Cara Menjadi Penulis : 3 Trik Berburu Ide Buku di Gramedia

Ide menulis bisa datang dari mana saja. Ide bisa datang dari pengalaman pribadi, dari pengalaman teman, dari buku yang kita baca, ataupun dari kelas/seminar yang kita bawakan. Banyak sekali sumber ide menulis di sekitar kita, salah satunya adalah toko buku. Toko buku kerap kali menjadi ladang idenya para penulis. Saya pun termasuk salah satu penulis yang beruntung karena mendapatkan banyak ide setelah mengunjungi toko buku.

Pada seri tulisan cara menjadi penulis kali ini saya akan membahas sejumlah trik bermanfaat bagi Anda yang mau berburu ide buku di Gramedia. Tulisan kali ini tidak hanya cocok untuk Anda para penulis, Anda para blogger pun bisa memetik banyak manfaat setelah menerapkan trik-trik yang sebentar lagi akan saya bahas.

Berikut trik-trik dalam berburu ide buku di toko buku Gramedia.

Trik 1 :  Miliki dan Gunakan Gramedia Card

Gramedia cardMengapa perlu memiliki Gramedia card?

Ketika kita punya Gramedia card, kita akan mendapatkan diskon sebesar 10 % setiap kali kita memberi buku-buku terbitan grup Kompas Gramedia. Ambil contoh, Anda membeli buku saya yang berjudul 1 Juta Rupiah Pertama Anda dari Blogger. Nah, Anda akan mendapatkan diskon sebesar 10 %. Mengapa? Karena buku tersebut diterbitkan oleh Elex Media Komputindo. Elex Media Komputindo termasuk salah satu penerbit yang ada di bawah naungan grup Kompas Gramedia.

Selain Elex Media Komputindo, ada sejumlah penerbit lain yang berada di bawah naungan Kompas Gramedia. Contoh penerbit kelompok Gramedia lainnya : Gramedia Pustaka Utama, Grasindo, Penerbit Buku Kompas, dan ada beberapa lainnya.

Nah, dengan demikian sudah seharusnya kita para penulis melengkapi diri dengan Gramedia card. Lumayan lho apabila kita mendapatkan diskon 10 %. Dengan adanya diskon 10 %, kita bisa menghemat anggaran belanja buku. Nah sisa uang karena diskon tadi dapat kita gunakan untuk mendukung produktivitas kita dalam menulis. 🙂

Untuk membuat Gramedia card, Anda hanya perlu mendaftar di toko buku Gramedia tempat Anda biasa berbelanja buku. Setelah Anda punya Gramedia card, gunakan kartu tersebut untuk berbelanja buku-buku yang siap mendukung karir kepenulisan Anda.

Trik 2 : Jadikan Ajang Obral Buku Sebagai Sarana Mendulang Ide

Buku-buku obral di Gramedia.

Buku-buku obral di Gramedia.

Secara berkala, Gramedia sering mengadakan obral buku.

Selagi minat baca masyarakat Indonesia masih rendah, maka selama itu pula fenomena buku obral akan tetap ada. Fenomena buku obral ini terjadi karena penerbit tidak mampu mendukung pemasaran seluruh buku. Alhasil banyak buku yang promosinya kurang optimal. Dampaknya buku-buku tersebut menjadi tidak diketahui oleh banyak orang. Untuk membuktikan hal ini, cobalah Anda datang ke Gramedia. Anda lihat berapa banyak buku yang mendapatkan dukungan promosi secara optimal? Hasilnya bisa ditebak, tidak banyak buku yang bisa mencapai level best seller atau setidaknya laris.

Nah berkah bagi para penulis, ajang buku obral dapat kita jadikan untuk kegiatan berburu ide. Ketika Anda mendatangi sebuah pesta buku obral, Anda akan menjumpai buku-buku bagus dijual dengan harga yang sangat murah. Bahkan, saya pernah menemukan buku fotografi yang harga aslinya sekitar 140 ribu Rupiah tetapi diobral dengan harga 10 ribu Rupiah.

Buku fotografi yang harga aslinya 140 ribu Rupiah.

Buku fotografi yang harga aslinya sekitar 140 ribu Rupiah.

Buku yang sangat bagus tetapi dijual dengan harga 10 ribu Rupiah.

Buku yang sangat bagus tetapi dijual dengan harga 10 ribu Rupiah.

Cukup bermodalkan uang 100 ribu Rupiah Anda sudah bisa puas memborong buku. Buku-buku borongan Anda tadi dapat menjadi sumber-sumber ide Anda dalam menulis. Kalau Anda penulis di bidang parenting maka Anda bisa berburu buku-buku obral dalam bidang parenting. Nantinya buku-buku tersebut dapat Anda jadikan sebagai sumber ide untuk menulis. Entah itu menulis di blog atau bahkan menjadi tambahan inspirasi Anda saat menulis buku.

Trik 3 : Berbelanjalah Bersama Karyawan Kompas Gramedia

Ketika Anda ingin berbelanja buku di Gramedia, ada baiknya Anda ditemani oleh teman yang merupakan karyawan Kompas Gramedia. Mengapa? Karena karyawan Kompas Gramedia punya kartu sakti yang bisa memberikan diskon sampai 20 %. Lumayan lho diskon 20 %. Kalau kita belanja sebesar 300 ribu, diskon 20 % berarti diskon sebesar 60 ribu Rupiah. Uang 60 ribu Rupiah tadi dapat kita jadikan sebagai uang untuk makan-makan di mal. He..he.

Untuk itu, ada baiknya mulai sekarang Anda mulai berteman dengan karyawan Kompas Gramedia. Selain menambah jalinan relasi, hal tersebut bagus untuk mendukung Anda kalau mau belanja buku dengan diskon di Gramedia. Atau barangkali bila Anda beruntung, Anda mendapatkan pasangan hidup yang berkarya sebagai profesional di Kompas Gramedia. 🙂

Baiklah rekan pembaca sekalian, itulah 3 trik ampuh yang dapat Anda gunakan apabila ingin berburu ide menulis di toko buku Gramedia. Pesan yang ingin saya sampaikan dalam tulisan kali ini adalah perbanyak membaca buku. Mengapa? Dengan semakin banyak kita membaca, kita akan semakin kaya dengan wawasan. Penulis yang kaya wawasan cenderung lebih mudah dalam menemukan ide dan menulis.

Selamat berburu ide dan memborong buku di Gramedia. 🙂

Salam Super Sukses!

Jefferly Helianthusonfri

banner Kursus Bisnis Online Terlengkap

 

1 Comment

  1. James Dethan

    saya pernah kenal karyawan Gramedia yang di kota saya, artinya dia harus jadi teman akrab untuk bisa pinjam kartu saktinya… hehehe..

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *