Lakukan 3 Hal Ini Untuk Menjadi Blogger Produktif

Profesi blogger termasuk salah satu profesi yang menjanjikan passive income. Tak hanya sekadar menjanjikan passive income, profesi sebagai seorang blogger juga memungkinkan seseorang untuk bekerja dari mana saja, tanpa perlu terikat dengan ruang dan waktu. Seorang blogger bisa bekerja dari mana saja, asalkan ia terkoneksi ke internet.

Dengan beragam daya tarik, semakin banyak orang yang melakoni profesi sebagai seorang blogger.

Dari sekian banyak blogger yang saya jumpai, ada sejumlah blogger (lumayan banyak) yang mengalami kebingungan bagaimana cara supaya mereka bisa menjadi blogger yang produktif. Ada berbagai langkah sederhana yang bila diterapkan bisa meningkatkan produktivitas Anda berlipat-lipat.

Nah, berikut 3 hal yang dapat Anda lakukan guna menjadi seorang blogger yang lebih produktif.

1. Lakukan Pekerjaan yang Memang Harus Anda Selesaikan

Bagi sebagian orang, blogging merupakan hobi. Bagi Anda yang menjadikan blogging sebagai hobi, maka Anda harus bijak dalam membagi dan menggunakan waktu Anda. Jika Anda punya pekerjaan utama di luar profesi blogger, maka usahakan untuk mendahulukan pekerjaan utama Anda.

Saya pernah menjadi blogger paruh waktu saat SMA dan kuliah. Ketika saya SMA, saya selalu dihadapkan dengan sederet tugas sekolah. Alhasil tugas-tugas ini lumayan menyita waktu saya untuk berkarya sebagai seorang blogger.

Nah, guna mengatasi hambatan tersebut, saya membiasakan diri untuk menyelesaikan tugas-tugas sekolah dulu, baru kemudian blogging. Demikian halnya saat saya kuliah, kesibukan dan tugas semakin bertambah banyak. Bahkan saat kuliah saya juga harus membagi waktu antara blogging, kuliah, dan bisnis.

Kita perlu mendahulukan hal-hal yang penting. Mengapa? Sebab setelah hal-hal penting kita kerjakan, barulah kita punya waktu yang bebas untuk melakukan apa yang kita sukai. Jika pekerjaan utama (prioritas) belum selesai, maka kita tidak akan bebas untuk melakukan hobi.

Kunci untuk jadi produktif : buatlah skala prioritas, dan segera selesaikan hal-hal prioritas Anda.

Adanya skala prioritas akan memudahkan Anda memilah mana kegiatan yang benar-benar penting dan mendesak. Selesaikan kegiatan penting dan mendesak tadi agar Anda punya cukup waktu untuk blogging.

2. Bacalah Buku di Waktu Senggang Anda

Setiap manusia pasti punya waktu senggang dalam hari-hari yang ia jalani. Sebagai seorang mahasiswa, saya kerap punya waktu senggang saat istirahat dan pergantian kelas. Saya juga punya waktu senggang saat sedang menunggu giliran antre. Saya juga punya waktu senggang saat terjebak kemacetan ibukota. Nah, waktu-waktu senggang seperti inilah yang dapat dimanfaatkan untuk kegiatan yang produktif.

Salah satu kegiatan produktif yang dapat dilakukan saat punya waktu senggang adalah membaca. Anda dapat membaca buku-buku apa saja. Semakin banyak buku yang Anda baca maka semakin banyak pula wawasan yang Anda miliki. Dengan segudang wawasan yang Anda miliki, Anda bisa lebih produktif dalam menulis di blog.

Mulai dari sekarang, kalau mau menjadi produktif maka manfaatkan waktu luang untuk membaca atau melakukan kegiatan yang bermanfaat. Berikut rekomendasi buku-buku bermanfaat yang dapat Anda baca : Daftar Buku-Buku Terbaik yang Pernah Dibaca Jefferly Helianthusonfri.

3. Miliki Rutinitas Menulis di Pagi Hari

Ketika pertama kali menjalani kegiatan blogging, saya punya jadwal tetap untuk menulis. Sewaktu SMA dulu, saya terbiasa menulis di pagi hari. Jadi sebelum bersiap berangkat ke sekolah, saya pasti mengawali hari dengan menulis. Entah itu menulis di blog, mengerjakan naskah buku, ataupun menulis tulisan-tulisan lainnya. Sayangnya semenjak saya kuliah semester 1, saya mulai jarang menulis di pagi hari. Hal ini disebabkan karena kesibukan yang semakin bertambah dan saya yang mulai sering bangun kesiangan.

Kendati demikian, semenjak Maret 2015 saya kembali membiasakan diri untuk rutin menulis di pagi hari. Setiap pagi saya selalu menyempatkan menulis di blog JagoanPassiveIncome.com ini. Hasilnya, dalam sebulan saya bisa menulis setidaknya 30 tulisan di blog.

Bayangkan jika rutinitas ini menjadi kebiasaan Anda. Awali pagi Anda dengan sebuah tulisan yang Anda buat di blog. Biarkan kopi atau segelas teh menjadi teman hangat yang menemani pagi Anda bercerita dan berbagi lewat blog. Segarnya udara pagi akan kian nikmat ketika Anda sudah menunaikan tugas sebagai seorang blogger. Miliki kebiasaan rutin menulis di pagi hari. Jika kebiasaan ini berhasil Anda tanamkan dalam diri Anda, maka Anda akan sangat produktif dalam menulis.

Bayangkan kalau dalam sebulan Anda menulis setidaknya 30 tulisan. Jika hal ini terjadi maka dalam setahun Anda sudah menulis lebih dari 360 tulisan. Itu artinya kalau Anda sudah ngeblog selama 5 tahun, Anda sudah menulis sebanyak 1800 tulisan. Luar biasa, kan?

Hingga 2020 (saat saya berusia 23 tahun) saya menargetkan sudah menulis lebih dari 1500 tulisan di JagoanPassiveIncome.com.

Hingga 2020 (saat saya berusia 23 tahun) saya menargetkan sudah menulis lebih dari 1500 tulisan di JagoanPassiveIncome.com.

Itulah 3 cara sederhana yang apabila dilakukan akan menjadikan Anda menjadi blogger yang sangat produktif. Siap menjadi lebih produktif?

Salam Super Sukses!

Jefferly Helianthusonfri

banner Kursus Bisnis Online Terlengkap

 

7 Comments

  1. kesehatan tubuh

    memang untuk menjadi kebiasaan rutin menulis harus meluangkan waktu. Saat ini saya juga sedang berusaha meluangkan waktu tiap hari, walaupun hanya setengah artikel dan saya lanjutkan besok. Namun memang untuk menambah referensi harus harus dan harus banyak membaca. Padahal saya dulu orang yang malas membaca. Namun karena mengenal blogger, jadi senang membaca sekarang ini… alhamdulillah…

  2. Seputar Kucing

    Terimakasih mas

  3. Indriani Taslim

    Sangat setuju dengan idenya. Semoga di bulan ini semakin semangat menulis minimal 1 posting blog per hari. 🙂

  4. inspirasipagi

    keren mas tipsnya, seringkali yang mengalahkan adalah “pekerjaan lain”, ngeblog jadi labil..

  5. alie

    memang benar mas jeff harus ada jadwal pastinya kapan harus mulai menulis, tapi yang sering menjadi kendala buat saya adalah ketika sudah didepan laptop selalu ide-ide untuk menulis blank. kalau diluar itu kadang banyak sekali ide akan menulis apa.
    solusinya bagaimana ya?

  6. Passive07 (Post author)

    @Alie Solusinya bisa dengan mencatat ide-idenya mas. Saya juga sering mengalami hal tersebut. Jadi sewaktu tidak di depan komputer, ide banyak sekali. Nah, saat lagi punya banyak ide itulah, kita catat idenya.

    Selanjutnya, selagi masih ada ide, kita bisa sambil bikin outline untuk artikel di blog nantinya. Dengan demikian, kalau sudah ada outline, nanti kita akan semakin terbantu saat menulis di blog.

  7. Anggara Sugiharto

    Luarbiasa produktifnya mas Jefferly ini…saya salut sekali mas..inspiratif…mantap!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *