Jangan Sekadar Komentar, Manfaatkan Komentar Untuk Promosi Blogmu

Ada satu kegiatan yang sering dilakukan oleh seorang blogger. Kegiatan tersebut bernama blogwalking. Blogwalking merupakan kegiatan mengunjungi blog lain, lalu kemudian meninggalkan komentar di blog tersebut. Kegiatan blogwalking termasuk salah satu cara promosi blog yang kerap dipakai oleh blogger.

Tidak hanya bermanfaat untuk mendukung promosi blog, blogwalking juga bagus untuk membangun silaturahim antara satu blogger dengan blogger lainnya. Tak jarang, berawal dari sekadar blogwalking, dua orang blogger bisa menjadi saling kenal bahkan menjadi rekan bisnis. Saya pernah punya pengalaman yang sangat menarik berkaitan dengan blogwalking. Ceritanya begini.

Ketika pertama kali ngeblog di tahun 2011 (waktu itu saya masih kelas X SMA), saya suka sekali belajar tentang dunia bisnis dan manajemen. Alhasil di tahun 2011 itu, saya menemukan blog yang sangat bagus bernama StrategiManajemen.net. Semenjak pertama kali membaca blog tersebut, saya langsung jatuh hati dengan blog ini. Usai jatuh hati, saya pun sangat mengidolakan penulis blog tersebut. Tidak lain tidak bukan, sang penulis itu bernama Yodhia Antariksa.

Semenjak 2011, setiap senin pagi saya selalu mengunjungi blog StrategiManajemen.net. Tidak hanya sekadar minum kopi sambil membaca sajian menarik di StrategiManajemen.net, saya juga rutin berkomentar di blog tersebut. Blog StrategiManajemen.net termasuk salah satu blog yang paling sering saya kunjungi dan saya komentari.

Sampailah pada bulan Maret 2015 lalu. Maret 2015 lalu, akhirnya saya berhasil kenal langsung dengan blogger idola saya. Bahkan pada Maret 2015 lalu akun Twitter saya (@JefferlyHelian) sempat di-endorse oleh Pak Yodhia Antariksa. Berkat endorse tersebut, pengikut di akun Twitter saya meningkat drastis. Berikut beberapa tweet-tweet dari akun Twitter @Strategi_Bisnis (akun milik Pak Yodhia Antariksa) yang menyebut akun Twitter saya @JefferlyHelian.

Akun Twitter @JefferlyHelian disebut oleh @Strategi_Bisnis (akun Twitter dari StrategiManajemen.net).

Akun Twitter @JefferlyHelian disebut oleh @Strategi_Bisnis (akun Twitter dari StrategiManajemen.net).

endorse 2Barangkali Anda bertanya, “kok bisa sih Jeff, akun Twittermu diendorse dan disebut-sebut oleh @Strategi_Bisnis?”

Semua berawal dari blogwalking. Awal Maret 2015 lalu saya melakukan blogwalking di StrategiManajemen.net. Saya menjawab salah satu pertanyaan dari pembaca artikel ini. Dalam komentar tersebut, saya merekomendasikan buku karya saya. Hasilnya, komentar tadi dibaca oleh banyak orang, termasuk oleh Pak Yodhia Antariksa. Barangkali berawal dari sanalah Pak Yodhia akhirnya tahu dan mulai mengenal profil saya.

Semenjak komentar saya dibalas oleh Pak Yodhia, akhirnya saya bisa kenal langsung dengan beliau.

Komentar yang saya berikan saat merekomendasikan buku saya di StrategiManajemen.net.

Komentar yang saya berikan saat merekomendasikan buku saya di StrategiManajemen.net.

Sungguh menarik pengalaman ini. Berawal dari blogwalking, saya berhasil menambah relasi baru.

Mudah-mudahan pengalaman sederhana saya ini dapat menginspirasi Anda.

Nah, karena banyaknya manfaat dalam blogwalking maka akan lebih baik bila kita para blogger rutin melakukan kegiatan blogwalking. Tidak hanya bermanfaat untuk menambah relasi, blogwalking juga dapat dijadikan sebagai salah satu cara mendatangkan trafik ke blog Anda. Anda pasti penasaran bagaimana cara mendatangkan trafik dengan blogwalking.

Silakan tonton video berikut jika Anda ingin pembahasan lebih mendalam tentang cara mendatangkan trafik dengan blogwalking.

Bagaimana? Anda semakin tertarik untuk rutin melakukan blogwalking? So, mulai sekarang lakukanlah blogwalking dengan lebih serius. Jangan sekadar berkomentar, tetapi manfaatkan blogwalking sebagai cara untuk mengenalkan blog Anda kepada orang lain, mendatangkan trafik blog, plus manfaatkan juga blogwalking untuk membangun relasi dengan blogger lain.

Salam Super Sukses!

Jefferly Helianthusonfri

Sumber gambar : Webtreats.

banner Kursus Bisnis Online Terlengkap

8 Comments

  1. wahyu siregar

    Terima kasih atas informasi yang sudah diberikan mas .
    sangat cocok dan mudah dipahami untuk pemula seperti saya .
    ijinkan saya untuk berkomentar disini . Terima kasih

  2. Diah Maulina G.D

    Informasi yang bermanfaat bagi blogger pemula seperti saya, terimakasih mas.

  3. Agus Purwoko

    Terimakasih Infonya. bermandaat bagnet

  4. Guvee Herlino

    Terima kasih informasinya mas, cuma untuk mendapatkan alamat website atau blog di google yang bisa kita berikan komentar gimana ya mas? karena biasanya banyak juga website yang tidak membeikan kolom komentar.
    Terima kasih

  5. salim

    kalo mau blogwalking boleh ga mas kita direct promotion langsung cantumin blog kita di akhir comment ?

  6. Passive07 (Post author)

    @Salim

    Pada dasarnya, tidak ada aturan bakunya ya.
    Bagi sebagian blogger, kadang komentar semacam itu dianggap spam/kurang pantas.
    Tapi bagi sebagian lainnya tidak.

    Kembali kepada preferensi kita masing-masing. Bisa dicoba dan disesuaikan dengan karakter blogger tempat kita blogwalking. 🙂

  7. moni

    Terima kasih informasinya mas

  8. Aan

    Terima kasih banyak bang

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *