Inilah 3 Kemampuan yang Membuat Anda Bisa Punya Passive Income

Pendidikan merupakan sebuah proses kehidupan yang sangat penting. Dengan pendidikan, seseorang diharapkan akan makin terdidik dan dewasa. Salah satu tujuan pendidikan adalah menjadikan seseorang menjadi lebih mampu. Ketika seseorang menjadi lebih mampu, mereka akan punya kemampuan. Yang mana, kemampuan tadi dapat dijadikan sebagai modal untuk berkarir.

Di Kaskus.co.id, saya pernah menjumpai sebuah posting yang menjelaskan bahwa kuliah IT (Informasi Teknologi) merupakan sebuah kesia-siaan belaka. Pendapat ini semakin dikuatkan dengan sejumlah hal, seperti :

  • Skill-skill IT (seperti : programming, pembuatan website, pembuatan aplikasi) dapat dipelajari secara otodidak.
  • Ada sebagian lulusan IT yang minim skill (skill tidak sesuai dengan pendidikan yang telah ia tempuh).

Dua fenomena di atas makin menjadikan pendapat bahwa kuliah IT itu sia-sia menjadi sebuah pendapat yang benar.

Kendati demikian, saya tidak setuju bahwa kuliah IT itu sia-sia. Mengapa? Karena bagi saya, yang salah adalah pribadinya, bukan kuliahnya. πŸ™‚ Dalam keseharian saya menjalankan bisnis online dan startup, saya menjumpai banyak anak IT yang punya kemampuan. Mereka jelas kuliah IT, tetapi mereka punya kemampuan yang layak diacungi jempol. Oleh sebab itu, saya berani mengatakan bahwa “kuliah IT itu sia-sia” belum tentu benar 100 %. πŸ™‚

Bicara soal kemampuan (skill), ada 3 skill yang bila kita kuasai maka kita bisa mendapatkan passive income. Ketiga skill ini sangat perlu dimiliki oleh para generasi muda. Apa saja ketiga skill tersebut? Apakah kemampuan programming juga termasuk?

Dengan memiliki 3 kemampuan ini, seseorang akan punya kemampuan yang lebih unggul dibanding pesaing-pesaing mereka. Tak hanya sekadar menjanjikan passive income, 3 kemampuan ini juga bisa menjadikan Anda bisa bekerja dari mana saja secara fleksibel.

Langsung saja, inilah 3 kemampuan yang bisa menjadikan Anda punya passive income.

Kemampuan 1 : Menulis

Memiliki kemampuan menulis yang baik memungkinkan Anda berkarir di beragam profesi. Penulis, editor, dan copywriter merupakan contoh profesi yang sangat mengandalkan kemampuan menulis. Berita baiknya, kemampuan menulis ini dapat dipelajari secara otodidak. Jadi, Anda tidak wajib repot-repot kuliah ilmu komunikasi untuk menjadi andal dalam bidang menulis. Sama seperti kemampuan lainnya, kemampuan menulis akan semakin bertumbuh jika dilatih secara terus menerus.

Berikut contoh cara-cara menghasilkan passive income dari menulis.

  • Menulis dan menerbitkan buku. Setelah buku Anda terbit dan beredar luas, jadikan buku tersebut menjadi best seller. Ketika buku Anda mencapai level best seller, Anda akan menerima passive income yang besar.
  • Menjual jasa menulis. Bagi Anda yang punya kemampuan menulis, Anda dapat menjual jasa yang berkaitan dengan dunia menulis. Contoh profesi yang menjajakan jasa yang berkaitan dengan dunia menulis : copywriter, konsultan penulisan dan penerbitan buku, dan ghostwriter.
  • Membuat dan kemudian menjual ebook. Prinsip kerja seorang penulis ebook mirip seperti seorang penulis buku. Ia akan membuat buku dalam bentuk versi digital. Berikutnya ebook tersebut dapat dijual di Internet. Entah itu melalui website kita sendiri, melalui situs marketplace produk digital (seperti Clickbank.com), ataupun melalui situs ebook publishing seperti KDP Amazon.
Situs KDP Amazon.

Situs KDP Amazon.

  • Membangun blog yang ramai dan monetisasi blog tersebut. Profesi blogger termasuk salah satu profesi yang sangat mengandalkan kemampuan menulis. Oleh sebab itu, kalau Anda suka dan punya kemampuan menulis, Anda juga bisa menghasilkan passive income dengan memanfaatkan blog Anda.

Selain dapat dijual, kemampuan menulis juga penting bagi karir Anda. Profesional yang andal dalam bidang menulis cenderung lebih mudah mendapatkan kenaikan posisi. Mengapa? Karena kemampuan menulis yang baik merupakan representasi dari kemampuan berpikir yang baik. Tidak mungkin seorang bisa menulis dengan baik kalau pikirannya kacau.

Lantas, bagaimana supaya bisa segera memiliki kemampuan menulis?

Kunci agar bisa memiliki kemampuan menulis yang andal adalah dengan terus berlatih. Dari mana mulai berlatihnya? Saran pertama yang dapat diterapkanΒ  adalah dengan menjadikan diri Anda sebagai seorang pembaca yang tekun. Semakin banyak buku yang kita baca maka kita akan memiliki banyak wawasan. Tak sekadar wawasan, kita juga akan tahu seperti apa pola kalimat yang tepat dan gaya bahasa seperti apa yang harus dipakai saat menulis.

Anda dapat belajar menulis di kursus online KeajaibanMenulis.com.

Kemampuan 2 : Programming

Kemampuan programming merupakan salah satu kemampuan yang sangat penting di masa depan. Mereka yang memiliki kemampuan programming dapat bekerja di bidang yang berkaitan dengan dunia teknologi. Seperti yang kita ketahui, bahwa di masa depan seluruh aspek kehidupan akan bergantung pada teknologi. Dengan demikian, kemampuan pemrograman akan sangat diperlukan.

Anda yang memiliki kemampuan programming dapat membuat berbagai aplikasi ataupun produk teknologi. Selanjutnya, aplikasi ataupun produk teknologi tadi dapat dijual. Dari kegiatan semacam itu, Anda bisa mendapatkan passive income. Salah satu teman saya, seorang mahasiswa IT dapat menghasilkan passive income dengan membuat dan kemudian menjual aplikasi pendukung Facebook marketing. Ia memiliki website PenjajahFb.com. Melalui website ini, ia dan timnya menyediakan aplikasi yang memudahkan seseorang melakukan kegiatan Facebook marketing. Nah, bagi para marketer yang ingin menggunakan aplikasi tadi, mereka harus membayar biaya lisensi.

Biaya lisensi inilah yang menjadi passive income teman saya. πŸ™‚

Situs PenjajahFb.com.

Situs PenjajahFb.com.

Menarik kan?

Tidak hanya demi sekadar menjual aplikasi, kemampuan programming juga memungkinkan Anda menjadi pribadi yang sangat bermanfaat. Dengan kemampuan yang Anda miliki, Anda dapat membuat aplikasi ataupun produk teknologi yang memudahkan hidup banyak orang. Lihatlah Mark Zuckerberg. Salah satu pendiri Facebook ini merupakan programmer yang sudah memberi banyak manfaat untuk dunia.

Mark Zuckerberg, salah satu orang terkaya di dunia yang punya kemampuan programming. (Sumber gambar : theimperic.com).

Mark Zuckerberg, salah satu orang terkaya di dunia yang punya kemampuan programming. (Sumber gambar : theimperic.com).

Sama seperti kemampuan menulis, kemampuan programming juga dapat dipelajari secara otodidak. Bagi Anda yang benar-benar menyukai dunia teknologi, investasikan waktu, tenaga, dan uang Anda untuk memperdalam kemampuan dalam bidang programming. Siapa tahu, salah satu dari kita menjadi the next Bill Gates ataupun Mark Zuckerberg. πŸ™‚

Kemampuan 3 : Marketing dan Selling

Kemampuan ketiga yang sangat diperlukan agar bisa menghasilkan passive income adalah kemampuan pemasaran dan penjualan. Ketika kita membicarakan tentang passive income, maka sudah pasti akan berkaitan dengan bisnis. Ketika membicarakan soal bisnis, maka jelas tidak akan lepas dari kemampuan marketing dan selling.

Seseorang yang andal dalam marketing (dan selling tentunya) bisa bekerja dari mana saja dan di perusahaan apa saja. Coba bayangkan, apakah ada perusahaan yang tidak butuh kemampuan marketing?

Jelas tidak ada. Lha wong namanya perusahaan, ya pasti jualan.

Kalau mau jualan tetapi ndak bisa marketing dan selling, mau jualan pakai apa? πŸ˜€

Anda yang memiliki kemampuan marketing dan selling termasuk orang yang sangat-sangat beruntung. Mengapa? Karena kemampuan Anda akan sangat bermanfaat. Anda dapat menjual kemampuan marketing dan selling tersebut ke perusahaan. Anda akan dibayar mahal apabila Anda mampu menjadi figur yang membantu meledakkan penjualan produk perusahaan. Bahkan, bisa saja Anda menjadi seorang CEO perusahaan nasional atau bahkan multinasional karena Anda sangat kapabel dalam bidang marketing dan bisnis. Dengan demikian, impian untuk dibayar dengan gaji senilai ratusan ribu dollar dalam setahun bisa menjadi kenyataan.

Jika Anda tidak ingin berkarir di perusahaan, Anda dapat merintis bisnis sendiri. Sudah tentu kunci agar bisnis Anda tetap hidup adalah perusahaan Anda dapat melakukan penjualan. Anda dapat menjadikan kemampuan marketing dan selling sebagai modal kuat untuk meningkatkan penjualan produk Anda.

Lagi-lagi, berita baiknya kemampuan marketing dan selling ini dapat dipelajari secara otodidak. Bahkan, Anda tidak harus kuliah untuk bisa jago marketing dan selling. Apabila Anda ingin punya kemampuan marketing dan selling yang andal, sudah tentu Anda harus praktik langsung di lapangan. Anda harus berjualan. Tidak ada cara lain untuk belajar kecuali jualan. Kita boleh saja membaca buku-buku marketing yang sangat dahsyat dari Tung Desem Waringin, Seth Godin, Philip Kotler, ataupun Hermawan Kartajaya, tetapi ujung-ujungnya kita tetap harus praktik jualan. πŸ™‚

Rekan pembaca sekalian, itulah 3 kemampuan yang sangat perlu dimiliki apabila Anda ingin menghasilkan passive income. Ketika Anda punya kapabilitas dan kompetensi dalam salah satu dari tiga bidang di atas, dapat dipastikan Anda bisa punya passive income. Tulisan ini sekaligus menjadi pesan bagi para orang tua. Jika Anda sudah menjadi orang tua maka pastikan buah hati Anda dibekali dan dididik agar memiliki setidaknya salah satu dari 3 kemampuan di atas.

Salam Super Sukses!

Jefferly Helianthusonfri

banner Kursus Bisnis Online Terlengkap

 

 

12 Comments

  1. Setuju sama bagian marketingnya.
    Sekarang “semua orang adalah sales/marketing”.

    Paling tidak menjual kemampuan diri misalnya pada saat interview..

    Salam kenal
    Luki transwish

  2. randy yanuar

    Ada satu lagi gan yang bisa kita punya passive income.. yaitu Designing.

    Designer bisa ngejual Design template, baik itu dijual sendiri atau melalui web org lain seperti graphicriver.net atau themeforest.net dll

  3. honda bogor

    dengan membaca web ini jadi terbuka pemikiran saya, terima kasih

  4. arif budianto

    kami yang di daerah tidak bisa memiliki kemampuan seperti tersebut diatas tetapi yang memerlukan kemampuan membaca situasi dan memelihara komunikasi sehingga peluang yang ada bisa kita dapatkan dan dari situ kita pun bisa mendapatkah hasil secara passive income dengan nilai yang tidak sedikit. Contohnya saya, saya mempunyai beberapa kapling lahan kelapa sawit yg yang dikelola oleh profesional dibidangnya sehingga kita tidak perlu mengerjakan tetapi kita tiap bulan menerima hasil rutin dan kerja utama sementara masih dijalani dan walau kita dipindah2 tugas kita tidak pusing bahkan kita bisa berpetualag/berwisata tanpa rasa was-was karena bulan depannya akan ada hasil yang tetap/rutin diterima.

  5. Passive07 (Post author)

    @Arif Budianto. Pada dasarnya kemampuan apapun bisa dipelajari dan dimiliki oleh siapapun. Selagi orang tersebut mau belajar dan mengupayakannya. Saya juga bisa dibilang orang daerah. Saya lahir dan besar di Lubuklinggau (Sumatera Selatan). Namun saya bersyukur bisa jadi penulis di salah satu penerbit besar di Jakarta. Apalagi sekarang sudah zamannya internet, anak muda dari seluruh dunia bisa belajar kemampuan apapun yang mereka inginkan. πŸ™‚

    Mengenai sharing pengalaman dari Bapak saya sangat mengapresiasi dan menyukainya. Betul bahwa ada banyak peluang di sekitar kita. Tentu keberhasilan kita dalam memanfaatkan peluang tersebut tidak akan lepas dari kemampuan kita untuk menjual ataupun menawarkan aset/potensi yang kita miliki.

  6. dwi samodra

    Sip deh! Saya Jadi lebih semangaaattt belajar komputer programing!!!!

  7. HIPNOTERAPI BANJARMASIN

    setujuuu….genrasi muda harus punya kemampuan tsb. sukses jeff

  8. abdul

    bagus,,,tulisannya buat saya yang sedang belajar menulis.lanjut mas jeff

  9. Wadiyo

    Mantap informasinya,
    apa langkah kreatif untuk menjadi penulis terkenal ya Mas?
    thanks

  10. masandi wibowo

    sebenarnya masih ada lagi mas, kemampuan desain grafis, adik saya yang bisa desain menggunakan photoshop dan ilustrator, karena keahliannya banyak tawaran job dari perusahaan-perusahaan dan bahkan instansi pemerintahan.
    by the way thanks infonya mas.

  11. Passive07 (Post author)

    @Wadiyo. Kalau bicara soal terkenal, saya juga belum tahu dan belum sampai di tahap itu, Pak. πŸ™‚

    Barangkali caranya dengan terus mempromosikan karya kita. Plus mendapatkan banyak publikasi dari media. Minimal bisa kita mulai dengan menggencarkan promosi lewat channel-channel yang kita miliki, seperti melalui media sosial, blog/web kita sendiri.

  12. Passive07 (Post author)

    @Masandi Wibowo. Setuju Pak, kemampuan desain grafis juga skill yang amat bagus kalau kita kuasai di era digital. Sebab di era digital, desain dan visual merupakan sesuatu yang sangat penting. Alhasil, permintaan terhadap mereka yang punya skill desain justru terus meningkat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *