Inspirasi : Menjadi Blogger dan Sekaligus YouTuber

YouTube, salah satu media sosial yang sangat populer dan begitu dekat dengan kehidupan kita. Ketika kita mencari hiburan, kita tinggal buka YouTube. Ketika kita ketinggalan menonton acara televisi, kita tinggal buka YouTube. Ketika kita tidak sempat menonton tayangan sepak bola, kita tinggal buka YouTube untuk melihat tayangan ulangnya.

Tak hanya jadi sekadar media sosial penyedia hiburan, YouTube juga dapat dimanfaatkan sebagai salah satu sumber passive income. Ya betul, kita juga bisa menghasilkan uang dengan memanfaatkan situs YouTube.

YouTuber, Pilihan Karir Untuk Anda yang Ingin Berkarya dan Berkreasi

YouTuber adalah seseorang atau sekelompok orang yang memproduksi video untuk kemudian diunggah ke YouTube. Orang-orang yang kerap membuat video, lalu mengunggahnya ke YouTube dapat disebut sebagai YouTuber.

Menjadi seorang YouTuber termasuk pilihan karir ataupun pekerjaan kedua yang cocok untuk anak muda. Sambil menjalani rutinitas sebagai anak kuliahan, Anda juga bisa menjadi seorang YouTuber. Tak hanya bagi anak muda, bagi  Anda insan-insan kreatif lain pun dapat berkarir sebagai seorang YouTuber.

Beberapa figur/kelompok yang sekarang banyak muncul di layar kaca juga mengawali karir dari YouTube. Sebut saja, nama-nama seperti Sascha Stevenson, Edho Zell, Lastday Production, merupakan contoh orang/kelompok yang berkarir sebagai YouTuber dan kini bisa dibilang sukses.

Menjadi seorang YouTuber juga bisa menghasilkan uang. Ketika channel YouTube kita memiliki banyak pelanggan, plus video kita ditonton oleh banyak orang, maka di situlah muncul peluang bisnis. Channel YouTube yang ramai itu dapat dijadikan sebagai ladang uang. Dengan model bisnis yang tepat, channel YouTube dapat diubah menjadi keran passive income.

Menjadi Blogger Sekaligus YouTuber

Semakin berkembangnya teknologi memungkinkan kita memiliki banyak pilihan karir.

Profesi seperti blogger, penulis, YouTuber, merupakan sederet profesi yang tidak harus digapai dengan pendidikan di perguruan tinggi. Siapapun yang punya kemampuan dapat menjadi seorang blogger, penulis, ataupun YouTuber.

Demikian halnya yang terjadi pada saya. Mengenyam pendidikan di Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Multimedia Nusantara, saya tidak terpaku pada satu profesi. Idealnya seorang lulusan ilmu komunikasi akan menjadi seorang jurnalis. Kendati demikian, saya tidak terlalu terpaku harus menjadi jurnalis. Alih-alih memilih menjadi jurnalis, saya lebih menyukai menjadi seorang blogger dan internet marketer.

Untuk mewujudukan hal tersebut, maka semenjak SMA saya mulai menekuni dunia blogging secara serius. Beberapa blog sudah saya hasilkan. Hingga saat ini, blog-blog tersebutlah yang menjadi “bisnis” saya.

Pilihan karir sebagai seorang blogger memungkinkan saya melebarkan sayap ke berbagai bentuk karir lainnya. Termasuk menjadi seorang YouTuber.

Ya betul, saya juga mulai menekuni dunia YouTuber.

Masuknya saya ke dunia YouTuber bisa dibilang sebuah “kebetulan”. Semula saya sama sekali tidak punya keinginan untuk jadi eksis di YouTube. Awalnya saya terjun ke dunia YouTuber berawal dari keinginan saya mengunggah berbagai video bisnis online ke YouTube. Setiap kali saya menulis buku, saya kerap memberikan bonus video. Selain saya bagikan lewat CD bonus dalam buku, video-video bonus tadi juga saya bagikan ke YouTube.

Channel YouTube saya.

Channel YouTube saya.

Akhirnya pada tahun 2014, saya mulai membuat channel YouTube dengan nama saya, Jefferly Helianthusonfri. Melalui channel ini saya membagikan berbagai video yang berkaitan dengan dunia bisnis online. Ada video tentang marketing, video tentang SEO, video tutorial website, bahkan video tentang menulis juga ada.

Hingga tulisan ini dibuat, subscber saya di YouTube masih terbilang sedikit (baru 257).

Kendati demikian, jelas ini merupakan awal yang bagus. Channel yang saya kelola di sela-sela waktu ini lambat laun mulai tumbuh dan memiliki banyak subscriber. Seiring berjalannya waktu, saya optimisi channel ini akan terus tumbuh dan memiliki lebih banyak penonton.

Bagaimana Cara Memulainya?

Bagi Anda yang tertarik menjadi seorang blogger ataupun YouTuber, maka berikut beberapa tips untuk Anda.

  • Mulailah membuat blog. Ya, bagi Anda yang ingin jadi blogger, maka pastikan Anda segera membuat blog. Anda tidak bisa disebut sebagai blogger kalau belum punya blog. (Baca : Tiga Hal yang Harus Disiapkan Untuk Memulai Blog. )
  • Mulailah membuat channel di YouTube. Jika Anda adalah seorang blogger, Anda juga bisa melebarkan sayap dengan membuat channel di YouTube. Nantinya channel tersebut dapat dijadikan sebagai sarana promosi blog. Tak hanya itu, channel YouTube yang kita miliki juga dapat dimonetisasi dengan program Google AdSense untuk YouTube.
  • Segera produksi video untuk channel Anda. Ada dua jenis video yang bisa Anda buat. Jenis pertama adalah video di mana Anda tampil di layar. Sedangkan video kedua adalah video rekaman layar komputer.
Contoh video

Video di mana YouTuber tampil di dalam video.

Contoh video layar komputer.

Contoh video tutorial dengan menampilkan rekaman layar komputer.

  • Misalkan Anda membuat video tutorial memasak. Nah, akan lebih baik kalau Anda memakai jenis video pertama, di mana Anda tampil di video dan menjelaskan langkah-langkah memasak kepada penonton. Contoh lain, misalkan Anda membuat video tutorial tentang game, akan lebih baik kalau Anda membuat video rekaman layar komputer saat Anda bermain game. (Pelajari cara membuat video tutorial di : www.BisnisKursusOnline.com).
  • Promosikan channel YouTube Anda, bagikan video Anda. Setelah Anda membuat channel YouTube, maka segera isi channel tersebut dengan video-video Anda. Selanjutnya, pastikan Anda membagikan video tadi di media sosial lain (seperti di Twitter, Facebook, atau di blog Anda sendiri). Tujuannya supaya semakin banyak orang yang menonton video Anda.
Contoh kegiatan berbagi video lewat blog.

Contoh kegiatan berbagi video lewat blog.

Jika penonton video Anda sudah banyak, maka barulah Anda bisa memonetisasi channel YouTube Anda. Berbagai cara monetisasi channel YouTube akan kita bahas pada tulisan-tulisan berikutnya.

Rekan pembaca sekalian, itulah inspirasi yang saya bagikan pada tulisan kali ini. Intinya, saat ini sudah ada banyak pilihan karir yang dapat kita tekuni. Bagi Anda yang sudah menjadi YouTuber, Anda juga bisa merambah ke dunia blogging. Sedangkan bagi Anda para blogger, tak ada salahnya kalau Anda juga membuat channel YouTube. Selanjutnya, channel YouTube tersebut dapat dijadikan sebagai salah satu sarana promosi blog Anda. Siapa tahu, channel tersebut juga bisa menjadi sumber passive income alternatif bagi Anda.

Salam Super Sukses!

Jefferly Helianthusonfri

banner Kursus Bisnis Online Terlengkap

5 Comments

  1. revi ilahi

    makasih atas infonya.saya jadi banyak pengetahuan tentang blogger dan youtuber.

  2. cream pemutih wajah

    Saya begitu menyukai artikel yang disajikan dalam blog ini,
    Semoga sukses terus memberikan informasi bermanfaat utk semua orang.

  3. Denih

    Nice info gan, kebetulan lagi minat menggeluti dunia bloger dan youtuber. Makasih infonya

  4. Titik

    mau nanya, kalo punya blog dan youtube apakah akunnya sama atau lebih baik beda? makasih

  5. Adya razan

    saya baru jadi blogger nih, belum jadi youtuber. Setelah baca artikel ini jadi ada passion pengen jadi youtuber

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *