Cara Membeli Buku Lebih Murah dari Biasanya

Buku termasuk salah satu kebutuhan penting yang harus tercukupi. Dengan membaca buku, pengetahuan seseorang akan bertambah. Membaca buku merupakan hal penting, entah itu bagi para profesional muda, pengusaha, ibu rumah tangga, atau siapapun yang ingin meningkatkan pengetahuan mereka.

Dalam tulisan ini saya akan berbagi cara-cara supaya Anda bisa membeli buku dengan lebih murah. Cara-cara ini sudah sering saya gunakan. Hasilnya saya berhasil menghemat uang dan membeli lebih banyak buku.

Bagaimana cara membeli buku lebih murah dari biasanya? Berikut pembahasan lengkapnya.

1. Beli Buku Versi Digital

Biasanya, harga jual ebook lebih murah dibanding dengan harga buku dalam bentuk fisik. Hal ini terjadi karena biaya produksi ebook jauh lebih murah dibanding buku fisik. Salah satu situs yang dapat kita gunakan untuk belanja ebook adalah Gramediana.com. Ebook yang tersedia di Gramediana datang dari para self publisher dan penerbit di Kelompok Kompas Gramedia.

Sebagian dari buku-buku saya sudah dijual dalam bentuk digital di Gramediana.com. Salah satunya buku 1 Juta Rupiah Pertama Anda dari Facebook. Harga buku ini adalah 37.800. Namun, versi digital buku ini dihargai 29 ribu Rupiah.

Gramediana

Selain lebih hemat, membeli ebook juga lebih praktis. Kita tidak harus jalan ke toko buku. Plus, kita juga tidak perlu memusingkan ada tidaknya stok buku.

Selain di Gramediana, Anda juga bisa membeli ebook di situs-situs lain seperti halnya Amazon dan Scoop.

2. Gunakan Kartu Keanggotaan Gramedia

Bagi Anda yang sering belanja di Gramedia, akan sangat baik kalau Anda punya kartu keanggotaan Gramedia. Dengan menggunakan kartu keanggotaan ini, Anda bisa belanja buku dengan potongan harga 10 %. Namun potongan harga 10 % ini hanya berlaku kalau Anda membeli buku terbitan penerbit Kelompok Kompas Gramedia.

Untuk memiliki kartu keanggotaan, Anda tinggal mendaftar di Toko Buku Gramedia tempat Anda biasa berbelanja. Seingat saya, biaya untuk membuat kartu keanggotaan ini adalah 50 ribu Rupiah. Setelah Anda punya kartunya Anda bisa belanja dengan diskon 10 % tadi.

3. Kunjungi Obral Buku

Cara ketiga untuk membeli buku dengan harga yang lebih murah adalah dengan mengunjungi obral buku. Secara berkala, Gramedia kerap mengadakan obral buku. Dalam obral ini, kita bisa membeli buku-buku berkualitas dengan harga yang amat murah. Sekadar contoh, saya pernah membeli buku fotografi seharga 10 ribu Rupiah. Padahal harga asli buku ini adalah lebih dari 100 ribu Rupiah.

Obral buku ini sering diadakan Gramedia di kampus-kampus, pusat perbelanjaan, ataupun di toko Gramedia. Jika Anda beruntung, Anda akan dengan mudah menjumpai obral buku yang diselenggarakan oleh Gramedia. Dengan uang 100 ribu Rupiah, Anda bisa memborong 5 sampai 7 buku.

Sejauh ini, buku yang sering saya jumpai di obral buku Gramedia antara lain buku komputer, buku manajemen, buku pengembangan diri, novel, dan buku anak-anak.

4. Beli dari Penerbit

Cara ke-4 agar bisa membeli buku dengan lebih murah adalah dengan membeli buku langsung dari penerbit. Bagi Anda para penulis di Kelompok Kompas Gramedia, Anda bisa membeli buku Anda sendiri dengan diskon 20 – 30 %.

Tak hanya itu, toko online juga biasanya membeli buku dari penerbit. Dan, toko online tadi pasti mendapatkan diskon dari penerbit. Diskon yang diberikan berkisar antara 20 – 30 %. Hanya saja, jika Anda membeli langsung dari penerbit, biasanya Anda akan dibebani ongkos kirim.

Kalau saya, saya lebih sering menggunakan cara dua dan tiga untuk membeli buku dengan harga yang lebih murah. Nah teman-teman, itulah cara supaya bisa membeli buku dengan lebih murah. Sudah saatnya kita menjadikan kegiatan membaca sebagai bagian dari keseharian kita. Mudah-mudahan dengan cara-cara di atas, kita menjadi semakin rajin dalam mengonsumsi buku.

Jefferly Helianthusonfri

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *