Inilah 5 Profesi yang Memungkinkan Ibu Rumah Tangga Meraih Passive Income

Kemajuan teknologi benar-benar memudahkan kehidupan manusia. Salah satu dampak dari kemajuan teknologi adalah semakin banyak profesi yang pekerjaannya dapat dilakukan tanpa perlu terikat dengan jam kantor. Tak heran, saat ini semakin banyak orang yang dapat berkarir dari rumah.

Bisa berkarir dari rumah barangkali sudah menjadi impian sebagian besar ibu rumah tangga. Ibu rumah tangga kerap kali dihadapkan pada dilema antara memilih karir di kantor atau berkarir dari rumah sehingga bisa mengurus buah hati dan suami dengan totalitas. Namun demikian, kini para ibu rumah tangga tak perlu kuatir sebab internet telah memungkinkan mereka untuk bisa berkarir dari rumah.

Dalam tulisan ini saya akan membahas 5 profesi yang dapat dijalankan secara fleksibel sehingga ibu rumah tangga bisa punya passive income. Syukur-syukur pendapatan sang ibu rumah tangga bisa lebih besar daripada sang suami. He..he.

Inilah lima profesi yang memungkinkan ibu rumah tangga bisa meraih passive income.

1. Penulis

Bagi Anda yang sejak kecil bercita-cita menjadi penulis, maka barangkali sekaranglah saatnya Anda mewujudukan cita-cita tersebut. Ada banyak penulis-penulis wanita yang sukses, sebut saja seperti J.K. Rowling, Dee Lestari, Alberthiene Endah, dan masih banyak lagi. Mereka adalah wanita-wanita hebat yang sukses berkarir dalam dunia menulis.

Dewi Lestari seorang penulis wanita yang sukses.

Dewi Lestari seorang penulis wanita yang sukses.

Salah satu karya Dewi "Dee" Lestari.

Salah satu karya Dewi “Dee” Lestari.

Mimpi Sejuta Dolar (salah satu buku yang ditulis oleh Alberthiene Endah)

Mimpi Sejuta Dolar (salah satu buku yang ditulis oleh Alberthiene Endah)

Profesi penulis merupakan profesi yang fleksibel. Mengapa? Karena profesi ini dapat dijalankan dari mana saja, tanpa perlu terikat jam kantor. Anda bisa menulis di pagi hari, Anda bisa menulis saat malam hari, Anda bisa menulis di siang hari, Anda punya waktu yang dapat digunakan secara fleksibel.

Untuk menjadi seorang penulis, tentu perlu memiliki kemampuan menulis. Kendati demikian, tak perlu kuatir sebab kemampuan menulis dapat dipelajari dan dilatih. Bagi Anda yang sudah punya kebiasaan membaca maka dapat dipastikan Anda akan lebih mudah untuk mempelajari kemampuan menulis.

Ini dia artikel yang perlu Anda baca kalau Anda mau berkarir sebagai seorang penulis : Bagaimana Cara Mendapatkan Passive Income dari Royalti ?

2. Pemilik Rumah Kos

asetPemilik rumah kos merupakan salah satu profesi yang menjanjikan passive income dalam jumlah lumayan besar. Jika Anda memiliki sebuah rumah kosong di lokasi yang strategis, rumah tersebut dapat Anda sewakan untuk karyawan ataupun mahasiswa. Ketika Anda menjadi pemilik rumah kos, Anda dapat bekerja sama dengan asisten rumah tangga yang nantinya akan bertanggung jawab terhadap operasional rumah kos Anda.

Jika saat ini Anda belum punya properti untuk disewakan, maka ada baiknya mulai hari ini Anda dan suami segera menabung agar di masa depan Anda dan suami dapat membeli properti yang kemudian bisa disewakan. Mengenai properti, akan lebih baik kalau Anda bisa mendapatkan properti yang strategis. Contoh lokasi properti yang strategis misalnya : properti dekat kampus, properti dekat kantor/pusat bisnis.

3.  Blogger

Bagi Anda ibu rumah tangga yang gemar menulis, Anda dapat mencoba menjadi seorang blogger. Blogger adalah sebutan untuk orang yang punya dan mengelola sebuah blog di internet. Profesi seorang blogger berkaitan dengan dunia tulis menulis. Seorang blogger akan membuat blog dan melalui blog tersebutlah ia akan menulis hal-hal yang berkaitan dengan bidang kompetensi/minatnya. Contoh profesi blogger ya seperti yang sedang saya jalankan ini. Saya membuat blog JagoanPassiveIncome.com, lalu di blog inilah saya menulis tentang passive income dan cara menjadi lebih kaya.

Lantas, darimana sumber pendapatan seorang blogger?

Seorang blogger bisa mendapatkan penghasilan dari beragam cara. Salah satu model bisnis blog yang paling populer adalah bisnis periklanan. Seorang blogger yang blognya ramai dapat menyewakan ruang iklan di blognya. Nantinya, pemasang iklan yang tertarik dapat membayar biaya sewa iklan di blog tersebut. Semakin ramai blog yang Anda miliki maka semakin tinggi harga iklan yang bisa Anda tawarkan untuk pemasang iklan.

Selain dengan menyewakan ruang iklan, seorang blogger juga bisa mendapatkan income dengan bekerja sama dengan penyedia layanan iklan PPC (Pay Per Click). Contoh penyedia layanan iklan PPC yang populer misalnya : Google AdSense.

Berita baiknya, profesi blogger ini bisa dikerjakan secara fleksibel tanpa perlu terikat jam dan ruang kerja. Dengan demikian, Anda para blogger dapat bekerja dari mana saja dan kapan saja. Selain fleksibel, profesi blogger juga menjanjikan passive income sebab blog yang kita bangun dapat beroperasi secara otomatis dalam 24 jam dan 7 hari dalam seminggu.

Pembahasan lebih dalam tentang profesi blogger akan kita bahas di tulisan berikutnya.

4. Pelaku MLM (Multi Level Marketing)

Salah satu penyebab MLM sangat laris di Indonesia adalah banyak ibu rumah tangga yang tertarik menjalankan profesi sebagai pelaku MLM. Terlepas dari pro dan kontra seputar MLM, MLM termasuk salah satu solusi yang dapat digunakan apabila kita ingin mendapatkan passive income. Aset dalam MLM adalah network (jaringan) yang kita bangun. Ketika jaringan ini bekerja dengan baik, maka kita bisa terus mendapatkan passive income.

Bagi Anda yang punya kemampuan marketing, suka membangun network, dan ingin mendapatkan passive income, maka profesi sebagai pelaku MLM dapat Anda tekuni.

5. Guru Kursus Online

Semakin pesatnya perkembangan internet memungkinkan seseorang bisa menjadi guru bagi orang lain. Bagi Anda yang punya kompetensi dalam suatu bidang, Anda bisa saja menjadi seoarang guru yang mengajar secara online. Ya betul, Anda dapat membuka bisnis kursus online. Ketika Anda membuka kursus online, Anda akan membuka kursus layaknya di dunia nyata. Hanya saja, proses belajar mengajar kursus Anda akan dilakukan lewat internet.

Contoh sebuah kursus online misalnya seperti yang saya lakukan di website www.BelajarMembuatIklan.com. Di website tersebut saya membuka kursus Facebook marketing. Dengan demikian, orang-orang yang mau belajar Facebook marketing secara online dapat belajar melalui kursus online yang saya buka.

Menariknya, profesi sebagai guru kursus online termasuk profesi yang bisa memiliki passive income. Mengapa? Karena kita hanya perlu sekali membuat materi pembelajaran, tetapi materi tersebut bisa diakses berkali-kali oleh peserta kursus. Dengan demikian, kita tetap mendapatkan income tanpa harus bekerja secara aktif.

Itulah 5 profesi yang dapat Anda jalani apabila Anda ingin memiliki passive income dari rumah. Sudah saatnya, semakin banyak wanita yang bisa berkarya dari rumah dan meraih keberhasilan finansial dari sana. Yuk, jadi mandiri dan sukses dari rumah. 🙂

Salam Super Sukses!

Jefferly Helianthusonfri

 

banner Kursus Bisnis Online Terlengkap

3 Comments

  1. Mas Eko

    mungkin lebih mudah bila menjdai penulis, ngga butuh modal biaya dibanding pemilik kost, namun perlu latihan dan banyak jam terbang. terkadang menuangkan gagasan menjadi bentuk tulisan akan menjadi sulit untuk orang yang tidak terbiasa menulis

  2. Sundjoto

    Hanya no. 4 yang tidak saya sukai sama sekali. Yang lainnya bagus semua ……..

  3. Eddy

    bagi saya untuk membuahkan sebuah karya tulisan yg berkualitas atau setidaknya bernilai jual tinggi bukanlah hal semudah membalik telapak tangan, perlu menguras pikiran, waktu maupun biaya. Tentunya kita tdk mau yg asal-asalan tulisan jadi buku, lalu dipasarkan, trus target pasarnya untuk siapa?? Produk yg demikian mau diperuntukkan utk golongan yg mana??

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *