Belajar Copywriting : Cara Jualan Supaya Laris Manis

Halo teman, kembali berjumpa dalam seri tulisan panduan copywriting.

Sesuai janji saya, di tulisan ini saya akan membagikan teknik copywriting yang ke-4.

Teknik copywriting yang ke-4 adalah menunjukkan kredibilitas. Dengan menunjukkan kredibilitas, kita akan lebih dipercaya oleh si calon pembeli ataupun calon klien kita.

Lantas, bagaimana cara menunjukkan kredibilitas melalui copywriting? Seperti apa tekniknya? Ini dia ulasan selengkapnya.

Cara 1 : Tampilkan Siapa Saja yang Pernah Jadi Klien Anda

Jika Anda menjual jasa, maka pastikan Anda menampilkan siapa saja orang-orang/perusahaan yang sudah pernah menjadi klien Anda. Daftar klien tadi dapat Anda tampilkan di website ataupun di halaman penawaran produk Anda. Jika ada perusahaan besar/orang terkenal yang pernah jadi klien Anda, tentu kredibilitas Anda akan semakin diakui.

Cara 2 : Tampilkan Portofolio

Sama halnya dengan menampilkan klien, Anda juga bisa menampilkan portofolio Anda. Anda dapat menampilkan berbagai karya yang sudah Anda hasilkan. Hadirnya portofolio dapat menjadi nilai lebih Anda di mata calon klien/calon pembeli nantinya. Berbagai portofolio tadi dapat Anda tampilkan di satu halaman khusus di website. Bisa juga portofolio ini Anda ceritakan lewat tulisan-tulisan di blog Anda.

Contoh portofolio ini misalnya website yang pernah Anda kembangkan, buku yang pernah Anda tulis, karya desain yang Anda hasilkan, video dokumenter yang Anda kerjakan, koleksi stok foto Anda, dan lain sebagainya. Tentu portofolio harus disesuaikan dengan bidang bisnis Anda.

Website yang sudah Anda kembangkan dapat menjadi salah satu portofolio Anda.

Website yang sudah Anda kembangkan dapat menjadi salah satu portofolio Anda.

Cara 3 : Tampilkan Liputan Media yang Anda Dapatkan

Liputan media merupakan salah satu cara ampuh untuk membangun branding di depan calon pembeli/klien. Jika bisnis Anda sudah pernah diliput media, maka liputan tadi dapat Anda tampilkan dalam penawaran/promosi yang Anda lakukan. Kumpulan liputan media tadi bisa Anda taruh di halaman khusus di website ataupun Anda share di akun media sosial Anda.

Bahkan, tak sedikit para pelaku bisnis online yang menampilkan liputan media di dalam website penawaran produk mereka. Ketika bisnis/profil kita diliput media, maka artinya media pun mengakui kredibilitas kita. Tentu ini akan bagus untuk membangun kesan dan citra positif di depan calon klien/pembeli.

Liputan media dapat digunakan untuk menunjukkan kredibilitas pada calon pembeli/calon klien.

Liputan media dapat digunakan untuk menunjukkan kredibilitas pada calon pembeli/calon klien.

Agar bisnis/profil Anda diliput media, Anda harus punya jaringan pertemanan dengan wartawan. Cara paling ampuh agar bisnis Anda diliput media adalah dengan mengadakan event. Selanjutnya dalam event tersebut, Anda melakukan yang namanya media partnership. Dengan demikian, Anda akan bekerja sama dengan media. Media yang Anda ajak partnership, biasanya akan meliput event Anda. Anda tinggal undang wartawan agar meliput event yang tadi Anda selenggarakan.

Jika Anda sudah punya koneksi ke teman-teman jurnalis, maka Anda bisa mencoba meminta mereka untuk menulis tentang bisnis/profil Anda. Satu hal penting yang harus Anda ketahui adalah pastikan bisnis/profil Anda punya nilai berita. Apa saja nilai berita itu? Penjelasan lebih lengkap tentang nilai berita dapat Anda pelajari di artikel ini : Penjelasan Tentang Nilai Berita dan Kaitannya dengan Konten Blog.

Ketika bisnis/profil Anda punya nilai berita, maka sangat besar kemungkinan bisnis/profil Anda akan diliput oleh media. Entah itu media cetak, online, televisi, radio, ataupun media-media lainnya.

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan meng-hire public relations agency. Dengan meng-hire PR Agency, si agensi PR tadi akan membantu bisnis Anda bisa diliput oleh media.

Cara 4 : Tampilkan Hasil Riset/Bukti Ilmiah Terkait Produk Anda

Cara lain untuk meyakinkan calon pembeli adalah dengan menampilkan hasil riset terkait produk Anda. Misalkan jika Anda menawarkan produk di bidang kesehatan, maka tampilkanlah hasil riset/bukti ilmiah yang berkaitan dengan produk Anda. Misal berupa hasil penelitian terbaru dari lembaga terpercaya, atau bisa juga dengan menampilkan fakta ilmiah dari khasiat produk Anda.

Contoh lain, misalkan Anda menawarkan produk investasi/keuangan, maka Anda bisa menampilkan data seputar tingkat inflasi dari tahun ke tahun. Lalu Anda kemukakan keunggulan produk investasi yang Anda tawarkan.

Hadirnya data ataupun bukti ilmiah dapat meningkatkan ketertarikan calon pembeli terhadap produk yang kita tawarkan.

Nah teman, itulah beberapa cara ampuh untuk meyakinkan calon pembeli/calon klien. Intinya, tunjukkan kredibilitas yang Anda miliki. Buatlah si calon pembeli percaya dan yakin dengan kualitas layanan ataupun produk yang Anda tawarkan.

Jefferly Helianthusonfri
Passive Income Dari Bisnis Kursus Online 728x90

1 Comment

  1. franky honda bogor

    Terima Kasih Pak Jeff, saya senang mengikuti tulisan-tulisan pak Jeff di Web ini, rasanya sangat informatif dan saya banyak menerima manfaat dari tulisan-tulisan Pak Jeff, terima kasih suskes selalu Pak Jeff

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *