Bagaimana Cara Supaya Selalu Semangat dalam Mengejar Impian?

Untuk bisa meraih keberhasilan, kita harus belajar. Termasuk apabila kita ingin berhasil dalam meraih passive income, kita juga perlu belajar dan terus mengembangkan diri.

Nah proses belajar meraih keberhasilan itu bukanlah proses sekali jalan selesai, melainkan butuh pengulangan terus menerus dari hari ke hari. Tidak semua orang bisa teguh dan persisten melakukan pengulangan dalam proses belajar tersebut. Hal inilah yang menyebabkan  tidak semua orang bisa sukses. Hal ini pulalah yang menjadi penyebab hanya segelintir orang yang bisa betul-betul berhasil.

Mari kita pikirkan kembali. Berapa banyak anak muda yang ketika ditanya mau jadi apa, mereka akan menjawab mereka ingin menjadi seorang entrepreneur. Hanya saja, coba kita lihat berapa banyak anak muda yang betul-betul ingin dan mewujudkan diri agar bisa jadi seorang entrepreneur? Tidak banyak.

Mengapa hal ini terjadi? Sudah tentu karena banyak yang hanya ingin tanpa punya tindakan nyata.

Bagaimana cara supaya selalu semangat? Bagaimana cara agar kita tahan menghadapi pengulangan dalam proses belajar?

Ada satu hal yang menjadikan kita pribadi yang mudah bersemangat. Ingat pribadi yang semangat lebih mudah untuk sukses.

Tingkat motivasi dan semangat sangat ditentukan dari kemampuan  kita untuk menciptakan “positive feeling” dalam diri.

Ya betul, orang yang memiliki perasaan positif akan lebih mudah berbahagia. Ketika seseorang berbahagia maka ia akan lebih mudah untuk semangat. Ketika ia semangat maka lahirlah kreativitas, produktivitas, dan beragam hal mengagumkan dari orang tersebut.

Lantas, bagaimana cara supaya kita bisa selalu punya perasaan positif dalam hidup?

Berdasarkan studi empiris yang bersifat saintifik, ada 10 elemen yang akan menjadikan kita mudah merasa berbahagia. Ini dia 10 elemen tersebut.

1. Joy (Kegembiraan Hidup)

Bagaimana cara supaya kita bisa memiliki kegembiraan? Kegembiraan akan timbul ketika kita melakukan aktivitas yang membuat hati kita riang. Contoh aktivitasnya : melakukan pekerjaan yang berkaitan dengan hobi/passion Anda, liburan (ndak usah muluk-muluk, minimal ndak kena macet dan harus pergi pagi pulang sore itu juga sudah liburan), saat menerima gaji pertama, dan masih banyak lagi. Aktivitas-aktivitas yang menimbulkan kegembiraan akan menjadikan kita lebih mudah berbahagia.

Ada satu trik yang dapat digunakan. Bagaimana triknya? Triknya adalah pisahkan mana aktivitas yang membuat Anda gembira dan mana aktivitas yang membuat Anda sedih atau tidak gembira. Selanjutnya, fokuskan hidup Anda untuk melakukan aktivitas yang menggembirakan. Mudah-mudahan dengannya Anda menjadi lebih mudah untuk begembira dalam hidup.

Hiduplah untuk bergembira.

Hiduplah untuk bergembira.

2. Gratitude (Rasa Syukur)

Sudah menjadi rahasia umum bahwa bersyukur adalah elemen kunci yang membentuk kebahagiaan. Bisa dibilang tidak akan ada kebahagiaan tanpa rasa syukur. Kalau kita melihat definisi rasa syukur dalam bahasa Inggris maka kita akan menemukan arti begini : the quality of being thankful; readiness to show appreciation for and to return kindness. Artinya kualitas bersyukur, kesiapan kita untuk menunjukkan apresiasi dan mengembalikan kebaikan.

Tak perlu muluk-muluk, mensyukuri hal-hal yang sederhana juga menjadikan kita berbahagia. Nafas yang bisa kita hirup, rezeki yang kita terima, keluarga yang baik, semua itu layak dan pantas untuk disyukuri sepanjang hidup. Semakin sering kita bersyukur makin mudah kita merasa berbahagia. Sama seperti hal-hal lain dalam kehidupan, rasa syukur akan berdampak pada kebahagiaan jika terus kita ulangi. Pengulangan merupakan salah satu sifat dari kehidupan.

3. Serenity (Ketenangan)

Ketenangan ini akan menimbulkan kedamaian. Kedamaian yang bercampur dengan rasa syukur dan kegembiraan akan menjadikan kita kian mudah berbahagia. Sering-seringlah merasa tenang agar kita makin mudah berbahagia. Bagaimana cara supaya bisa merasakan ketenangan? Salah satu caranya adalah biasakan diri Anda untuk menikmati indahnya pagi dengan berolahraga, menikmati pemandangan alam, dan sudah tentu bisa juga dengan cara meningkatkan kualitas ibadah kita.

Kehidupan akan terasa indah ketika kita bisa merasakan damai.

4. Interest (Ketertarikan)

Seseorang akan makin mudah berbahagia jika ia punya ketertarikan dalam hidup. Orang-orang kerap mengaitkan interest dengan passion. Apa yang menjadi passionmu bisa jadi merupakan ketertarikanmu. Hadirnya interest pada bidang tertentu menjadikan kita sangat suka mempelajari bidang tersebut. Dalam bidang itulah kekuatan kita akan timbul.

Salah satu cara agar kita menjadi lebih mudah berbahagia adalah dengan bekerja di bidang yang sesuai dengan ketertarikan kita. Bayangkan, sebagian besar usia hidup kita sudah tentu akan dilaui dengan bekerja. Betapa menyedihkannya apabila sepanjang hidup kita harus bekerja untuk bidang yang bukanlah kecintaan kita. Hanya ada dua nasihat berkaitan dengan kecintaan. Lakukan apa yang Anda cintai, atau cintai apa yang Anda lakukan.

5. Hope (Harapan)

Harapan termasuk salah satu hal yang menjadikan kita punya daya untuk berbahagia. Orang yang tidak punya harapan cenderung hidupnya berada dalam awan kelabu. Bahkan saking powerfulnya harapan, Mario Teguh pernah menyebut bahwa harapan adalah penghubung antara manusia dengan Tuhan.

Harapanlah jua lah yang akan menjadikan kita tetap memiliki pandangan positif akan masa depan. Harapan untuk bisa lulus dengan nilai yang sangat baik, harapan untuk bisa punya karir yang cemerlang, harapan bisa membangun keluarga yang bahagia, harapan bisa membahagiakan orang tua, harapan bahwa anak-anak kita akan menjadi insan yang sukses, harapan bahwa dunia menjadi tempat yang lebih baik. Ya indahnya ketika kita punya harapan. Hadirnya harapan menjadikan seseorang punya motivasi dalam menjalani hidup.

6. Pride (Rasa Bangga)

Untuk bisa berbahagia seseorang juga perlu memiliki rasa bangga. Rasa bangga digunakan untuk menjadikan kita lebih mudah bersyukur, bukan rasa bangga karena kita lebih hebat dari orang lain. Bangga atas pencapaian akan menjadikan kita punya kepercayaan diri yang lebih baik. Sama seperti bersyukur, tak selalu hal mewah yang kita banggakan, hal-hal sederhana juga dapat kita banggakan. Bangga terhadap karir yang sudah Anda rintis, bangga terhadap prestasi yang sudah Anda hasilkan, bangga atas perjuangan ayah ibu Anda, ataupun bangga atas pencapaian yang diraih buah hati Anda.

Dengan kebangaan kita bisa punya rasa percaya diri. Tentu saja rasa percaya diri sangat penting. Orang yang percaya diri lebih mudah untuk sukses. Rasa percaya diri juga membantu menjadikan kita lebih optimis.

7. Amusement (Hiburan)

Senyum dan tawa merupakan salah satu wujud dari kebahagiaan. Orang yang banyak tersenyum dan tertawa cenderung lebih mudah berbahagia. Nah, salah satu elemen pembentuk kebahagiaan adalah canda tawa. Semakin sering kita tertawa maka kita makin mudah berbahagia. Bagaimana supaya bisa mendapatkan canda tawa dalam hidup sehari-hari?

Dekatlah dengan orang-orang yang mudah bergembira, milikilah teman-teman yang humoris, tontonlah guyonan lucu di YouTube, bacalah buku-buku komedi, dan masih banyak lagi. Intinya, yuk tambahkan kadar kegembiraan dalam hidup dengan lebih sering tersenyum dan tertawa. 🙂

8. Inspirasi

Semakin sering kita terinspirasi maka makin mudah pula kita untuk berbahagia. Untuk bisa menciptakan penemuan-penemuan besar, sudah tentu ilmuwan seperti Thomas Alfa Edison, Albert Einstein, ataupun Isaac Newton memerlukan inspirasi. Hadirnya inspirasi juga menjadikan kita kian dahsyat dalam berkarya.

Lantas, bagaimana cara supaya mudah mendapatkan inspirasi?

Inspirasi bisa datang dari banyak hal. Bisa datang dari figur yang Anda teladani, bisa dari orang tua Anda, bahkan juga bisa dari buku-buku yang Anda baca. Buku-buku bagus yang kita baca acap kali menjadi sumber inspirasi. Berikut buku-buku bagus yang saya rekomendasikan : Daftar Buku-Buku Bagus yang Direkomendasikan Jefferly.

9. Awesomeness (Kekaguman)

Rasa kagum juga menjadikan kita lebih mudah berbahagia. Rasa kagum terhadap kehidupan menjadikan seseorang kian mudah berbahagia. Ia mudah terpukau pada keindahan dunia. Ia sangat kagum pada keindahan Danau Toba, ia bersyukur dan terpukau dengan keindahan Raja Ampat, bahkan ia pun terkagum pada indahnya matahari terbenam. Hal-hal sederhana yang bermakna adalah salah satu sumber kekaguman dalam hidup.

Indahnya sunset (sumber gambar : https://www.flickr.com/photos/gwilmore/)

Indahnya sunset. (Sumber gambar : https://www.flickr.com/photos/gwilmore/.)

10. Cinta

Elemen ke-10 yang membentuk rasa bahagia adalah cinta. Tanpa cinta hidup manusia tidaklah sempurna. Rasa cinta terhadap pasangan, cinta terhadap orang tua, rasa cinta terhadap anak-anak, rasa cinta terhadap keluarga, rasa cinta terhadap sesama, merupakan pelengkap kebahagiaan kita. Belajar untuk terus mencintai adalah salah satu proses indah dalam hidup. Berikan cinta untuk orang-orang yang kita sayangi. Mudah-mudahan dengannya kita menjadi lebih berbahagia.

Itulah 10 elemen pembentuk positive feeling. Dengan positive feeling ini kita akan lebih mudah untuk semangat. Nah dari semangat itulah kita bisa meraih keberhasilan. Sekarang mari fokuskan hidup kita pada 10 elemen pembentuk kebahagiaan tadi. 10 elemen pembentuk kebahagiaan tadi dapat Anda pelajari dalam buku berjudul Positivity: Top-Notch Research Reveals the Upward Spiral That Will Change Your Life dari Barbara Fredrickson.

Salam Super Sukses!

Jefferly Helianthusonfri

panduan lengkap meraih kebebasan finansial

7 Comments

  1. franky honda

    sip.. keren sekali ulasannya Pak Jef, kesepuluh ulasan diatas butuh ketekunan untuk menjalankannya, karena tanpa ketekunan dan semangat yang terus berkobar akan gampang putus asa dan kecewa dengan keaadan. Proses belajar meraih keberhasilan itu bukanlah proses sekali jalan selesai, melainkan butuh pengulangan terus menerus dari hari ke hari. sharenya keren Pak Jef

  2. arif

    Trimakasih Jeff anda sangat bersemangat membantu orang tanpa pamrih .salut buat anda teruslah berbuat baik kebahagiaan menyertai anda

  3. eko sarwono

    Mantap pak jef, tapi kadang rasa malas bisa menjadi penghambat motivasi nomor satu

  4. Eddy Wu

    Dibutuhkan kesabaran dan keuletan yg teguh ketika dalam perjalanan menuju kesuksesan, banyak rintangan, kesulitan & tantangan yg harus diatasi & dilalui yg kesemuanya itu butuh perjuangan yg mantap sebelum seseorang menggapai pintu kesuksesan abadi yg selamanya. Bagus sekali, rasanya artikel ini bisa menginspirasi. Trim’s pak Jeff.

  5. LogikaTekno

    Good posting agan Jef.
    Tx for them

  6. Robbie Ismail

    Saya mengalami kendala di point 9 dan 10 saja.

  7. Dari Adomino

    Luar biasa belajar hari ini…. Terima kasih pa Jeff…

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *