Memasarkan Bisnis Baru Melalui Internet Marketing

Artikel ini adalah artikel ke-2 dalam seri artikel Bagaimana Cara Marketing Bisnis Baru. Di artikel sebelumnya, saya sudah mengulas beberapa cara marketing yang dapat digunakan untuk memasarkan bisnis baru.

Jika di tulisan sebelumnya saya lebih banyak membahas tentang pentingnya lokasi, publisitas, iklan, dan referensi pribadi, maka khusus dalam tulisan ini saya akan membahas tentang cara memanfaatkan internet untuk memasarkan bisnis baru.

Berbagai Sarana Pemasaran di Internet

Ada banyak sarana pemasaran di internet. Contoh sarana pemasaran di internet :

  • website penjualan (seperti toko online),
  • blog,
  • channel di media sosial (misal : channel YouTube, akun Twitter, fans page Facebook),
  • forum komunitas,
  • email marketing,
  • iklan,
  • dan masih banyak lagi.

Prinsip memasarkan bisnis di internet adalah menjadikan bisnis Anda eksis. Artinya orang-orang harus dibuat tahu tentang keberadaan bisnis Anda. Agar bisnis kita eksis di internet, ada beberapa cara yang dapat digunakan. Cara-cara tersebut misalnya :

  • menerapkan SEO (Search Engine Optimization);
  • aktif di media sosial;
  • beriklan di internet.

SEO dan Pemanfaatan Website/Blog

Jika ingin memasarkan bisnis melalui internet, Anda bisa memanfaatkan website. Misalkan Anda punya cafe, maka Anda bisa membuat website resmi dari cafe Anda.

Jenis website yang dibangun tergantung dari jenis usaha Anda. Jika usaha Anda berbasis retail, maka jenis toko online cocok untuk dipakai sebagai website Anda. Kalau usaha Anda bukan bisnis retail (misal : cafe), maka blog sudah cukup ideal untuk dipakai sebagai sarana pemasaran bisnis Anda.

Melalui website tersebut, Anda dapat memperkenalkan bisnis Anda, menampilkan produk/layanan yang Anda jual, portofolio Anda, dan lain sebagainya. Intinya, dengan mengakses web tersebut, orang-orang jadi tahu tentang produk/layanan yang Anda hadirkan. Jika memang dibutuhkan, Anda bisa menjadikan web tersebut dapat dipakai sebagai tempat transaksi customer Anda.

Blog JagoanPassiveIncome.com. Sebuah blog dapat digunakan untuk pemasaran bisnis.

Blog JagoanPassiveIncome.com. Sebuah blog dapat digunakan untuk pemasaran bisnis.

Dalam kegiatan pengelolaan website, Anda juga akan bertemu dengan yang namanya SEO.

SEO merupakan metode optimalisasi website yang bertujuan menjadikan web Anda menempati peringkat yang optimal di mesin pencari. Dengan menerapkan SEO, website Anda bisa masuk di halaman pertama mesin pencari (misal di Google). Ketika website Anda berhasil masuk di halaman pertama mesin pencari (atau bahkan bisa ranking 1), web Anda akan dengan mudah ditemukan oleh orang-orang. Ketika web Anda mudah ditemukan oleh orang-orang, web Anda tentu akan mendapatkan banyak pengunjung.

Cara melakukan SEO dan menjadikan web Anda menempati peringkat yang optimal di mesin pencari, dapat Anda simak di tulisan berikut : Cara Menjadikan Website Ranking 1 di Google.

Aktif di Media Sosial

Media sosial juga dapat digunakan untuk menjangkau target pasar Anda. Saluran-saluran di media sosial yang dapat Anda manfaatkan misalnya : akun Facebook, halaman di Facebook, akun Twitter, akun Instagram, channel YouTube, dan lain sebagainya.

Mengenai saluran yang dipilh, hal ini tergantung dari siapa target pasar Anda dan bagaimana karakteristik bisnis Anda.

Jika bisnis Anda merupakan bisnis yang perlu melakukan edukasi terhadap target market, maka Anda dapat memakai media sosial yang bisa digunakan untuk kegiatan edukasi market. Contohnya Anda bisa pakai channel YouTube. Lewat YouTube, Anda bisa memublikasikan video-video edukatif dan informatif untuk membangun awareness dari target pasar Anda.

Misalkan jika bisnis Anda adalah jasa konsultan keuangan, maka Anda bisa membuat berbagai video edukatif tentang keuangan. Video-video tadi Anda publikasikan di YouTube. Dengan demikian, target market bisa belajar tentang keuangan dari video Anda. Lewat video tadi, Anda sekaligus sudah membangun awareness target pasar terhadap bisnis Anda.

Video edukatif yang menarik juga bisa dipakai untuk kegiatan marketing.

Video edukatif yang menarik juga bisa dipakai untuk kegiatan marketing.

Kalau bisnis Anda berupa cafe, restoran, atau tempat makan, maka media sosial seperti Facebook, Twitter, dan khususnya Instagram, sangat cocok untuk digunakan. Apalagi jika target pasar Anda adalah anak muda, maka Instagram/media sosial yang dipakai anak muda merupakan sarana yang sangat ampuh untuk digunakan.

Ambil contoh di Instagram. Anda bisa membuat akun Instagram dari bisnis Anda. Selanjutnya, isilah akun Instagram tersebut dengan konten yang relevan dengan bisnis Anda. Misalkan Anda bagikan foto cafe Anda, menu-menu spesial di cafe Anda, informasi yang bermanfaat, dan lain sebagainya. Kalau Anda jualan kopi, maka Anda bisa bagikan gambar berisi fakta-fakta menarik tentang kopi. Dengan kemasan visual yang oke, sudah pasti target pasar akan sangat suka untuk mengikuti akun Instagram Anda.

Contoh kegiatan marketing yang dilakukan oleh Starbucks melalui Instagram.

Contoh kegiatan marketing yang dilakukan oleh Starbucks melalui Instagram.

Nah, makin sering akun Instagram Anda di-tag oleh orang-orang, maka tentu bisnis Anda makin eksis. Untuk itulah, Anda tinggal mengaktifkan akun Instagram tadi. Jadikan akun tersebut ditandai oleh banyak orang. Aktiflah berinteraksi di media sosial.

Sama halnya dengan media sosial lain, Anda juga bisa manfaatkan media sosial seperti Facebook, Twitter, atau yang lainnya untuk kegiatan marketing.

Masuk ke Komunitas Target Pasar

Anda juga bisa memanfaatkan buzzer dan para key person untuk membantu bisnis Anda masuk ke komunitas target pasar. Misalkan Anda punya cafe yang ada di kota X. Nah, Anda dapat bekerja sama dengan para buzzer yang ada di kota X. Para buzzer ini biasanya punya akun media sosial yang punya banyak pengikut. Anda bisa membayar para buzzer tadi. Dengan demikian, si buzzer akan membantu mempromosikan bisnis Anda lewat jaringan media sosial yang Anda miliki. Dengan bekerja sama dengan si buzzer, Anda dapat menjangkau komunitas yang merupakan target pasar Anda.

Selain bekerja sama dengan buzzer, Anda juga bisa masuk ke komunitas dengan memanfaatkan event. Ambil contoh, Anda bisa membuat event yang ditujukan untuk menjangkau target pasar. Contoh, kalau target pasar Anda adalah mahasiswa, maka Anda bisa membuat event yang cocok untuk mahasiswa. Misalkan : lomba desain khusus untuk mahasiswa desain grafis, menjadi sponsor pers kampus, menjadi sposor event kemahasiswaan, dan lain sebagainya. Dengan demikian, Anda bisa membawa bisnis Anda menembus komunitas target pasar. Ketika bisnis Anda dekat dengan komunitas, maka si anggota komunitas akan lebih mudah untuk diubah jadi pembeli produk/layanan Anda.

Nah teman-teman, itulah beberapa cara memanfaatkan internet untuk memasarkan bisnis baru. Silakan terapkan cara-cara di atas guna meramaikan bisnis Anda. Semoga Anda sukses selalu.

Jefferly Helianthusonfri

banner Kursus Bisnis Online Terlengkap

2 Comments

  1. Dimas

    Buat blogging group dengan tema yg berbeda setiap orang, jadi bisa saling share, komen dan lain lain

  2. Komunitas Bisnis Online

    Terima kasih atas ilmu yang luar biasa ini, semoga dengan melalui internet marketing bisnis bisa jadi lancar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *