Cara Mudah Untuk Belajar : ATM (Amati Tiru Menambahkan)

Bagaimana cara mudah untuk belajar?

Belajar merupakan salah satu proses yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Idealnya, setiap hari seorang manusia akan belajar hal baru yang dapat meningkatkan kualitas kehidupan mereka. Untuk bisa menjadi sukses kita perlu belajar dari orang-orang sukses. Lantas, bagaimana cara untuk belajar? Bagaimana cara supaya kita bisa belajar dengan optimal?

Melalui tulisan kali ini saya akan membagikan rahasia belajar. Saya akan bongkar cara supaya kita bisa belajar dengan baik. Dan, yang lebih kerennya, teknik ini saya pelajari langsung dari Pak Mario Teguh. Seperti apa tekniknya? Bagaimana cara mudah untuk belajar? Temukan jawabannya dalam sajian menarik kali ini.

Cara Belajar yang Saya Pelajari dari Mario Teguh

Saya termasuk anak muda yang beruntung. Mengapa? Karena saat saya masih dalam usia-usia perkembangan (khususnya saat remaja) sudah ada program televisi yang menurut saya sangat mendidik. Program tersebut adalah Mario Teguh Golden Ways. Saya pertama kali menonton Mario Teguh Golden Ways (MTGW) saat duduk di bangku kelas VII SMP. Waktu itu saya bisa menonton MTGW karena ayah saya menyarankan saya menonton acara tersebut. . Begitu pertama kali menonton MTGW saya langsung menyukai acara tersebut. Sejak saat itulah saya selalu menantikan program MTGW.

Lebih kerennya, waktu itu Mario Teguh Super Club mengadakan sebuah pelayanan yang sangat luar biasa. Bentuk pelayanannya seperti ini. Waktu itu siapapun bisa mengajukan pertanyaan ke Pak Mario Teguh. Pertanyaan tersebut dapat diajukan dengan mengirimkan pertanyaanya lewat Facebook kepada tim Mario Teguh Super Crew. Tidak menyia-nyiakan kesempatan tersebut, saya pun mengirimkan pertanyaan kepada salah satu tim Mario Teguh Super Crew. Kalau tidak salah, waktu itu pertanyaan saya cukup abstrak. Saya bertanya tentang bagaimana cara menjadi sukses.

Dan, beruntungnya saya, pertanyaan saya tadi dibalas oleh jawaban langsung dari Pak Mario Teguh. Jawaban tadi dikirimkan oleh anggota Mario Teguh Super Crew ke Facebook saya secara langsung. Poin paling penting yang saya ingat dari jawaban tersebut adalah kalau kita mau sukses maka kita dapat belajar dengan cara ATM.

Apa itu ATM?

ATM adalah amati, tiru, dan menambahkan.

Konsep belajar ATM ini sangatlah sederhana. Kita dapat belajar dengan cara mengamati orang lain yang sudah sukses, meniru upaya dan metode yang mereka gunakan, dan kemudian kita menambahkan keunggulan/ciri khas yang kita miliki ke dalam proses tersebut. Meskipun ini adalah konsep sederhana, dampak dari penggunaan konsep ini tidaklah sederhana. Saya sudah membuktikan konsep ini dalam berbagai kasus kehidupan.

Pertama Kali Menulis Buku Saya Pakai Konsep ATM

Cover buku pertama saya (Membangun Toko Online dengan Blogger).

Cover buku pertama saya (Membangun Toko Online dengan Blogger).

Saat pertama kali menulis buku saya menggunakan konsep ATM dalam membuat outline buku tersebut. Buku pertama saya berjudul Membangun Toko Online dengan Blogger. Sewaktu pembuatan outline buku ini, saya mengamati, meniru, dan memodifikasi (plus menambahkan) outline buku toko online lain. Kisah saya membuat outline dengan cara ATM ini dapat Anda baca di tulisan berikut : Cara Menjadi Penulis : Cara Membuat Kerangka Karangan Buku Anda.

Konsep ATM sangat memudahkan seorang pemula untuk belajar hal baru. Contohnya seperti yang saya lakukan. Saat menerapkan konsep ATM usahakan untuk mengamati dan meniru orang-orang yang sudah lebih berhasil dari kita. Bisa juga kita meniru dan belajar dari mentor kita. Nah, setelah proses meniru dan mengamati itulah baru kita melakukan proses modifikasi agar karya kita menjadi karya yang berbeda dengan karya lain yang sudah ada. Saat memodifikasi kita juga bisa menambahkan ciri khas kita yang tidak dimiliki oleh orang lain.

Menerapkan Konsep ATM Dalam Bisnis Online

Apakah bisa konsep ATM diterapkan dalam bisnis online? Tentu saja bisa. Konsep ATM dapat diterapkan dalam berbagai bidang pembelajan. Bagaimana cara menerapkan konsep ATM dalam bisnis online?

Anda dapat menerapkan konsep ATM ketika Anda membangun sebuah bisnis online. Ambil contoh Anda ingin membangun blog tentang fotografi. Nah, Anda dapat mengamati dan meniru blog-blog fotografi yang sudah lebih dulu ada. Anda dapat melakukan riset untuk mencari tahu siapa saja kompetitor Anda. Anda dapat memanfaatkan pencarian Google untuk mencari tahu blog-blog lain yang sudah lebih sukses dari blog Anda.

Setelah Anda menemukan blognya, Anda dapat mengamati blog tersebut. Cari tahu apa saja keunggulan blog tersebut. Pelajari bagaimana sang blogger membuat konten. Pelajari juga model bisnis dari blog tersebut.

Jika Anda sudah mempelajari berbagai poin keunggulan dari blog tersebut, Anda dapat meniru metode-metode berhasil yang sudah dipakai oleh blog pesaing tadi. Silakan tiru dan terapkan teknik dan metode tadi dalam blog yang akan Anda bangun. Seiring berjalannya waktu, sambil mengembangkan blog Anda, Anda dapat menambahkan ciri khas (diferensiasi) yang tidak dimiliki oleh blog pesaing Anda. Dengan demikian, blog Anda akan punya poin keunggulan.

Tidak hanya dapat diterapkan untuk blog, konsep ATM juga bisa diterapkan untuk jenis produk lainnya. Anda dapat mengamati dan meniru bagaimana cara kompetitor menempatkan produk, bagaimana cara mereka melayani konsumen, dan lain sebagainya. Kalau Anda mau membangun cafe atau tempat nongkrong maka Anda bisa belajar mengamati dan meniru konsep-konsep dari Starbucks ataupun tempat nongkrong yang keren dan berhasil lainnya.

 

Ilustrasi sebuah cafe.

Ilustrasi sebuah cafe.

Dengan demikian, apabila ingin menerapkan konsep ATM berikut kiat-kiatnya.

  • Cari tahu orang/organisasi terbaik yang dapat ditemukan dalam bidang Anda. Contohnya kalau Anda mau bangun cafe, Anda bisa belajar dari Starbucks. Kalau Anda mau belajar menjadi motivator, maka Anda bisa belajar dari Mario Teguh.
  • Amati dan tiru orang/oraganisasi tadi. Ya betul, kita perlu mengamati dan mencari tahu metode/cara seperti apa yang dipakai oleh orang/organisasi yang sukses tadi. Setelah kita tahu metodenya seperti apa, maka tirulah metode tersebut.
  • Lalu lakukan diferensiasi dengan menambahkan keunikan Anda. Setelah mengamati dan meniru metodenya, maka tambahkanlah ciri khas Anda. Ciptakan diferensiasi. Nah, untuk menciptakan diferensiasi inilah diperlukan kreativitas.

Jadi, jika ditanya bagaimana cara mudah untuk belajar maka saya akan menyarankan Anda memakai metode ATM. Semoga bermanfaat.

Salam Super Sukses!

Jefferly Helianthusonfri

kursus pengembangan diri terlengkap

 

1 Comment

  1. abdul

    mantap tulisannya jd ingin belajar ATM.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *