Cara Menjadi Penulis : Manfaatkan Kompasiana.com Untuk Berlatih Menulis

Kembali lagi berjumpa dengan saya Jefferly dalam seri tulisan cara menjadi penulis. Ada banyak layanan yang dapat kita gunakan untuk berlatih menulis. Salah satu platform yang dapat kita gunakan apabila ingin berlatih menulis adalah situs Kompasiana.com. Selain dengan menggunakan sebuah blog, kita dapat berlatih menulis dengan memanfaatkan layanan situs citizen journalism. Nah, Kompasiana.com termasuk salah satu situs jurnalisme warga.

Apa saja kelebihan berlatih menulis di Kompasiana.com? Bagaimana cara supaya bisa berlatih menulis di Kompasiana.com? Temukan jawaban menariknya dalam pembahasan berikut ini.

Kompasiana.com Situs Jurnalisme Masyarakat yang Dapat Dimanfaatkan Untuk Berlatih Menulis

Kompasiana.com merupakan salah satu layanan dari grup Kompas Gramedia yang berupa situs citizen journalism. Artinya, melalui website ini, netizen (warga dan sekaligus pengguna internet) dapat melakukan praktik penulisan jurnalistik. Dengan demikian, para netizen dapat memanfaatkan Kompasiana.com sebagai sarana publikasi tulisan yang berisi analisis, opini, gagasan, ataupun praktik jurnalistik lain yang mereka lakukan.

Kompasiana.com merupakan situs citizen journalism yang paling populer di Indonesia. Setiap harinya, beragam tulisan dipublikasikan oleh para kompasianer (sebutan untuk pengguna Kompasiana.com). Mulai dari tulisan-tulisan seputar ekonomi, pendidikan, review buku, dan masih banyak lagi ragam tulisan lainnya.

Hadirnya Kompasiana.com dapat kita manfaatkan. Kompasiana.com dapat kita manfaatkan sebagai tempat berlatih menulis. Ketika tulisan kita dipublikasikan di Kompasiana.com, tulisan tersebut akan dibaca oleh para pengunjung Kompasiana.com. Begitu tulisan Anda dipublikasikan di Kompasiana.com, maka saat itu juga puluhan sampai ribuan orang lain siap menjadi pembaca tulisan Anda.

Tak hanya sekadar menyediakan tempat menulis, Kompasiana.com juga dilengkapi fitur-fitur seperti layaknya jejaring sosial. Kita bisa berteman dengan sesama Kompasianer, termasuk kita bisa mengomentari tulisan dari pengguna lain. Dengan adanya fitur-fitur semacam ini, Kompasiana.com benar-benar dapat kita manfaatkan sebagai tempat berlatih menulis. Kompasianer lain dapat menjadi orang-orang yang menilai tulisan-tulisan Anda. Selain itu, Anda juga bisa membangun jalinan pertemanan dengan sesama Kompasianer.

Salah satu tulisan saya yang masuk headline Kompasiana.com pada Desember 2014.

Salah satu tulisan saya yang masuk headline Kompasiana.com pada Desember 2014.

Bagaimana Cara Memanfaatkan Kompasiana.com?

Kompasiana.com termasuk salah satu platform yang berguna bagi seorang blogger. Setidaknya ada dua manfaat yang bisa didapatkan oleh seorang blogger yang rutin menulis di Kompasiana.com. Dua manfaat tersebut antara lain :

  • Kompasiana.com dapat dijadikan tempat berlatih menulis.
  • Kompasiana.com dapat dimanfaatkan untuk kegiatan promosi blog Anda.

Untuk poin kedua, Kompasiana.com dapat Anda manfaatkan sebagai sarana promosi blog Anda. Hanya saja, Kompasianer dilarang berpromosi produk/jasa di tulisan yang ia buat. Kendati demikian, bukan berarti kita tidak bisa memanfaatkan Kompasiana.com untuk mendongkrak popularitas profil dan blog kita. Kita dapat melakukan promosi secara terselubung di Kompasiana.com. Caranya, kita dapat mencantumkan alamat website kita di deskripsi profil akun Kompasiana.com kita.

profil KompasianaTak hanya itu, kita juga bisa mencantumkan alamat website ataupun akun Twitter kita di akhir tulisan yang kita buat di Kompasiana.com.

Jika hal ini dilakukan secara terus menerus, maka lambat laun akan semakin banyak orang yang tahu tentang website/blog Anda.

Bagaimana, Anda tertarik memanfaatkan situs Kompasiana.com? Jika Anda tertarik maka Anda dapat segera mendaftar di situs Kompasiana.com. Buat akun Anda di sana, dan mari gunakan Kompasiana.com sebagai tempat mengasah kemampuan menulis.

Salam Super Sukses!

Jefferly Helianthusonfri

kursus manajemen terlengkap

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *