Kapan Waktu yang Tepat Untuk Memulai Bisnis Online?

Kapan waktu yang tepat untuk memulai bisnis?

Sering saya mendengar pertanyaan seperti tadi.

Jika saya menerima pertanyaan “Kapan waktu yang tepat untuk memulai bisnis online?” maka saya akan menjawab bahwa waktu yang tepat adalah kemarin. Lho kok kemarin?

Begini. Menurut saya, dalam memulai sebuah bisnis, kita perlu segera memulai. Mengapa? Karena ketika kita memulai, kita segera mendapatkan kesempatan belajar. Ketika sudah memulai sebuah bisnis maka kita sudah masuk ke dalam proses. Kita tinggal bekerja keras dan cerdas plus menjalani proses tersebut. Untuk sukses jelas butuh proses. Nah kapan kita bisa sukses kalau kita tidak pernah masuk dalam proses tersebut?

Semakin cepat kita memulai maka bisa jadi semakin baik. Sebab semakin cepat kita memulai semakin cepat pula kita belajar. Sama halnya dengan bisnis offline, waktu yang tepat untuk memulai bisnis online adalah kemarin. Semakin cepat kita memulai bisnis online semakin cepat pula kita bisa belajar.

Nah, karena waktu sudah tidak bisa diulang kembali, maka waktu yang tepat untuk memulai bisnis online adalah sekarang. Tidak masalah kita sudah terlambat, yang penting kita bisa segera mulai.

Dalam tulisan ini saya akan membahas kapan sebaiknya Anda mulai masuk ke bisnis online. Mudah-mudahan usai membaca tulisan ini, kita semua semakin semangat untuk sukses berbisnis online.

Ini dia waktu-waktu yang tepat untuk mulai memasuki bisnis online.

1. Saat Anda Masih Duduk di Bangku Sekolah/Kuliah

Sudah sekolah saja dulu… belajar yang rajin.. supaya nanti karir kamu bagus.”

Begitulah nasihat yang sering kali disampaikan orang tua pada anak-anak mereka. Saya sangat setuju dengan pendapat orang tua bahwa anak sebaiknya belajar yang rajin.

Hanya saja, saya akan lebih sangat setuju kalau “belajar” yang dimaksud di sini bukan hanya belajar di bangku sekolah saja. Belajar itu adalah salah satu hakikat hidup manusia. Manusia bisa berkembang dari hari ke hari karena mereka belajar. Sangat sempit kalau kita membatasi bahwa belajar itu hanya di sekolah. Nah, salah satu proses belajar yang dapat mematangkan diri seorang anak muda adalah belajar membangun dan mengelola bisnis.

Ada banyak aspek pembelajaran ketika seorang anak muda membangun bisnis. Aspek tersebut antara lain :

  • Aspek berpikir dan bertindak kreatif. Untuk bisa mendatangkan penjualan, maka anak muda harus bisa memikirkan strategi yang ampuh untuk bisnisnya. Nah guna menciptakan strategi ampuh tersebut, seorang anak muda akan dituntut untuk berpikir kreatif.
  • Aspek berpikir kritis. Seorang pelaku bisnis juga dituntut untuk mampu berpikir kritis. Mereka harus mempertimbangkan segala tindakan yang mereka lakukan. Contoh, ketika mereka hendak membuat sebuah keputusan, mereka harus menganalisis problem yang mereka hadapi, mereka harus menganalisis apa dampak dari keputusan mereka. Semakin sering anak muda dilatih untuk menganalisis dan berpikir, maka mereka akan semakin kritis. Mereka akan menjadi pribadi yang bijak dan mampu bertindak secara tepat.
  • Aspek manajemen waktu dan prioritas. Mengelola bisnis di usia muda jelas tidak mudah. Seorang anak muda harus membagi waktu antara menjalankan bisnisnya dengan waktu untuk ia menjalani rutinitas seperti sekolah. Dengan diberi tanggung jawab mengelola sebuah bisnis, seorang anak muda akan belajar menggunakan waktu mereka dengan baik. Tak hanya sekadar belajar menggunakan waktu, mereka juga akan belajar bagaimana mengatur prioritas dalam kehidupan mereka.
  • Aspek membangun hubungan yang baik dengan orang lain (kemampuan interpersonal). Untuk bisa meraih kesuksesan dalam berbisnis, seorang anak muda juga harus belajar membangun relasi dengan orang lain. Nah saat belajar membangun relasi itulah diperlukan kemampuan interpersonal yang baik. Dengan diberi tanggung jawab membangun relasi, otomatis aspek interpersonal anak akan semakin baik lagi.
  • dan masih banyak lagi.

Meskipun berbisnis sejak usia muda punya banyak kelebihan, orang tua mengkhawatirkan nanti anaknya menjadi malas sekolah karena sudah bisa cari uang sendiri.

Hal demikian pernah saya alami. Orang tua saya sempat berkata bahwa mereka takut saya jadi malas sekolah karena sudah bisa cari uang sendiri. Tak hanya orang tua saya, sejumlah orang tua teman-teman saya pun pernah berkata demikian. Teman saya bercerita bahwa orang tua mereka tidak menyetujui untuk memulai bisnis/bekerja sejak di bangku sekolah karena takut sekolah si anak tergganggu karena si anak termotivasi untuk cari uang dan mengabaikan pendidikan.

Hanya saja, ini kembali lagi ke pola pikir dan pemahaman si anak. Hal ini sudah terjadi pada diri saya. Ketika si anak sudah punya pemahaman dan kesadaran, maka pendidikan si anak tidak akan terganggu. Si anak akan tahu kapan ia harus memprioritaskan sekolah, kapan ia perlu total dalam berbisnis. Buktinya saya masih bisa berbisnis sambil kuliah. IPK saya ndak jelek-jelek amat. Buktinya IPK saya masih bisa mencapai level 3,77. Ya, not bad lah.. 🙂

grafik IPK jefferly

Satu poin penting yang ingin saya sampaikan adalah ketika kita memulai bisnis semuda mungkin, kita bisa belajar lebih cepat. Semakin cepat kita memulai semakin banyak waktu yang kita miliki untuk belajar. Kalaupun toh nanti kita mengalami kegagalan, usia kita masih muda. Kita sudah dapat banyak pengalaman dan pembelajaran di usia muda. Jadi, kalau Anda mau memulai bisnis online dan Anda masih sekolah/mahasiswa, maka sekaranglah waktu yang tepat. Bentuklah dan tantang diri Anda untuk bertanggung jawab terhadap pendidikan, tetapi Anda bisa tetap berkarya lewat bisnis.

2. Ketika Anda Mulai Berpikir Tentang Investasi dan Second Income

Meskipun Anda sudah tidak sekolah/kuliah lagi, bukan berarti Anda terlambat untuk belajar dan memulai bisnis online. Mari kita renungkan hal ini. Di era seperti sekarang ini, semua kehidupan kita sudah bergantung kepada internet. Mau tidak mau, dalam masa mendatang internet akan menjadi suatu dunia yang baru dan mempengaruhi hidup banyak orang. Orang-orang yang unggul di internet lah yang bisa memetik banyak potensi keberhasilan. Untuk itu, sudah saatnya kita mulai membangun fondasi agar kita juga bisa sukses berkat internet.

Jika saat ini Anda sudah punya pekerjaan yang mapan maka mari berpikir untuk membangun fondasi yang kuat di era digital seperti sekarang ini. Pertanyaan simpel, apakah Anda sudah punya blog? atau begini deh.. yang lebih simpel lagi, kalau nama Anda diketik di Google, apa yang muncul?

Kita boleh saja punya kehidupan yang mapan di dunia nyata, tetapi kalau ketika nama kita diketik di internet, lalu tidak muncul apa-apa atau bahkan muncul sesuatu yang tidak sesuai harapan kita, apakah itu tidak membuat risau? Itu artinya kita tidak eksis di internet. Lha padahal kan sekarang eranya digital dan internet.

Meskipun saat ini Anda sudah berada di zona nyaman, marilah mulai memikirkan tentang masa depan. Investasikan modal yang Anda miliki saat ini untuk membangun fondasi keberhasilan di era digital. Ya minimal pastikan Anda memiliki website ataupun akun sosial media yang punya banyak pengikut. Nah, ketika Anda mulai masuk ke bisnis online maka lambat laun dapat dipastikan Anda akan punya website. Nama dan brand Anda bisa lebih eksis di internet.

Selain itu, saat Anda mulai berpikir untuk meraih pendapatan kedua maka bisnis internet bisa saja menjadi salah satu pilihan Anda.

3. Ketika Anda Sedang Bingung Tentang Pilihan Karir Anda

Andaikan Anda baru lulus kuliah, usia Anda masih begitu muda (misal 24 tahun). Nah daripada Anda bingung memilih pilihan karir, mengapa Anda tidak mulai dengan “iseng-iseng” mencoba bisnis internet. Siapa tahu berawal dari iseng-iseng tadi Anda sanggup meraih keberhasilan dalam bisnis online. Toh tidak ada ruginya mencoba sesuatu yang baru dan belajar dari pengalaman tersebut.

Untuk itu, jika saat ini Anda sedang bingung dengan pilihan karir Anda, maka mulailah mencoba masuk ke bisnis online. Ada banyak bidang dan model bisnis di internet. Anda dapat memilih bidang bisnis yang memang sesuai dengan minat atau kompetensi yang Anda miliki. Contoh, misalkan Anda adalah seorang lulusan desain grafis. Mengapa tidak Anda mulai membuat blog tentang desain grafis, lalu kemudian Anda memonetisasi blog tersebut?

Simak artikel berikut : Inilah 5 Cara Menghasilkan Passive Income dari Blog jika Anda ingin tahu bagaimana cara memonetisasi dan meraih income dari blog Anda.

Rekan pembaca sekalian, jika saat ini Anda sedang berada dalam salah satu dari ketiga kondisi di atas maka bisa jadi itu adalah saat yang tepat bagi Anda untuk segera memulai bisnis online.

Salam Super Sukses!

Jefferly Helianthusonfri

banner Kursus Bisnis Online Terlengkap

4 Comments

  1. honda bogor

    terima kasih share-nya Pak Jef, menurut saya saat yang tepat mulai bisnis online adalah sesegera mungkin, jika kita belum siap, menurut saya saaat kita memulainya maka saat itu juga kita sudah siap.. terima kasih

  2. arifdarwanto

    Saya setuju jeff bahkan seharusnya setahun yg lalu atau beberapa thn yg lalu kita harus mulai bisnis

  3. Eko Sarwono

    Benar sekali pak jeff, terkadang kesibukan sehari-hari membuat saya menunda untuk memulai bisnis online, apalagi bisnis online merupakan sarana yang potensial untuk mendapatkan second income, yang bisa dikerjakan di waktu luang

  4. abdul

    tepat mas,seharusnya dari dulu seperti saya telat belajar online,tp tdk apa daripada tdk sama sakli kan ke dpn era digital.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *