Belajar Copywriting : Cara Menciptakan Bukti Sosial

Halo teman, kembali berjumpa dalam seri artikel panduan copywriting. Di dua tulisan sebelumnya, kita sudah membahas prinsip dasar copywriting dan teknik membuat headline yang nendang. Nah, khusus dalam tulisan ini saya akan bahas cara ampuh meyakinkan orang-orang supaya mau membeli produk Anda.

Seperti apa tekniknya? Simak pembahasan berikut.

Bukti Sosial, Faktor Penting Untuk Mempengaruhi Orang Lain

Kita cenderung memilih untuk ikut suara mayoritas. Meski tidak di setiap keadaan kita ikut-ikutan, tapi pada dasarnya kita punya kecenderungan untuk ikut apa yang dilakukan oleh banyak orang. Misalnya saat tulisan ini dibuat, sedang terjadi demam game Pokemon Go. Orang-orang jadi penasaran dan tertarik main Pokemon Go. Orang-orang jadi ikut-ikutan.

Orang-orang jadi penasaran lalu ikut-ikutan main game Pokemon Go. Inilah contoh bentuk bandwagon effect.

Orang-orang jadi penasaran lalu ikut-ikutan main game Pokemon Go. Inilah contoh bentuk bandwagon effect.

Tentu masih segar dalam ingatan Anda saat terjadi demam batu akik pada tahun 2015 dan 2016 lalu. Waktu itu orang berbondong-bondong mengoleksi batu akik, alhasil harga batu akik meroket. Di jalan-jalan banyak dijumpai tukang jual batu akik.

Contoh lain, ketika kita hendak mencari tempat makan di suatu daerah yang baru. Misalkan kita baru pindah kota. Nah saat hendak mencari tempat makan, kita cenderung memilih tempat makan yang kelihatan yang ramai dibanding yang sepi. Kenapa? Karena dalam otak ini seakan terprogram bahwa tempat yang ramai pasti laris. Nah, kalau laris maka pasti makanannya enak.

Dalam studi ilmu komunikasi  yang saya tempuh, fenomena semacam ini dikenal dengan istilah bandwagon effectBandwagon merupakan salah satu teknik propaganda yang sangat ampuh dan banyak dipakai, termasuk dalam hal memasarkan suatu produk.

Di iklan televisi, Anda pasti sering menjumpai ada iklan produk yang mengatakan bahwa produknya dipakai 8 dari 10 wanita. Atau produk lain yang mengatakan bahwa 4 dari 5 wanita Indonesia memakai produk mereka. Nah ini digunakan supaya tercipta kesan bahwa produk tadi dipakai banyak orang, sehingga terbukti kualitasnya.

Lantas, Apa yang Harus Saya Lakukan?

Nah setelah kita mengetahui pentingnya bukti sosial, maka kita dapat memanfaatkan bukti sosial sebagai salah satu unsur dalam copywriting kita. Dalam penawaran produk Anda, pastikan terdapat bukti sosial.

Bukti sosial yang sering digunakan adalah testimonial. Bagi Anda yang berjualan online, menjual jasa, ataupun menjual produk digital (seperti ebook, video tutorial, template web, dsb), maka Anda perlu menampilkan testimonial.

Menghadirkan testimonial dapat membantu meningkatkan penjualan produk Anda.

Menghadirkan testimonial dapat membantu meningkatkan penjualan produk Anda.

Menghadirkan testimonial dapat membantu meningkatkan penjualan produk Anda.

Mulai sekarang, kumpulkanlah testimonial untuk produk Anda. Setiap kali ada yang membeli produk Anda, minta mereka memberikan komentar/testimonial. Selanjutnya testimonial tadi dapat Anda tampilkan di penawaran yang Anda buat. Entah itu, di toko online, website, blog, ataupun akun media sosial Anda.

Testimoni tadi dapat Anda tampilkan dalam bentuk screenshot email/chat, gambar/foto, ataupun video.

Selain testimonial, bukti sosial lain adalah bukti bahwa banyak orang sudah menggunakan produk Anda. Ingat, manusia cenderung ikut-ikutan apa yang dilakukan oleh teman ataupun keluarga mereka. Ketika teman-teman memakai produk Apple, maka kita mungkin tertarik memakai produk Apple. Ketika tetangga sudah punya mobil, maka cenderung kita juga ingin punya mobil.

Bandwagon effect ini menyebabkan seseorang seakan kehilangan kemampuan untuk berpikir kritis. Padahal, apa yang dilakukan orang lain belum tentu sesuai dengan kebutuhan dan prinsip kita.

Neymar dan sepatu Nike. Penggunaan publik figur sebagai bintang iklan juga termasuk upaya menciptakan bukti sosial. (Sumber gambar : cbssports.com).

Neymar dan sepatu Nike. Penggunaan publik figur sebagai bintang iklan juga termasuk upaya menciptakan bukti sosial. (Sumber gambar : cbssports.com).

Nah teman-teman, itulah teknik copywriting yang ke-3, yakni tunjukkan bukti sosial atas produk Anda.

Di tulisan berikutnya saya akan membahas teknik copywriting yang ke-4. Apa tekniknya? Silakan simak di seri tulisan panduan copywriting berikutnya.

Jefferly Helianthusonfri

Panduan Membuat Website 728x90

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *