Cara Memulai Bisnis Online Untuk Ibu Rumah Tangga

Cara memulai bisnis online, kerap menjadi topik perbincangan yang hangat. Beragam seminar, workshop, buku, telah banyak yang membahas tentang bagaimana cara memulai bisnis online. Pada posting kali ini, saya akan menguraikan sejumlah langkah praktis yang dapat diterapkan guna memulai bisnis online. Posting ini saya tulis setelah saya terinspirasi dari pengalaman pribadi saya.

Sejak 28 Juni 2015, saya sedang berlibur di kampung halaman saya (Lubuklinggau). Biasanya saya menjalankan aktivitas dari Tangerang (tempat saya kuliah). Meskipun sedang libur dan pulang kampung, aktivitas bisnis yang saya jalankan sama sekali tidak terganggu. Bahkan 6 Juli 2015, saya bisa me-launching website dan produk saya, KeajaibanMenulis.

Pengalaman serupa juga pernah terjadi pada Agustus 2014 lalu. Waktu itu, saya pindah dari Lubuklinggau ke Tangerang karena saya berkuliah di Universitas Multimedia Nusantara. Kendati pindah kota, kegiatan bisnis saya juga tidak tergganggu. Mengapa? Sebab hampir semua aktivitasnya dilakukan lewat dunia maya. Kegiatan produksi, marketing, distribusi, semua dilakukan via internet. Alhasil tak jadi soal di mana pun saya berada. Selagi saya masih terkoneksi ke internet, saya tetap bisa menjalankan bisnis.

Karena dapat dijalankan dari mana saja, bisnis internet merupakan solusi tepat untuk Anda yang ingin meraih passive income.

Karena dapat dijalankan dari mana saja, bisnis internet merupakan solusi tepat untuk Anda yang ingin meraih passive income.

Karena alasan fleksibilitas inilah, bisnis internet dapat menjadi salah satu solusi bagi ibu rumah tangga yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan. Lantas, bagaimana cara memulai bisnis online untuk ibu rumah tangga? Berikut saya uraikan langkah-langkahnya.

1. Miliki Sikap Mental yang Dibutuhkan Untuk Sukses

Keberhasilan sebuah bisnis tidaklah lepas dari karakteristik yang dimiliki oleh si pendiri ataupun pelaku bisnis tersebut. Untuk itu, sebelum masuk ke bisnis internet, ada sejumlah sikap yang harus dimiliki. Berikut sikap-sikap yang perlu dimiliki untuk sukses di bisnis online.

  • Rendah hati. Dengan kerendahan hati, kita mau belajar dari manapun dan kapanpun. Sikap rendah hati menjadikan kita senantiasa belajar dan terbuka terhadap perubahan.
  • Optimis. Orang yang optimis jelas lebih menarik dibanding mereka yang pesimis. Orang-orang optimis memiliki sikap positif dan lebih menarik untuk dibantu oleh orang lain.
  • Berani mengambil risiko yang terukur. Untuk bisa meraih keberhasilan jelas kita harus mengambil tindakan dan keputusan yang tepat. Agar bisa mengambil keputusan yang tepat, dibutuhkan keberanian dalam mengambil risiko yang terukur.
  • Mau belajar. Untuk bisa berhasil dalam sebuah bisnis, sudah tentu ada banyak hal yang harus kita pelajari. Sikap terbuka dan mau belajar merupakan hal penting untuk dimiliki. Kemauan belajar ini terwujud dalam perilaku. Dengan kemauan belajar yang kuat seseorang bisa meraih keberhasilan.
  • Pantang menyerah. Dengan sikap pantang menyerah, seseorang akan terus bangkit, berusaha, dan belajar lebih baik lagi. Sikap ini dibutuhkan agar kita sanggup meraih keberhasilan dalam bisnis online.

Semua sikap mental positif tadi harusnya sudah ada dalam diri kita. Dengan sikap mental positif ini kita berpeluang untuk sukses.

2. Memahami Model Bisnis Online

Untuk bisa memulai bisnis online, kita perlu paham model bisnis yang ada di internet. Dengan memahami model bisnis, kita akan tahu bisnis seperti apa yang dapat kita jalankan. Bahkan, dalam bisnis internet, model bisnis punya peranan yang sangat krusial. Keberhasilan Facebook tidaklah terlepas dari ketepatan model bisnis yang mereka pilih. Jika tidak dimonetisasi dengan program periklanan Facebook Ads, belum tentu Facebook bisa sukses bertahan hingga saat ini.

model bisnis FacebookApa itu model bisnis?

Secara sederhana, model bisnis dapat diartikan sebagai cara kita menghasilkan uang. Berikut sejumlah model bisnis internet yang cocok untuk pendatang baru.

  • Periklanan online. Dengan model bisnis ini, kita akan menyediakan ruang iklan di website. Selanjutnya ruang iklan tadi dapat disewakan kepada pemasang iklan. Uang sewa iklan tadilah yang akan jadi pendapatan kita. Selain dengan menyediakan ruang iklan, kita bisa menghasilkan uang dengan cara bekerja sama dengan penyedia layanan program iklan PPC (Pay Per Clik). Contoh penyedia layanan iklan PPC misalnya : Google AdSense. Ketika kita bergabung dengan Google AdSense, kita dapat menampilkan iklan Google AdSense di website kita. Selanjutnya, ketika iklan tadi diklik oleh pengunjung web, kita akan mendapatkan uang. Semakin banyak klik yang terjadi pada iklan kita, makin besar pendapatan kita.
Contoh sebuah iklan Google AdSense.

Contoh sebuah iklan Google AdSense.

  • Pemasaran afiliasi. Dalam model pemasaran afiliasi, kita akan bekerja sama dengan pemilik sebuah produk. Selanjutnya, kita membantu pemasaran produk tadi. Ketika produk tadi terjual melalui upaya kita, kita akan dibayar dengan sejumlah komisi. Ada banyak website yang menyediakan layanan afilasi. Salah satunya website saya, KeajaibanMenulis.com. Saat ini, sudah ada banyak produk yang dapat kita afiliasikan. Apalagi website-website besar seperti Amazon.com sudah menyediakan program afiliasi.
Untuk bergabung di program afiliasi Amazon, Anda dapat mengunjungi alamat : https://affiliate-program.amazon.com.

Untuk bergabung di program afiliasi Amazon, Anda dapat mengunjungi alamat : https://affiliate-program.amazon.com.

  • Jualan online. Dalam model bisnis jualan online, kita akan menjual barang-barang secara online. Anda bisa menjual sepatu, makanan, fashion, aksesoris, ataupun berbagai produk lain. Uang hasil penjualan produk itulah yang akan menjadi pendapatan kita. Ketika Anda memusutkan untuk berjualan online, ada baiknya Anda memilih bidang jualan online yang ceruk (niche market). Mengapa? Sebab ketika kita memilih berjualan online produk-produk yang umum seperti handphone/gadget, komputer, maka pesaing kita adalah nama-nama besar seperti Lazada.
  • Jual jasa. Selain menjual produk dalam bentuk barang, kita juga bisa menjual jasa. Bagi Anda yang punya keahlian khusus, Anda dapat menjual jasa. Selanjutnya, pendapatan dari jasa tadilah yang akan menjadi pendapatan bisnis Anda. Contoh jasa yang kerap dijual di internet misalnya : jasa desain, jasa penulisan, jasa penerjemahan.

Selain model bisnis tadi, ada berbagai model bisnis lain di internet. Penjelasan lebih dalam dan lengkap tentang beragam model bisnis internet dapat Anda tonton di video berikut.

3. Apa Langkah Selanjutnya?

Setelah Anda mengetahui model bisnis apa yang akan dipilih, maka Anda bisa segera terjun ke bisnis tersebut.

Sebelum terjun ke bisnis, ada baiknya Anda mencari mentor ataupun tempat belajar. Kehadiran mentor ataupun guru akan memudahkan Anda belajar dalam bisnis internet. Saat pertama kali memulai bisnis internet, saya pun banyak belajar dari guru-guru yang ada di internet. Saya banyak membaca ebook, menonton video, banyak membaca aritkel di internet, dan saya juga sering membaca buku-buku.

langkah lanjutan memulai bisnis onlineKetika baru belajar bisnis online, bidang yang paling sering saya pelajari adalah bidang pembuatan website/blog, SEO (Search Engine Optimization), dan metode marketing. Mengapa saya fokus pada pembelajaran tentang metode marketing?

Saya belajar marketing karena  inti dari kegiatan bisnis internet dan internet marketing ada pada kemampuan marketing. Ketika kita bisa marketing, kita bisa menjalankan beragam model bisnis. Untuk bisa meraih pendapatan, kita harus bisa menjual sesuatu. Nah, untuk menjual sesuatu jelas diperlukan kemampuan marketing.

Untuk memudahkan Anda memutuskan langkah selanjutnya, berikut beberapa referensi dan saran yang dapat saya berikan.

1. Cari tahu apa saja yang dibutuhkan untuk menjalankan model bisnis pilihan Anda.

Contoh, Anda ingin memulai jualan online. Nah Anda harus mencari tahu apa saja yang dibutuhkan agar Anda bisa berjualan online.

Untuk bisa berjualan online tentu Anda butuh dua hal, yakni produk dan media pemasaran.

Anda harus tahu produk apa yang Anda jual, Anda harus punya produk untuk dijual.

Selain butuh produk, Anda juga butuh media pemasaran. Apakah Anda akan memasarkan produk lewat blog, toko online, atau sekadar pakai media sosial saja?

Dengan mengetahui apa saja yang dibutuhkan, sekarang Anda sudah lebih terfokus. Anda tinggal berfokus pada dua hal tadi, yakni produk dan sarana pemasaran.

Untuk bisa punya produk, Anda butuh supplier. Untuk itu, Anda bisa segera mencari supplier yang menyediakan produk untuk Anda.

Sedangkan untuk sarana pemasaran, Anda dapat menentukan media apa yang akan dipakai. Kalau Anda mau pakai toko online maka Anda butuh toko online. Untuk bisa punya toko online, Anda bisa membuat toko onlinenya sendiri ataupun memakai jasa pembuatan toko online. Setiap pilihan yang Anda ambil akan membawa Anda pada pilihan berikutnya. Agar bisa mengambil pilihan yang tepat, diperlukan pengetahuan. Nah pengetahuan inilah yang harus Anda miliki.

2. Dapatkan hal-hal yang Anda butuhkan.

Setelah Anda tahu apa yang Anda butuhkan, maka segera dapatkan hal tersebut.

Contoh, kalau Anda ingin terjun ke bidang pemasaran afiliasi, artinya Anda butuh produk dan sarana pemasaran. Untuk bisa mendapatkan produk, Anda bisa bekerja sama dengan website yang menyediakan layanan afiliasi. Dengan demikian, langkah lanjutan yang dapat Anda ambil adalah bergabung dengan website yang menyediakan layanan afiliasi.

Contoh website yang menyediakan layanan afiliasi :

  • KeajaibanMenulis.com,
  • Amazon.com,
  • Clickbank.com,
  • Ratakan.com,
  • YukBisnis.com.

Sedangkan untuk media pemasaran, Anda dapat menentukan media apa yang akan Anda gunakan. Kalau Anda mau menggunakan website, maka Anda bisa segera membuat website untuk mendukung pemasaran produk-produk afiliasi Anda.

Setelah Anda tahu langkah lanjutan yang harus diambil maka jalankanlah langkah tersebut.

Keberhasilan ada dalam tindakan, bukan hanya dalam rencana. Untuk itu, pastikan Anda segera bertindak dan merealisasikan rencana Anda.

Kesimpulan

Rekan pembaca sekalian, jika disimpulkan maka inilah poin-poin penting mengenai cara memulai bisnis online untuk ibu rumah tangga.

  • Ketahui model bisnis yang akan Anda jalankan.
  • Cari tahu apa saja yang dibutuhkan untuk menjalankan model bisnis tersebut. Selanjutnya, dapatkan hal-hal penting yang Anda butuhkan.
  • Dapatkan mentor untuk memandu Anda. Adanya mentor akan sangat membantu Anda dalam meraih keberhasilan. Untuk itu, jika Anda ingin memulai pemasaran afiliasi dan ingin mendapatkan mentor, Anda dapat bergabung dalam program mentoring afiliasi yang saya adakan. Untuk bergabung dalam program mentoring tersebut, silakan daftarkan nama dan email berikut pada form berikut ini. Dengan bergabung dalam program mentoring ini, Anda akan mendapatkan video tutorial pemasaran afiliasi, akses ke grup diskusi di Facebook, dan tentunya panduan affiliate marketing yang secara berkala saya kirimkan ke email Anda.

 

Download 18 Video Panduan Affiliate Marketing. Daftarkan Diri Anda.

Salam Super Sukses!

Jefferly Helianthusonfri

banner Kursus Bisnis Online Terlengkap

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *