Belajar Copywriting : Cara Membuat Headline yang Nendang

Halo teman, kembali berjumpa dalam seri artikel panduan copywriting.

Di artikel sebelumnya (baca : Belajar Copywriting : Seni Menjual Produk Lewat Tulisan), kita sudah membahas prinsip dasar copywriting yang wajib diketahui oleh para marketer.

Nah dalam tulisan berikut saya akan membongkar rahasia  cara menulis headline yang “nendang”.

Nendang di sini hanyalah kiasan. Ibaratnya, headline yang nendang itu bisa bikin kaget si pembeli. Membuat mata mereka terbelalak, lalu penasaran untuk membeli produk kita.

Bagaimana cara membuat headline yang nendang? Ini dia jawabannya.

Pentingnya Headline

Dunia internet itu dunia yang ramai dan sibuk. Setiap harinya jutaan tweet baru muncul di Twitter, jutaan status muncul di Facebook, ribuan website baru hadir. Dari sekian banyak informasi tadi, kita bingung mana informasi yang paling penting bagi kita. Nah, fungsi headline adalah memancing perhatian orang-orang supaya mereka langsung tahu dan tertarik dengan konten kita.

Konten yang saya maksud di sini bisa berupa video yang Anda upload ke YouTube, status yang Anda tulis di Facebook, ataupun artikel yang baru Anda tulis di blog.

Jadi, dengan memakai headline yang menarik, orang-orang akan tertarik mengklik posting ataupun menonton video Anda.

Mau punya banyak penonton di YouTube?

Mau punya banyak pembaca di blog?

Jika ya, maka Anda perlu membuat headline yang menarik.

Dalam menawarkan produk di internet, headline ini sangat penting. Kenapa? Karena headline adalah bagian pertama yang akan dilihat oleh si calon pembeli. Mereka buka web Anda, maka yang pertama dilihat adalah headline. Mereka baca posting Anda di Facebook, yang pertama dilihat adalah kalimat pertama (headline).

headline

Headline berfungsi untuk menarik perhatian si pembeli.

Kalau headline nya tidak menarik, maka besar kemungkinan si pembeli akan langsung meninggalkan web Anda.

Bagaimana Menulis Headline yang Nendang?

Pada prinsipnya, penulisan headline pun tidak lepas dari prinsip dasar copywriting yang sudah kita bahas di artikel sebelumnya. Prinsip tersebut adalah berfokus pada keuntungan si pembeli, plus meminimalkan risiko si pembeli.

Ada banyak pola headline yang dapat kita adopasi guna menulis headline yang menarik. Beberapa contohnya seperti berikut ini.

  • Pola : Maukah Anda …(isi dengan manfaat produk).. dengan … (ciptakan kesan mudah/cepat) ? Contoh penerapan : Maukah Anda dipandu memiliki 1000 Subscriber di YouTube hanya dalam 7 hari?
  • Pola : Siapa lagi yang ingin …(isi dengan manfaat produk)… (kesan wah dan luar biasa). Contoh : Siapa Lagi yang Ingin Dipandu Agar Bisa Memikat Wanita Idaman Tanpa Perlu Kaya atau Ganteng?
  • Pola : Telah Hadir …(isi dengan solusi produk Anda)… (ciptakan kesan mudah/cepat/lengkap). Contoh : Telah Hadir Solusi Menurunkan Berat Badan 15 Kg Hanya Dalam 1 Bulan.
  • Pola : Apakah Anda …(isi dengan masalah si pembeli)… ? Apakah Anda …(isi dengan masalah pembeli)… ? Apakah Anda …. (isi lagi dengan masalah pembeli)… ? Contoh : Apakah Anda Merasa Tidak Percaya Diri Saat Mendekati Wanita? Apakah Anda Selalu Ditolak Ketika Menyatakan Cinta Pada Lawan Jenis? Apakah Anda sudah lama menjomblo dan ingin segera mengakhiri masa lajang Anda?

Nah, pola-pola tadi dapat Anda terapkan dalam membuat penawaran. Entah itu penawaran di sales page, deskripsi produk, posting media sosial, ataupun di iklan yang Anda buat. Ada banyak pola lain yang dapat Anda kembangkan sendiri berdasarkan kreativitas Anda.

Supaya orang kian tertarik, pastikan headline Anda ditulis dengan huruf yang lebih besar, lebih tebal, dan jelas terlihat.

Kalau perlu, Anda bisa menggunakan grafis headline yang Anda buat secara khusus.

Grafis headline.

Grafis headline.

Untuk membuat grafis headline, Anda bisa memakai aplikasi Photoshop. Kalau Anda tidak ahli memakai Photoshop, maka Anda bisa memakai template-template grafis yang banyak tersedia di internet.Template-template tadi biasanya berfomat PSD dan tinggal Anda edit dengan mudah di Photoshop. Misalnya, bagi Anda pengguna Blogger (Blogspot), Anda bisa pakai template yang disediakan oleh website ini : Kumpulan Template Lengkap Untuk Blogspot.

Atau kalau Anda biasanya membuat website pakai WordPress, maka Anda bisa pakai template yang disediakan oleh web ini : template web penjualan WordPress.

Kata-Kata “Magis” Dalam Penulisan Headline

Ada sejumlah kata yang dapat menjadi daya tarik agar seseorang mengklik video Anda, membaca posting Anda, ataupun melanjutkan membaca penawaran produk Anda. Kata-kata ini saya sebut dengan kata-kata “magis”.

Cukup tambahkan kata-kata magis ini, maka kemungkinan besar orang akan tertarik mengklik judul posting/video Anda.

Kata-kata magis ini misalnya : cantik, ganteng, murah, mudah, seksi, cepat, luar biasa, berbahaya, dahsyat, tiga kali lipat.

Bandingkan dua headline berikut, mana yang lebih menarik?

10 Wanita Berprestasi yang Mengharumkan Nama Indonesia.

10 Wanita Cantik dan Berprestasi yang Mengharumkan Nama Indonesia.

Bagi kaum pria, adanya kata “cantik” akan meningkatkan rasa penasaran mereka. Oleh karena itu, jika target Anda adalah kaum pria, maka manfaatkanlah kata-kata seperti cantik tadi.

Lagi, bandingkan dua headline berikut :

Ini Dampak Vaksin Palsu Menurut Kementerian Kesehatan

Awas, Inilah Bahaya Vaksin Palsu Menurut Kementerian Kesehatan

Headline yang mengandung kata “awas” dan “bahaya” cenderung lebih menarik. Kenapa? Karena secara tidak sadar, seorang manusia selalu lebih perhatian pada hal-hal yang mengandung bahaya. Kita akan lebih aware terhadap sesuatu yang berbahaya. Selain itu, kita juga lebih memberi perhatian pada hal-hal buruk dan bahaya. Contohnya berita tentang aksi teror selalu menarik perhatian karena adanya unsur bahaya dalam berita tadi.

Nah, tugas Anda sekarang adalah mulailah mencari kata-kata magis di bidang produk Anda. Selanjutnya, gunakan kata-kata magis tadi setiap kali Anda membuat headline/judul. Entah itu judul untuk posting blog, judul video, ataupun headline di website Anda.

Sampai jumpa di artikel berikutnya.

Jefferly Helianthusonfri.
Passive Income Dari Bisnis Kursus Online 728x90

 

2 Comments

  1. Kevin

    Akhir2 ini judul/headline yg nendang justru bisa bikin pembaca menjauh, karena setiap hari sudah terbiasa disuguhi headline2 bait jadinya pembaca juga makin pintar menyeleksi judul, tapi memang sih kalau headline yg mengandung “sex” atau cenderung dewasa pasti tetap aja banyak yg ngeklik..

    Yah, namanya juga insting.

  2. Passive07 (Post author)

    @Kevin. Betul, kembali kepada target audiens kita seperti apa. Tentu setiap media online/blogger punya preferensi mereka masing-masing.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *