Cara Menjadi Penulis : Pilih Blogger.com atau WordPress.com?

Kunci sukses menjadi seorang penulis andal adalah dengan tekun dan rutin berlatih menulis. Seiring dengan perkembangan teknologi, kita semakin dimanjakan dengan berbagai fasilitas canggih. Jika dulu seseorang berlatih menulis dengan menulis buku harian, maka kini sudah hadir teknologi yang memudahkan anak-anak muda atau siapapun untuk berlatih menulis.

Salah satu teknologi yang dapat dimanfaatkan untuk berlatih menulis adalah blog. Blog merupakan jenis web 2.0 yang kerap disebut sebagai media sosial. Berita baiknya, blog dapat dibuat dan dikelola oleh siapa saja. Anak SMP ataupun pensiunan sekalipun juga bisa membuat blog. Mereka dapat menggunakan blog sebagai sarana berlatih menulis.

Saat pertama kali membuat blog, beberapa teman bertanya pada saya. Mereka bertanya tentang layanan blog apa yang perlu mereka pakai.

Dari sekian banyak penyedia layanan blog, WordPress.com dan Blogger.com adalah dua layanan blog yang paling populer dan sekaligus paling cocok untuk pemula. Nah, dalam seri tulisan cara menjadi penulis kali ini saya akan sharing tentang layanan blog Blogger.com dan WordPress.com. Usai membaca tulisan ini, mudah-mudahan Anda semakin jelas tentang kedua layanan ini, plus Anda makin semangat untuk ngeblog.

WordPress.com dan Blogger.com, Dua Layanan Blog Paling Populer

Kedua nama ini (WordPress dan Blogger) adalah nama layanan blog yang sudah sangat akrab bagi para blogger. Blogger.com (Blogspot.com) sudah populer sejak satu dasawarsa terakhir. Hal ini tidak mengherankan sebab Blogger.com merupakan layanan dari Google. Dengan dukungan dari raksasa internet seperti Google, Blogger.com termasuk salah satu layanan blog yang paling populer dan menjadi favorit para blogger.

Selain Blogger, dikenal juga layanan blog dari WordPress.com. Sama seperti Blogger, WordPress.com juga banyak direkomendasikan untuk para pemula dalam bidang blogging. Sama-sama mudah digunakan, sama-sama praktis, keduanya menarik untuk dicoba. Hanya saja, meskipun keduanya mudah digunakan, ada sejumlah keunggulan dan kekurangan dari kedua layanan blog ini. Apa saja keunggulan dan kekurangannya?

Berikut pembahasan selengkapnya.

Keunggulan Blogger.com

Blogger.com punya beberapa keunggulan, di antaranya :

  • Relatif lebih praktis. Mengapa? Karena ketika kita membuat akun di Blogger.com, akun Blogger kita sudah terintegrasi dengan akun Google yang kita miliki. Artinya, ketika kita memiliki akun Google, kita bisa mengakses segala layanan gratis dari Google. Berbagai layanan Google seperti YouTube, Google Plus, semua dapat dinikmati dari satu akun Google. Dengan demikian, kita bisa bekerja dengan lebih praktis, tanpa harus memiliki banyak akun sekaligus.
  • Mengizinkan kita berkreasi secara lebih mendalam. Blogger.com sudah menyediakan fasilitas pendukung yang memudahkan pengguna untuk berkreasi. Kita bisa memasang beragam kode seperti HTML ataupun java script di blog kita. Dengan adanya kemudahan semacam ini, kita bisa lebih bebas untuk berkreasi di Blogger. Termasuk nantinya kita juga dapat memasang iklan di blog kita. Jadi, bagi Anda yang tertarik berbisnis iklan di blog, Anda akan terbantu apabila memakai layanan Blogger.
  • Benar-benar gratis 100 %. Semua layanan yang sudah disediakan oleh Blogger dapat kita nikmati secara gratis. Untuk menambahkan fitur khusus, kita tidak dikenai biaya.

Itulah beberapa keunggulan Blogger dibandingkan WordPress.com.

Untuk kekurangan, saya tidak menjumpai kekurangan berarti di Blogger.

Bagi Anda yang butuh panduan lengkap membangun blog dengan Blogger, dapat membaca buku saya yang berjudul 1 Juta Rupiah Pertama Anda dari Blogger.

Buku 1 Juta Rupiah Pertama Anda dari Blogger.

Buku 1 Juta Rupiah Pertama Anda dari Blogger.

Kelebihan dan Kekurangan WordPress.com

Yang menjadi kelebihan WordPress.com dari Blogger adalah WordPress menyediakan layanan blog yang lebih fokus pada kegiatan menulis. Jika di Blogger, sang blogger tidak hanya diberi kemudahan untuk menulis, tetapi sang blogger juga diberi kemudahan untuk berkreasi terhadap blognya. Dengan demikian, timbul persepsi bahwa Blogger lebih banyak dipakai oleh blogger yang ingin berkreasi. Alhasil, jika kita ingin berkreasi di Blogger, maka kita perlu pengetahuan lebih dalam bidang modifikasi dan kreasi blog.

Hal demikian tidak terjadi di WordPress. Di WordPress, pengguna diarahkan untuk lebih fokus pada kegiatan menulis. Tak heran, fitur-fitur yang disediakan oleh WordPress.com pun lebih terbatas jika dibandingkan dengan Blogger. Karena tidak diperuntukan untuk kreasi seperti di Blogger, maka untuk menggunakan WordPress juga tidak dituntut kemampuan modifikasi dan kreasi blog. Yang paling dibutuhkan adalah kemampuan menulis konten yang bagus dan bermanfaat.

Sedangkan kekurangan dari WordPress antara lain :

  • Adanya layanan berbayar untuk fitur-fitur tambahan. WordPress.com tidak 100 % gratis. Ketika kita ingin menambahkan fitur khusus seperti custom domain maka kita perlu membayar biaya ke WordPress. Custom domain adalah kegiatan mengubah alamat blog dari namablog.wordpress.com menjadi namablog.com atau namablog.net, ataupun jenis domain lainnya.
  • Fitur yang relatif lebih terbatas. Berbeda dengan Blogger, di WordPress.com kita tidak bebas untuk berkreasi. Fitur-fitur yang disediakan oleh WordPress.com relatif lebih terbatas.
  • Adanya iklan dari WordPress.com. Dalam blog-blog yang memakai layanan WordPress.com, kerap dijumpai iklan dari pihak WordPress.com sendiri. Alhasil, blog kita pun berisi iklan (meskipun hanya sedikit).
Keunggulan WordPress.com (sumber : WordPress.com)

Keunggulan WordPress.com (sumber : WordPress.com)

WordPress.com vs WordPress.org?

Selain dikenal WordPress.com, dikenal pula aplikasi (software) blog bernama WordPress.org. Apa bedanya WordPress.com dengan WordPress.org?

WordPress.com merupakan layanan blog berbasis platform. Jadi, untuk memakai layanan WordPress.com kita cukup mendaftar di situs WordPress.com lalu kita bisa memakai layanan blognya. Nah, berbeda halnya dengan WordPress.org. WordPress.org adalah sebuah aplikasi blog yang bersifat open source yang dapat dipakai oleh siapa saja.

WordPress.org sendiri berupa aplikasi (software) blog. Nah, agar dapat menggunakan aplikasi blog ini, aplikasi tersebut harus kita instal dulu di server/hosting yang kita gunakan. Dengan demikian, untuk menggunakan WordPress.org diperlukan pemahaman yang lebih dibanding hanya memakai WordPress.com.

Situs WordPress.org

Situs WordPress.org

No pain, no gain. Begitulah orang sering menyebut. Sama halnya dengan WordPress.org. Ketika kita memakai WordPress.org, ada upaya lebih yang harus kita lakukan. Kendati demikian, fitur yang tersedia di WordPress.org jauh lebih lengkap dibanding WordPress.com. Bahkan dengan WordPress.org, kita bisa berkreasi sebebas-bebasnya. Kita bisa membuat toko online, bisa membuat website forum, bisa membuat jejaring sosial, bisa membuat website membership, dan masih banyak lagi.

Bahkan, banyak internet marketer dan pelaku bisnis internet yang merekomendasikan blogger untuk memakai WordPress.org. Sebab selain gratis, fitur yang tersedia di aplikasi WordPress.org sangatlah lengkap.

Bagi Anda yang tertarik mempelajari tentang WordPress.org secara lebih mendalam, Anda dapat membaca buku-buku saya berikut ini :

  • Blog Pencetak Uang dengan WordPress (diterbitkan Elex Media Komputindo, tahun 2013).
  • Website Dahsyat Pencetak Uang dengan WordPress (diterbitkan Elex Media Komputindo, tahun 2014).
  • 1 Juta Rupiah Pertama Anda dari WordPress (diterbitkan Elex Media Komputindo, Mei 2015).

Lantas, Mana yang Harus Dipilih?

Mengenai pilihan, semua kembali kepada Anda selaku orang yang akan membangun blog tersebut. Bagi Anda yang hanya ingin fokus dalam upaya menulis blog, maka Anda dapat menggunakan WordPress.com. Hanya saja, bagi Anda yang mau lebih bebas berkreasi dengan blog, akan lebih baik apabila Anda menggunakan layanan Blogger.com.

Saat memulai blog pertama kali, saya menggunakan layanan dari Blogger.com. Hanya saja, seiring berjalnnya waktu saya tidak lagi ngeblog dengan Blogger.com. Saya lebih menyukai ngeblog dengan memakai aplikasi blog WordPress.org. Fiturnya sangat lengkap dan sangat memudahkan saya untuk berkeasi di blog. 🙂

Siap membangun blog dan berlatih menulis? 🙂

Salam Super Sukses!

Jefferly Helianthusonfri

 

banner Kursus Bisnis Online Terlengkap

1 Comment

  1. Eko Sarwono

    Saya lebih memilih wordpress org, karena lebih fleksibel untuk instal plugin ini itu, tapi kekurangannya ya jadinya ngga gratis dan harus bayar hosting 🙂

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *