Mencari Panduan Blogging yang Lengkap? Ini Jawabannya

Blogger termasuk salah satu profesi yang dapat dijalankan secara fleksibel. Dengan menjalani profesi ini, Anda bisa bekerja dari mana dan kapan saja, asalkan terkoneksi ke internet. Tak melulu harus dijalankan full time, blogging juga dapat dijadikan sebagai profesi paruh waktu.

Berita baiknya, menjadi seorang blogger memungkinkan kita meraih passive income.

Oleh karena itulah, di bulan Desember 2015 ini saya merilis sebuah website baru bernama PanduanBlogging.com. Apa itu PanduanBlogging? Mengapa Anda perlu bergabung di web ini? Apa saja manfaat kalau bergabung di PanduanBlogging? Temukan jawabannya dalam tulisan berikut.

Apa Itu PanduanBlogging.com?

PanduanBlogging.com adalah website kursus online yang menyediakan puluhan tutorial untuk memandu Anda menjadi seorang blogger. Dengan mempelajari materi-materi yang sudah tersedia di PanduanBlogging, Anda bisa belajar menjadi seorang blogger. Bahkan, Anda juga akan dipandu untuk memanfaatkan blog Anda sebagai sumber passive income.

Materi yang disediakan di PanduanBlogging dapat diakses secara gratis. Bentuk materi yang disediakan antara lain dalam bentuk artikel  dan video tutorial.

Contoh materi pembelajaran dalam bentuk video tutorial di PanduanBlogging.com.

Contoh materi pembelajaran dalam bentuk video tutorial di PanduanBlogging.com.

Materi yang tersedia di PanduanBlogging meliputi :

  • materi memulai blog (Anda dipandu untuk memulai dan merencanakan sebuah blog);
  • materi penyediaan konten blog (Anda dipandu untuk bisa menghasilkan konten-konten berkualitas di blog);
  • materi pengelolaan blog (Anda dipandu untuk bisa mengelola blog yang berbasis WordPress);
  • materi mendatangkan trafik blog (Anda dipandu untuk bisa mendatangkan trafik/pengunjung untuk blog Anda);
  • materi monetisasi blog (lewat materi ini, Anda akan dipandu untuk bisa menghasilkan uang dari blog yang Anda miliki).

Mengapa Saya Menghadirkan PanduanBlogging.com?

panduan blogging

Ide untuk menghadirkan website kursus online tentang blogging sebenarnya sudah terlintas sejak lama. Beberapa tahun lalu (sekitar tahun 2013), saya sempat membuat website yang menyediakan tutorial blog. Namun sayangnya rencana tersebut tidak berjalan sempurna. Karena kurangnya konsistensi, website yang sempat saya kembangkan di 2013 itu pun sudah tidak aktif.

Untuk itulah, di penghujung 2015 ini saya menghadirkan PanduanBlogging. Berbeda dengan web sebelumnya, materi yang ada di PanduanBlogging sudah relatif lebih lengkap dan banyak. Hingga tulisan ini dibuat, total sudah ada 56 materi pembelajaran.

Alasan lain mengapa saya menghadirkan PanduanBlogging dapat Anda baca di sini : tentang PanduanBlogging.

Apa Saja yang Didapat Jika Bergabung di PanduanBlogging?

Jika Anda bergabung di PanduanBlogging, Anda akan mendapatkan materi pembelajaran seputar blogging. Materi ini tersedia secara gratis. Tak hanya itu, sebagai member PanduanBlogging, Anda juga bisa bertanya langsung pada saya. Anda bisa bertanya tentang blogging dan bisnis online.

Bagaimana Cara Bergabung di PanduanBlogging?

Untuk bergabung di PanduanBlogging, Anda tinggal mengunjungi website http://PanduanBlogging.com. Selanjutnya, daftarkan email Anda. Anda perlu mendaftarkan email karena materi pembelajaran yang tersedia akan diinformasikan via email.

Form pendaftaran email di PanduanBlogging.com

Form pendaftaran email di PanduanBlogging.com

Selain itu, dengan mendaftarkan email, Anda juga akan menerima update terbaru jika ada materi terbaru. Setiap kali ada materi terbaru di PanduanBlogging, saya akan menginformasikannya kepada Anda.

Setelah mendaftarkan alamat email, Anda tinggal melakukan konfirmasi pendaftaran. Silakan cek email Anda dan klik link konfirmasi yang sudah dikirimkan ke email Anda.

Nah teman-teman, semoga bermanfaat dan selamat bergabung di PanduanBlogging.com. 🙂

Jefferly Helianthusonfri

3 Comments

  1. penulis online

    Panduan blogging itu premium konten yah mas? apakah bahannya semua dari video youtube
    biasa rada kurang mudeng kalau cuma text basae aja 😀

  2. Fadhil MG

    apa kegunaan SEO

  3. Passive07 (Post author)

    @Fadhil MG. SEO (Search Engine Optimization) adalah metode optimalisasi agar website bisa menempati peringkat yang baik di mesin pencari. Gunanya SEO adalah menjadikan web kita punya peringkat yang bagus di Google ataupun mesin pencari lainnya.

    Kalau web kita bisa ranking 1 di Google, tentu akan banyak orang yang datang ke web kita.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *