Memasarkan Jasa Melalui Blog

Blog merupakan sebuah media yang sangat bermanfaat. Sebuah blog dapat digunakan untuk beragam kepentingan. Mulai dari untuk marketing, personal branding, berbagi cerita, dan lain sebagainya. Tentunya sebuah blog juga dapat kita gunakan untuk memasarkan jasa. Bagi Anda para pebisnis di bidang jasa, Anda juga bisa menggunakan blog sebagai salah satu sarana pemasaran produk Anda.

Bagaimana cara memasarkan jasa melalui blog? Mari kita bahas panduan lengkapnya dalam tulisan berikut ini.

Blog Memudahkan Bisnis Anda Lebih Eksis di Google

Google merupakan mesin pencari yang paling banyak digunakan di Indonesia. Ketika orang Indonesia hendak membeli suatu produk di internet, mereka kerap menggunakan mesin pencari Google. Sudah tentu agar bisnis Anda lebih mudah ditemukan oleh calon pembeli, bisnis Anda harus muncul dan eksis di Google.

Dalam hal ini, blog dapat digunakan sebagai sarana membangun eksistensi bisnis Anda di internet. Blog dapat digunakan untuk :

  • mengenalkan bisnis Anda;
  • memublikasikan event yang diadakan oleh perusahaan Anda;
  • membangun interaksi dengan target pasar.

Blog/website merupakan representasi dari bisnis Anda di internet. Tanpa adanya website, tentu perusahaan Anda belum eksis di internet. Website/blog dapat diibaratkan sebagai “kantor” dari perusahaan Anda di internet. Keberadaan sebuah website dapat dimanfaatkan untuk menjadikan bisnis Anda lebih mudah ditemukan ketika dicari di Google.

Jika Anda merupakan seorang trainer, konsultan, ataupun pelaku bisnis jasa lainnya, Anda dapat memanfaatkan blog. Gunakan blog Anda untuk berbagai kegiatan bermanfaat berikut ini.

Gunakan Blog Untuk Menampilkan Portofolio Anda

Anda dapat menjadikan blog sebagai sarana untuk memajang portofolio yang sudah Anda miliki. Contoh, jika Anda merupakan seorang desainer grafis, maka Anda dapat memajang portofolio/daftar klien Anda di blog. Jika Anda menjual jasa penulisan artikel, Anda dapat memajang artikel-artikel/karya yang sudah pernah Anda buat.

Hadirnya portofolio ini diperlukan untuk meyakinkan orang-orang agar mereka semakin yakin untuk menggunakan jasa Anda.

Cara Memasarkan Jasa Melalui Blog

Berikut sejumlah cara pemasaran jasa di blog.

  • Buat halaman khusus yang menjelaskan tentang jasa yang Anda tawarkan. Halaman khusus ini digunakan untuk menjelaskan jasa yang Anda tawarkan, harga jasa Anda, prosedur pemesanan jasa, dan lain sebagainya. Intinya, dengan mengakses halaman ini, calon klien dapat dengan mudah memahami jasa yang Anda tawarkan.
  • Gunakan article marketing untuk memasarkan jasa Anda. Article marketing merupakan teknik pemasaran dengan memanfaatkan artikel. Dalam pemasaran artikel, kita akan membuat tulisan/artikel yang sifatnya bermanfaat bagi pembaca. Misalkan Anda memasarkan jasa desain. Nah, Anda dapat membuat artikel yang berkaitan dengan dunia desain (misalkan Anda membuat artikel tentang tips mendesain banner promosi). Di artikel tersebut, barulah selipkan informasi promosi jasa desain yang Anda tawarkan. Informasi promosi ini dapat Anda selipkan di akhir tulisan Anda.
  • Gunakan banner promosi. Anda dapat membuat sebuah banner promosi. Selanjutnya, tampilkan banner promosi ini di sidebar blog Anda. Dengan demikian, setiap pengunjung blog dapat dengan mudah mengetahui tentang jasa yang Anda tawarkan. Tentunya semakin banyak jumlah pengunjung blog maka makin banyak pula orang yang akan melihat penawaran jasa Anda.
Contoh promosi yang dilakukan lewat banner.

Contoh promosi yang dilakukan lewat banner.

Datangkan Pengunjung ke Blog Anda

Setelah Anda membuat blog, lalu menawarkan jasa melalui blog tersebut, tugas berikutnya adalah mendatangkan banyak orang (calon klien) ke blog Anda. Ada berbagai cara mendatangkan pengunjung ke blog. Jika Anda butuh inspirasi untuk mendatangkan trafik blog, silakan baca artikel ini : 20 Cara yang Saya Gunakan Untuk Mendatangkan Trafik Blog.

Setidaknya ada beberapa sumber trafik utama yang dapat diandalkan jika Anda menjual sesuatu melalui blog. Sumber trafik tersebut antara lain :

  • Mesin pencari (seperti Google). Agar website Anda mendapatkan trafik dari mesin pencari, web Anda perlu menempati halaman pertama pencarian. Untuk menjadikan website Anda mampu mendapatkan posisi maksimal di hasil pencarian, pastikan Anda sudah menerapkan SEO dengan baik.
  • Iklan di internet. Ada banyak program periklanan di internet. Mulai dari Facebook Ads, Google AdWords, dan berbagai program periklanan lainnya. Jika Anda ingin megiklankan jasa Anda di Google, Anda dapat mencoba program periklanan Google AdWords.
Contoh kegiatan mengiklankan jasa di Google.

Contoh kegiatan mengiklankan jasa di Google.

  • Email list Anda. Jika Anda punya blog, Anda dapat menyediakan fasilitas berlangganan artikel. Dengan demikian, orang-orang yang menyukai konten blog Anda dapat mendaftarkan email mereka untuk berlangganan artikel. Jika Anda memiliki banyak pelanggan artikel, sesekali Anda dapat mengirimkan promosi ke mereka. Dengan demikian, mereka bisa saja menjadi klien Anda.
  • Komunitas yang Anda miliki di internet. Anda juga bisa membangun komunitas di internet. Anda dapat memanfaatkan grup di Facebook, halaman Facebook, ataupun akun media sosial lain untuk membangun komunitas. Contoh sebuah komunitas di Facebook misalnya grup JagoanPassiveIncome. Nantinya komunitas ini juga dapat digunakan sebagai salah satu sumber trafik website Anda. Jika Anda baru mengeluarkan produk baru, Anda juga dapat mempromosikan produk tadi ke komunitas yang sudah Anda bentuk. Panduan lengkap cara membangun komunitas di blog dapat Anda pelajari di sini : www.BelajarBlogMarketing.com.
Contoh sebuah komunitas di Facebook.

Contoh sebuah komunitas di Facebook.

Intinya Adalah…

Intinya adalah Anda dapat memanfaatkan blog untuk kegiatan publikasi dan promosi bisnis Anda. Jadikan tampilan blog Anda nyaman untuk dilihat. Selanjutnya, tampilkan informasi lengkap tentang jasa yang Anda tawarkan. Anda dapat membuat sebuah halaman khusus yang menawarkan jasa. Lengkapi blog Anda dengan portofolio. Selanjutnya, datangkan calon klien ke blog Anda.

Salam Super Sukses!

Jefferly Helianthusonfri

banner Kursus Bisnis Online Terlengkap

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *