Inilah 9 Target Pertama yang Wajib Anda Capai Saat Baru Memulai Sebuah Blog

Untuk bisa menjadi seorang blogger profesional dan meraih passive income dari blog, tentu ada proses yang harus kita lalui. Ibaratkan membangun sebuah bisnis, kita tidak bisa tahu-tahu langsung sukses. Karena blog termasuk sebuah bisnis, kita tidak mungkin tahu-tahu langsung sukses. Harus ada proses yang kita lalui.

Saat mengikuti sebuah mentoring membangun bisnis startup, saya belajar bahwa untuk mencapai keberhasilan harus ada KPI (Key Performance Indicators) yang dicapai secara bertahap. Antara satu orang dengan orang lain, antara satu perusahaan dengan perusahaan lain, antara satu divisi dengan divisi yang lain, pasti punya KPI masing-masing. Tentu indikator keberhasilan pencapaian untuk seorang Mario Teguh berbeda dengan seorang Jefferly Helianthusonfri.

Nah, bagaimana dengan KPI untuk seorang yang baru memulai sebuah blog? Apa saja target dan pencapaian untuk seorang blogger yang baru membuat sebuah blog?

Untuk menjawab pertanyaan ini, saya mengadopsi jawaban dari Darren Rowse di artikel ini : 9 First Step Goals for New Blogger. Menurut Darren Rowse, inilah 9 target pertama yang perlu dicapai oleh seorang pendatang baru dalam dunia blog.

1. Publikasikan 10 Tulisan

10 merupakan sebuah angka psikologis. Saya pun sependapat dengan Darren Rowse bahwa target pertama yang perlu dicapai adalah menulis 10 tulisan. Bagi sebagian orang 10 tulisan bukanlah hal yang banyak, tetapi bagi blogger lain bisa jadi 10 tulisan adalah target yang tidak mudah. So, jika saat ini Anda sudah membuat sebuah blog pastikan segera ada 10 tulisan di blog Anda. Anda dapat mulai menulis dan menyajikan konten-konten bermanfaat di blog Anda. Ini dia kiat supaya Anda bisa menjadi blogger yang produktif dalam menulis : 3 Kiat Menjadi Blogger yang Sangat Produktif.

2. Dapatkan Komentar Pertama dari Orang yang Sama Sekali Belum Kenal Anda

Bagi sebagian blogger, jumlah komentar bisa jadi indikator popularitas sebuah blog. Semakin banyak komentar dalam sebuah blog maka bisa jadi semakin populer pula blog tersebut. Setelah Anda menulis beberapa tulisan awal di blog, upayakan tulisan-tulisan Anda segera mendapatkan komentar dari orang lain. Hadirnya komentar bisa membuat Anda semakin semangat. Hadirnya komentar menandakan bahwa orang-orang sudah mulai membaca tulisan Anda.

Bagaimana cara supaya bisa segera mendapatkan komentar? Blogwalking adalah salah satu teknik yang bagus dan dapat diterapkan apabila Anda ingin mendapatkan komentar. Ini dia cara dan kiat melakukan blogwalking.

3. Dapatkan Link Pertama dari Blog Lain

Apa itu link? Link adalah tautan (keterkaitan) antara satu halaman dengan halaman lain di internet. Ambil contoh saya memberikan sebuah tautan yang mengarah ke blog Anda, itu artinya blog Anda mendapatkan link dari blog saya. Nah, ketika blog Anda mendapatkan link dari blog lain itu merupakan tanda bahwa blog Anda sudah disebut oleh orang lain. Bisa jadi blog Anda sedang direkomendasikan/dipromosikan oleh blogger lain.

Bagaimana cara supaya blog Anda segera mendapatkan link? Caranya adalah dengan menjadikan blog Anda layak direkomendasikan oleh orang lain. Semakin baik kualitas konten blog Anda maka besar kemungkinan akan makin banyak blogger lain yang mau merekomendasikan blog Anda.

4. Dapatkan Minimal 20 Pembaca Setiap Harinya

Upayakan setiap harinya setidaknya ada 20 orang yang membaca blog Anda. Itu artinya dalam sehari blog Anda harus dikunjungi minimal oleh 20 orang. Bagaimana cara supaya bisa tahu berapa jumlah orang yang mengunjungi blog Anda? Untuk mencari tahu berapa banyak trafik dan pageviews (tayang laman) blog WordPress, Anda dapat menggunakan fasilitas WordPress.com stats yang sudah tersedia untuk para pengguna plugin Jetpack.

Untuk itu, pastikan di blog Anda sudah terinstal plugin Jetpack. Pastikan pula fasilitas WordPress.com stats sudah aktif di blog Anda.

Fitur WordPress.com stats.

Fitur WordPress.com stats.

Bagaimana cara mendatangkan trafik blog? Silakan pelajari artikel ini agar Anda makin kaya wawasan tentang cara mendatangkan trafik blog : 20 Cara Ampuh yang Saya Lakukan Untuk Mendatangkan Trafik.

5. Dapatkan 20 Pelanggan Artikel Blog Anda

Darren Rowse menyarankan agar salah satu target yang kita capai adalah mencapai 20 pelanggan artikel. Jika blog Anda belum dilengkapi dengan fasilitas berlangganan artikel, ada baiknya Anda segera menghadirkan fasilitas tersebut di blog Anda. Bagi pengguna WordPress, Anda dapat menggunakan fitur blog subscriptions yang sudah disediakan oleh plugin Jetpack. Selain menggunakan fitur tadi, Anda juga bisa memakai layanan Feedburner dari Google untuk menghadirkan fasilitas langganan artikel di blog Anda.

Fasilitas blog subscriptions tersedia di menu widgets. (Pastikan plugin Jetpack sudah aktif agar Anda dapat mengakses fasilitas ini).

Fasilitas blog subscriptions tersedia di menu widgets. (Pastikan plugin Jetpack sudah aktif agar Anda dapat mengakses fasilitas ini).

6. Jadikan Blog Anda Terindeks di Google

Salah satu hal penting yang wajib dilakukan seorang blogger adalah menjadikan blognya terindeks oleh Google. Untuk mengecek apakah blog Anda sudah terindeks atau belum, Anda dapat mengetikkan nama atau alamat blog Anda di Google. Jika misalkan nama/alamat blog Anda sudah ditemukan itu berarti blog Anda sudah terindeks oleh Google. Bagaimana jika belum?

Tak perlu risau. Cepat atau lambat Google pasti akan mengindeks blog Anda. Teruslah memperbanyak konten blog Anda maka Google pasti akan mengindeks blog Anda.

7. Dapatkan $1 Per Minggu

Bagi Anda yang memonetisasi (bermaksud menghasilkan uang dari blog) maka upayakan Anda bisa mendapatkan $1 setiap minggu. Setelah Anda berhasil mencapai target $1 per minggu maka barulah tingkatkan kembali target pendapatan Anda. $ 10 per minggu mungkin. Atau bahkan bisa sampai $ 1000 per minggu.

8. Menjadi Blogger Tamu di Blog Lain

Dalam blogging, ada kalanya seorang blogger akan menulis di blog lain. Nah hal seperti ini dinamakan dengan guest posting, yakni seorang blogger akan menjadi penulis tamu di blog lain. Guest posting ini perlu dilakukan oleh seorang blogger. Melalui guest posting, seorang blogger bisa mengenalkan profil dan blognya melalui blog milik blogger lain.

9. Seseorang Nge-Tweet  Tentang Blog Anda

Target ke-9 adalah upayakan seseorang di luar sana nge-tweet tentang blog Anda. Ketika blog Anda sudah mulai menjadi perbincangan orang lain maka bisa jadi itu tanda bahwa pembaca blog Anda semakin bertambah banyak.

Itulah 9 target pertama yang perlu dicapai jika Anda baru memulai sebuah blog. Setelah target-target tadi berhasil dicapai maka buatlah target-target baru kemudian capai lagi target baru tersebut. Dalam perjalanan Anda menggapai target-target blogging barangkali Anda akan merasa bosan. Tak perlu kuatir, banyak juga orang yang mengalami hal yang sama dengan Anda. Perjalanan untuk sukses memang tidak selalu menyenangkan, tetapi ingatlah bahwa ketika kita sudah sukses maka kita akan tahu arti dari perjalanan dan perjuangan kita.

Salam Super Sukses!

Jefferly Helianthusonfri

Sumber gambar : Vizzzual.com.

banner Kursus Bisnis Online Terlengkap

13 Comments

  1. Marketplace Bisnis Afiliasi

    Salam super sukses Mas Jeff. Artikelnya sangat bermanfaat dan untuk dipraktekkan. Trima kasih.

  2. Anwarkim

    Thanks bro jeff…you are amazing guy of Indonesia…this content is edukatif yeah

  3. James Dethan

    info yang sangat membantu saya yang lagi belajar blogging..
    walaupun artikel do blog saya baru 3 tulisan tapi saya lagi berusaha agar blog saya terindeks di google…
    blog saya follow blog ini, jadi saya bisa memantau tulisan2 bro jeff..
    anda sangat menginspirasi saya…

  4. sintamilia

    Materi keren. Saya bikin blog baru sekitar 2 bulan lalu dan belum ada satu pun target di atas terpenuhi ><

  5. arip

    iya mas, rasanya manis asem asin pahit. pemula seperti saya ini malu mas dgn blogger lain yang kontennya bgus2

  6. masterline46

    Terima kasih Atas Supportnya, ini sangat membantu saya untuk tetap semangat

  7. ivan

    Info yang sangat membantu…

  8. Iyan

    Terima kasih Bang Jefry, artikel nya sangat bermanfaat buat saya seorang pemula di dunia blogging

  9. budi satria

    yang poin 3,4,5,7,9 itu masih belum dapat,,semangat

  10. Latif Juliyantoro

    Terima Kasih Mas…. sangat membantu artikelnya.

  11. LogikaTekno

    Tx Mr. Jefferly

  12. Gita

    Trimakasih tulisannya sangat membantu bro Jeff

  13. Fajar Bahari Pebrian

    Wah untuk yang 10 artikel itu saya belum pernah terpikiran seperti itu.
    Memang benar kakau target pertama itu 10 artikel tapi menurut saya target awal itu mendapat visitor.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *