Inilah 5 Cara Menghasilkan Passive Income dari Blog

Blog merupakan salah satu fasilitas yang dapat kita gunakan untuk meraih passive income. Pada dasarnya sebuah blog bukanlah model bisnis, blog hanyalah sebuah alat yang dapat kita gunakan untuk menghasilkan passive income. Sekadar memiliki sebuah blog tidak akan menjadikan kita memiliki passive income.

Lantas, bagaimana supaya blog yang kita miliki dapat menghasilkan passive income?

Sudah tentu jawabannya adalah blog tersebut perlu dimonetisasi.

Apa itu monetisasi? Monetisasi adalah cara menghasilkan uang dari suatu hal yang Anda miliki. Ambil contoh Anda memiliki rumah kosong di daerah Gading Serpong, lalu rumah tersebut Anda sewakan kepada mahasiswa yang berkuliah di Universitas Multimedia Nusantara. Setelah beberapa waktu, rumah tersebut disewa dan orang membayar sewa untuk mengontrak di rumah Anda.  Nah, sampai di situ Anda sudah memonetisasi rumah kosong yang Anda miliki.

Dengan demikian, istilah monetisasi blog mengacu kepada upaya dan metode yang kita lakukan untuk menghasilkan uang dari blog yang kita miliki. Nah, bagaimana cara memonetisasi blog kita? Berikut cara-caranya.

1. Sewakan Ruang Iklan di Blog Anda

Ketika blog Anda memiliki trafik yang tinggi, maka Anda terbuka peluang bagi Anda untuk menghasilkan uang dari iklan. Ambil contoh, dalam sehari blog Anda dikunjungi oleh 10.000 orang. Nah dengan trafik sebesar itu, Anda bisa menyediakan ruang iklan untuk disewakan kepada para pengiklan. Jika Anda memilih model bisnis ini maka Anda harus menyediakan slot iklan di blog, lalu slot iklan tersebut disewakan dengan harga tertentu. Anda yang menerapkan model bisnis ini akan berlaku seperti layaknya seorang pebisnis media yang menghasilkan uang dari iklan.

Selain dengan menyewakan ruang iklan, ada alternatif lain yang dapat Anda lakukan. Alternatif tersebut adalah Anda bekerja sama dengan penyedia layanan iklan PPC. Apa itu PPC? PPC adalah singkatan dari Pay Per Click. Pay Per Click adalah sebuah model periklanan di mana pemasang iklan hanya perlu membayar ketika iklannya diklik. Ambil contoh, Anda beriklan di suatu penyedia layanan PPC. Harga per klik iklan adalah 1000 Rupiah. Nah dalam satu bulan iklan Anda diklik oleh 1000 orang. Itu artinya Anda membayar biaya iklan sebesar 1000 x 1000 = 1.000.000 Rupiah.

Ketika Anda menampilkan iklan PPC di blog, maka Anda akan dibayar dengan sejumlah komisi. Besarnya komisi tergantung dari banyaknya klik yang terjadi pada iklan yang Anda tampilkan di blog. Semakin banyak klik yang didapat oleh iklan Anda maka akan semakin besar komisi yang bisa Anda dapatkan. Hanya saja, iklan tadi hanya boleh diklik oleh pengunjung blog (Anda tidak boleh melakukan klik iklan).

Berikut ini sejumlah penyedia layanan iklan PPC yang populer : Google AdSense, Infolinks, dan IdBlogNetwork.

2. Pasarkan Produk-Produk Afiliasi

Dalam internet marketing, dikenal istilah affiliate marketing (pemasaran afiliasi).

Pemasaran afiliasi merupakan sebuah model pemasaran di mana Anda dapat memasarkan produk seseorang, lalu ketika Anda berhasil menjual produk tadi maka Anda akan mendapatkan komisi penjualan. Penjelasan lebih detail tentang pengenalan affiliate marketing dapat Anda pelajari di video berikut.

Nah, melalui blog Anda dapat menjalankan pemasaran afiliasi. Blog tersebut dapat Anda gunakan untuk memasarkan produk-produk afiliasi. Ketika produk-produk tersebut terjual maka Anda akan mendapatkan bayaran dari pemilik produk. Contoh blog yang menerapkan model bisnis semacam ini : CaraMemulaiBisnis.info.

Bagi Anda yang tertarik belajar affiliate marketing secara lebih mendalam, Anda dapat mengikuti training affiliate marketing gratis di sini.

3. Jual Ebook Melalui Blog Anda

Bagi Anda yang sudah sejak lama mengimpikan bisa menjadi seorang penulis maka Anda bisa memulai dengan menerbitkan buku Anda dalam bentuk ebook. Dalam beberapa hal, bisnis ebook lebih mejanjikan dibanding menjadi seorang penulis buku. Mengapa? Karena potensi profit dari bisnis ebook jauh lebih besar dibanding menjadi seorang penulis buku. Seorang penulis buku dibayar hanya dengan royalti. Besarnya royalti seorang penulis adalah 10 %. Jadi, jika buku Anda dijual dengan harga 40.000 Rupiah, Anda hanya akan mendapatkan royalti sebesar 4000 Rupiah untuk setiap eksemplar buku Anda yang terjual.

Lain halnya bila Anda berbisnis ebook. Ketika ebook Anda laku terjual maka seluruh keuntungan akan menjadi milik Anda. Mengapa? Karena untuk menerbitkan ebook tidak dibutuhkan ongkos produksi yang mahal. Anda tidak perlu biaya cetak, tidak perlu biaya pengiriman.

Di luar negeri (seperti di Amerika Serikat) adalah hal yang wajar ketika seorang blogger memonetisasi blognya dengan menjual ebook lewat blog tersebut. Contoh blogger yang menerapkan model bisnis ini misalnya Darren Rowse.

4.  Jual Kursus Online

Bisnis kursus online termasuk salah satu bisnis yang menarik dan menjanjikan passive income. Anda dapat menggunakan blog Anda untuk memasarkan kursus online milik Anda. Ketika Anda memiliki kemampuan yang andal dalam suatu bidang, Anda dapat menjadi mentor bagi orang lain yang ingin belajar keahlian Anda. Anda dapat membuka sebuah kursus online. Ketika Anda membuka kursus online Anda akan memiliki kursus seperti layaknya kursus di dunia nyata. Hanya saja, materi pembelajaran dalam kursus online Anda disampaikan lewat media internet.

Bisnis kursus online termasuk salah satu bisnis online yang saya jalankan. Salah satu kursus online milik saya adalah situs BelajarIklandiFacebook.com. Melalui situs ini saya menyediakan panduan lengkap untuk pemula yang ingin belajar Facebook Ads (belajar beriklan di Facebook). Materi pembelajarannya saya sediakan dalam bentuk video. Dengan demikian, peserta kursus bisa mendownload materi tersebut, kemudian mempelajarinya darimanapun dan kapanpun.

Di Amerika Serikat, model bisnis kursus online (courses) semacam ini sudah cukup populer. Salah satu contoh bisnis kursus online misalnya Learningguitarnow.com.

Situs http://www.learningguitarnow.com/.

Situs http://www.learningguitarnow.com/.

Bagaimana dengan di Indonesia? Di Indonesia, pasar untuk bisnis kursus online terus tumbuh meskipun masih tetap memerlukan waktu sampai pasar betul-betul siap. Kendati demikian, mulai banyak dijumpai pemain-pemain dalam bisnis kursus online di Indonesia. Dalam beberapa tahun terakhir, ragam produk yang dijual dalam bentuk kursus online di Indonesia semakin bertambah. Mulai dari topik kehidupan suami istri, panduan untuk hamil, panduan relationship, marketing, bisnis, dan masih banyak lagi.

5.  Jual Barang Secara Online Lewat Blog Anda

Bisnis jualan online termasuk salah satu model bisnis yang dapat diubah jadi sumber passive income. Ketika Anda punya sebuah blog yang populer, maka blog tersebut dapat Anda manfaatkan untuk menjual barang-barang yang berkaitan dengan topik blog Anda. Ambil contoh Anda punya blog tentang dunia anak muda, maka blog tersebut dapat Anda gunakan untuk menawarkan produk sepatu berciri khas anak muda dengan brand Anda. Pengunjung blog Anda dapat menjadi pembeli produk Anda.

Hanya saja, agar bisa memiliki passive income maka Anda perlu membangun sistem operasional yang bisa berjalan otomatis tanpa kehadiran Anda. Cara agar bisnis jualan online Anda menjadi sumber passive income adalah Anda perlu mempekerjakan customer service untuk menangani pesanan-pesanan produk Anda. Untuk aspek lain seperti pengiriman barang ataupun pemasaran juga dapat Anda delegasikan kepada karyawan Anda. Dengan demikian, Anda memiliki sistem yang bisa menghasilkan uang tanpa perlu kehadiran Anda dalam proses operasional.

Itulah 5 cara ampuh untuk Anda yang ingin menghasilkan passive income dari blog. Apapun model bisnis yang Anda pilih, FOKUS lah dan berjuang sekuat tenaga agar Anda sukses dalam model bisnis tersebut. Jangan mudah tergiur dengan iming-iming cepat kaya atau dapat uang dengan instan. Membangun kesuksesan bisnis online butuh proses dan kerja keras.

Salam Super Sukses!

Jefferly Helianthusonfri

 

Sumber gambar : communitytable.com.

banner Kursus Bisnis Online Terlengkap

3 Comments

  1. artikel kesehatan tubuh

    super sekali.. ini yang saya cari, tentang dasar-dasar membuat blog agar bisa menjadi blog yang menghasilkan uang…dan uang…

  2. Maksum Zakaria

    Pembelajaran yang bagus untuk kita yang mau mencoba bisnis on line.

  3. kechup78

    penjelasannya bagus banget dan dapat dimengerti, thanks atas infonya sangat berguna.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *