Kiat Mengelola Blog Secara Profesional

Untuk memetik hasil maksimal dalam blogging, tentu blog kita harus dikelola secara profesional. Setelah menjalankan kegiatan blogging selama lebih dari 3 tahun, saya telah mengalami banyak hal dalam dunia blogging. Berdasarkan pengalaman tersebut, berikut saya bagikan sejumlah kiat mengelola blog secara profesional.

Dengan pengelolaan yang profesional, mudah-mudahan blog kita mampu memberi hasil maksimal.

Inilah tips-tips mengelola blog secara lebih profesional.

1. Tentukan Branding Anda

Setiap blogger memiliki definisi sukses yang berbeda-beda. Ada yang menganggap bahwa sukses adalah ketika mereka bisa punya 10.000 pengunjung per hari. Ada pula yang mendefinisikan sukses sebagai keberhasilan menghasilkan ribuan dolar per bulan dari blog. Namun, ada yang menganggap bahwa sukses adalah ketika kita berhasil dikenal sebagai seseorang yang ahli dalam bidang tertentu.

Sebagai seorang blogger, akan lebih baik jika kita sudah membangun personal brand kita sendiri. Misalkan Anda ingin dikenal sebagai blogger yang jago dalam hal investasi emas, atau Anda ingin dikenal sebagai blogger yang ahli dalam bidang manajemen, atau berbagai bentuk branding lainnya.

Agar dapat mengelola blog secara profesional, tentuka brand yang ingin Anda bangun. Selanjutnya, jadikan blog sebagai sarana membangun personal brand tadi.

Dalam kegiatan blogging, dikenal istilah niche blog. Niche blog merupakan blog yang topiknya fokus ke suatu bidang. Dengan demikian, konten blog tersebut lebih terceruk.Contoh niche blog : blog tentang Facebook marketing, blog tentang menulis, blog tentang investasi reksadana. Intinya, blog tersebut punya topik yang khusus.

Nah, niche blog inilah yang ampuh dan cocok digunakan untuk membangun personal branding. Anda dapat mengembangkan sebuah blog yang memang fokus ke suatu topik tertentu.

2. Gunakan Bahasa yang Baik

Untuk tampil profesional, gunakanlah bahasa yang baik. Bahasa yang baik merupakan bahasa yang dapat diterima oleh pembaca. Kita tidak harus selalu menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Kita dapat menggunakan bahasa Indonesia yang baik.

Seperti apa bahasa Indonesia yang baik?

Bahasa Indonesia yang baik adalah bahasa yang kerap kita gunakan dalam percakapan sehari-hari. Bisa dibilang bahasa Indonesia yang baik itu bahasa Indonesia yang ndak kaku-kaku amat.

Kendati demikian, saya cenderung memakai bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam menulis di blog. Penggunaan kata “saya”, “aku”, “Anda”, atau “kamu” dapat disesuaikan dengan gaya yang ingin dipakai di blog Anda. Ada blogger yeng lebih nyaman memakai kata “aku” dibanding “saya”. Namun ada pula blogger yang memakai “saya” sebagai kata ganti orang pertama tunggal.

Pada intinya, yang lebih penting adalah kita harus bisa berkomunikasi dengan baik. Ketika pembaca bisa mengerti apa yang kita sampaikan, lalu mereka memetik manfaat, maka kita sudah berhasil dalam berkomunikasi di blog.

3. Miliki Jadwal Rutin dalam Menulis Posting

Kiat ketiga adalah miliki jadwal yang rutin dalam menulis posting. Jika Anda hanya sempat menulis satu tulisan per minggu, maka lakukanlah hal tersebut. Hindari jadwal posting yang tidak beraturan. Misalkan minggu ini Anda menulis, tapi minggu depan atau sampai dua minggu lagi Anda tidak menulis. Jika itu terjadi, pembaca akan bingung kapan sebenarnya Anda menulis posting.

Upayakan untuk menulis posting secara rutin.

Ada blogger yang memilih hari Senin sebagai hari menulis posting. Dengan demikian, blogger tadi selalu memublikasikan tulisan baru setiap Senin di blognya. Ada pula yang memilih hari Sabtu sebagai hari publikasi posting.

Tak jadi soal hari apa yang dipilih. Intinya, perbarui blog Anda secara rutin dan terjadwal.

4. Pastikan Blog Anda Mobile Friendly

Di era mobile seperti saat ini, tampilan website yang mobile friendly amatlah penting. Jika website kita tidak mobile friendly, maka hal ini bisa berpengaruh buruk terhadap citra website kita. Sebagian besar pengguna internet saat ini adalah pengguna mobile. Jadi, dapat dipastikan bahwa sebagian besar dari pengunjung web Anda akan berasal dari pengguna mobile.

Untuk itulah, kita juga harus memenuhi kebutuhan pengguna mobile. Mereka butuh tampilan website yang mobile friendly. Website Anda dikatakan mobile friendly ketika web Anda nyaman untuk diakses dari berbagai perangkat mobile.

Untuk menguji apakah web Anda sudah mobile friendly atau belum, silakan buka website Anda. Selanjutnya, restore down tampilan browser Anda. Selanjutnya, perhatikan apakah tampilan web Anda menyesuaikan diri dengan browser yang mengecil. Jika ya, maka web Anda sudah mobile friendly. Jika belum maka bisa jadi web Anda belum mobile friendly.

tampilan yang mobile friendly

Tampilan website yang mobile friendly.

Ada dua cara untuk menjadikan website Anda mobile friendly. Cara pertama adalah dengan membuat versi mobile dari web Anda. Dengan adanya versi mobile, setiap pengguna mobile yang membuka web Anda akan langsung diarahkan ke website versi mobile.

Sedangkan cara kedua adalah dengan memakai tema/template website yang responsif. Template/tema yang responsif adalah tema/template website yang akan menyesuaikan diri dengan perangkat yang mengakses web tersebut. Jadi, ketika web Anda diakses oleh perangkat mobile, otomatis tampilan web Anda akan menyesuaikan diri dengan perangkat mobile tersebut.

5. Sediakan Fasilitas Berlangganan Artikel

Anda juga perlu menambahkan fasilitas berlanggan artikel di blog. Hadirnya fasilitas ini memudahkan pembaca untuk berlangganan artikel di blog Anda. Tak hanya itu, adanya fasilitas ini juga memungkinkan Anda untuk mengumpulkan alamat email pembaca setia blog Anda.

Untuk menambahkan fasilitas ini, Anda dapat memakai layanan Feedburner. Bagi Anda pengguna Blogger, fasilitas ini sudah langsung tersedia di blog Anda. Anda tinggal menambahkannya.

Fasilitas berlangganan artikel di Blogger.

Fasilitas berlangganan artikel di Blogger.

Sedangkan bagi pengguna WordPress, Anda dapat menambahkan plugin Jetpack. Setelah plugin Jetpack aktif, Anda dapat menambahkan widget blog subscriptions.

6. Miliki Model Bisnis yang Jelas

Kiat ke-6 agar blog Anda profesional adalah miliki model bisnis yang jelas. Model bisnis yang jelas akan menjadikan blog Anda mampu menghasilkan uang bagi Anda. Tentunya uang yang Anda hasilkan dari blog dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas blog Anda. Anda dapat terus mengembangkan blog ke level yang lebih baik.

Ada banyak model bisnis yang tersedia. Anda dapat menjalankan kegiatan affiliate marketing, publikasi iklan, berjualan online, ataupun kegiatan lainnya. Anda juga bisa menjadikan blog sebagai sarana marketing bisnis yang Anda miliki. Intinya, gunakan blog tersebut untuk kegiatan yang produktif.

Dengan demikian, Anda telah menempatkan blog sebagai suatu wadah berkarya. Anda akan lebih profesional dalam mengelola blog tersebut.

Rekan pembaca sekalian, itulah beberapa kiat dalam mengelola blog secara lebih profesional. Semoga bermanfaat dan mudah-mudahan Anda sukses sebagai seorang blogger.

Jefferly Helianthusonfri

banner Kursus Bisnis Online Terlengkap

3 Comments

  1. Blog Inspiratif

    Artikelnya brilian, memberi masukan bermanfaat dengan bahasa ringan dan mudah dicerna. Terimakasih

  2. herman

    Terima kasih ilmunya semoga bermanfaat

  3. yuda

    cukup menarik

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *