Panduan Blog : Mendapatkan Ide Menulis dari Kata Kunci Blog

Selamat datang dalam seri artikel panduan blog.

Dalam seri tulisan panduan blog, saya membagikan tips-tips dan panduan blogging untuk memandu Anda meraih passive income dari blog.

Nah, khusus di tulisan ini, saya akan membahas salah satu kiat mendapatkan ide menulis yang sangat ampuh. Usai membaca tulisan ini, dijamin Anda akan selalu kaya ide menulis di blog.

Persoalan tentang ide kerap kali menjadi salah satu tantangan dalam kegiatan blogging. Ketiadaan ide termasuk salah satu hal yang menghamat produktivitas seorang blogger. Beberapa teman blogger pernah bercerita bahwa salah satu kesulitan mereka dalam blogging adalah menemukan ide menulis.

Dalam materi di KeajaibanMenulis, salah satu teknik menemukan ide menulis yang saya bagikan adalah dengan rajin membaca buku dan blog-blog yang relevan dengan bidang tulisan kita. Namun, selain teknik tadi juga ada cara sederhana lainnya yang dapat kita gunakan kalau ingin mendapatkan ide.

Seperti apa caranya? Simak pembahasan berikut.

Menemukan Ide Tulisan dari Menganalisis Kata Kunci Blog

Agar bisa menggunakan teknik ini, pastikan di blog Anda sudah tersedia fasilitas statistik pengunjung. Fasilitas statistik pengunjung diperlukan agar kita bisa mendapatkan informasi-informasi penting terkait pengunjung blog.

Bagi Anda pengguna Blogger, fasilitas statistik ini sudah tersedia dan dapat diakses di menu statistik.

Nah, di halaman statistik, Anda akan menjumpai beragam data tentang pengunjung blog Anda. Anda bisa tahu berapa banyak tayangan laman blog Anda, Anda bisa tahu dari mana datangnya pengunjung web Anda, dan masih banyak lagi.

Untuk melihat kata kunci yang mendatangkan pengunjung ke blog, silakan Anda masuk ke menu statistik > sumber lalu lintas.

statistik di BloggerDi bagian telusur kata kunci, Anda akan menjumpai berbagai kata kunci yang digunakan oleh pengunjung blog Anda.

sumber lalu lintas BloggerTak hanya pengguna Blogger, Anda pengguna WordPress juga bisa menganalisis kata kunci blog Anda. Bagi Anda pengguna WordPress self hosted (WordPress yang diinstal di hosting), Anda dapat menggunakan plugin Jetpack, lalu mengaktifkan fitur WordPress.com stats.

Secara default, di WordPress tidak tersedia fasilitas statistik. Untuk menyediakan fasilitas statistik di WordPress, Anda perlu bantuan plugin Jetpack. Andaikan plugin Jetpack sudah diaktifkan, pastikan Anda mengaktifkan fitur WordPress.com stats.

Setelah fitur WordPress.com stats aktif, Anda dapat mengakses statistik blog WordPress di menu jetpack > site stats.

site stats wordpressBerikutnya arahkan perhatian pada search engine terms. Di bagian search engine terms, Anda menjumpai berbagai kata kunci yang mendatangkan pengunjung ke blog Anda.

search engine terms 2Jika Anda ingin melihat kata kunci secara lebih detail, Anda dapat mengklik other search terms. Selanjutnya, WordPress.com stats menampilkan seluruh kata kunci yang mendatangkan pengunjung ke blog Anda.

other search termsApabila Anda ingin melihat daftar kata kunci sesuai hari tertentu, silakan klik pada hari yang ingin Anda lihat. klik periode waktu

Setelah Anda klik, Anda akan disuguhi data-data tanggal tersebut. Arahkan perhatian ke search engine terms untuk melihat berbagi kata kunci yang mendatangkan pengunjung ke blog Anda pada hari tersebut.

daftar kata kunci sumber ide
Mendapatkan Ide Menulis dari Kata Kunci yang Masuk

riset kata kunciSetelah melihat berbagai kata kunci yang masuk ke blog, Anda dapat menjadikan daftar kata kunci tersebut sebagai salah satu sumber ide Anda. Contoh, apabila kata kunci yang masuk adalah rahasia sukses orang Jepang, maka kita sebagai blogger bisa membuat tulisan yang topiknya berkaitan dengan rahasia sukses orang Jepang. Demikian halnya untuk kata kunci lainnya. Berbagai kata kunci yang ada dapat dijadikan sebagai sumber ide tulisan.

Daftar kata kunci merupakan sumber ide yang sangat baik.

Mengapa?

Sebab ketika kita membuat artikel berdasarkan daftar kata kunci, artikel kita pasti menjawab pertanyaan orang-orang (menjadi solusi bagi orang-orang). Dengan demikian, tulisan yang kita buat sudah pasti akan bermanfaat bagi pembaca.

Ketika kita menjadikan daftar kata kunci sebagai sumber ide, tulisan yang kita buat juga akan lebih sesuai bagi kebutuhan pembaca blog. Hal ini sangatlah baik sebab bisa menjadikan blog Anda makin bermanfaat bagi pembaca.

Untuk itu, di sela-sela waktu kegiatan blogging, upayakan mengecek kata kunci yang masuk secara berkala. Pada intinya, kegiatan menganalisis data-data pengunjung seperti mempelajari kata kunci yang masuk, melihat sumber trafik website, merupakan kegiatan yang tak terpisahkan dalam upaya menjadi seorang blogger sukses.

Semoga bermanfaat dan salam super sukses!

Jefferly Helianthusonfri

banner Kursus Bisnis Online Terlengkap

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *