-Orang Positif

Selain dengan membaca buku, motivasi juga bisa dijaga dengan cara mengelilingi diri Anda dengan orang-orang positif.

Seperti apa orang-orang positif itu?

Orang-orang positif adalah mereka yang dapat mendukung Anda dalam meraih sukses. Orang-orang positif ini adalah mereka yang optimisis, percaya diri, dan senantiasa mendukung Anda. Orang-orang positif ini bisa saja guru Anda, mentor Anda, partner, keluarga, ataupun teman-teman dekat Anda.

Berkawanlah dengan orang-orang positif. Bahkan ketika Anda merasa lelah sekalipun, orang-orang positif ini dapat menguatkan Anda. Sebagai seorang pebisnis, Anda dapat membangun hubungan pertemanan yang baik dengan sesama pebisnis. Sebagai contoh, Anda bisa berteman secara positif dengan pemilik blog JagoanPassiveIncome.com ini. 🙂

Ikuti Diskusi/Seminar/Kelas yang Berkaitan dengan Visi Anda

Cara ketiga yang juga dapat digunakan untuk menjaga motivasi berbisnis adalah dengan membiasakan diri Anda mengikuti diskusi, kelas, ataupun seminar tentang entrepreneurship dan bisnis. Saya sering mendapatkan inspriasi dan motivasi usai mengikuti sebuah seminar, diskusi, ataupun kelas yang berkaitan dengan bidang bisnis. Usai mengikuti sebuah seminar, saya biasanya mendapatkan inspirasi dan tidak sabar untuk segera mewujudkan ide/inspirasi tersebut dalam bisnis saya.

Ini dia kiat-kiat jitu supaya Anda bisa memetik manfaat yang dahsyat dari mengikuti seminar : Perlukah Ikut Seminar/Workshop Bisnis? Ini Dia Jawabannya.

Rekan pembaca sekalian, itulah beberapa kiat dan cara ampuh yang dapat Anda gunakan untuk menjaga motivasi dan semangat Anda dalam berbisnis. Pastikan motivasi dan semangat Anda selalu terjaga. Tanpa motivasi dan tekad yang kuat untuk berhasil, mustahil kita bisa menjadi pebisnis yang sukses.

Salam Super Sukses!

Jefferly Helianthusonfri

 

Sumber gambar : http://www.niche-vision.com.

kursus manajemen terlengkap

4 Comments

  1. franky honda

    apa kabar Pak Jef, senang bisa membaca tulisan pak Jef kembali, benar apa yang dikatakan Pak Jef, saya merasa sering mengalami awalnya menggebu-gebu, ketika share dengan istri, saudara atau teman kenapa orang-orang tersebut saya merasa suka mementahkan ide-ide yang meluap-luap ini..hahhaha

  2. Ida Bagus Alit

    Selamat pagi Bapak Jefferly Helianthusonfri, saya sering mengalami perasaan seperti drop atau kehilangan motivasi diri tapi saya selalu berusaha bangkit dgn cara konsultasi sama orang2 positif atau leader saya dan baca baca buku yang dapat memotivasi kembali semangat saya seperti membaca artikel/blog yg Bapak kirimkan ini.

  3. burhannudin

    sangat mengisnfirasi….

  4. masandi wibowo

    Terima kasih ilmunya mas jeff, saya akan sangat suka berteman dengan pemilik blog ini, visi yang kuat dan fokus akan membuat kita jauh lebih sukses.
    Salam Sukses Selalu.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *