Panduan Investasi Emas : Cara Mudah Membeli Emas

Di tulisan sebelumnya, saya sudah membahas pentingnya menabung dalam bentuk emas.

Kita tahu bahwa dengan menabung emas, nilai uang kita tidak akan tergerus oleh inflasi.

Nah pertanyaan berikutnya adalah bagaimana cara mudah membeli emas? Emas seperti apa yang perlu kita tabung?

Mari kita bahas dalam tulisan berikut.

Pilih Emas 24 Karat

Ketika hendak menabung emas, yang paling disarankan adalah kita menabung emas 24 karat. Mengapa? Sebab emas 24 karat punya kadar emas yang lebih tinggi dibanding jenis emas lainnya. Tingkat kadar emasnya mencapai 99%. Dengan demikian, harga jual emas 24 karat biasanya akan lebih tinggi dibanding dengan jenis emas dengan kadar yang lebih rendah.

Jika  hendak memilih emas yang akan dibeli, sebaiknya Anda memilih jenis emas batangan. Emas batangan ini ada berbagai jenis, misalnya emas lokal dan emas buatan PT Aneka Tambang. Tak jadi soal jenis emas batangan apa yang Anda miliki, selagi kadar emasnya tinggi maka tentu harga jualnya akan tinggi.

Tempat Membeli Emas

Anda bisa membeli emas di toko emas kepercayaan Anda. Setiap kota pasti punya toko emas. Nah, Anda bisa beli emas di toko yang Anda percaya, misal di toko langganan Anda. Biasanya, toko emas menyediakan jenis emas lokal. Emas lokal adalah emas yang dihasilkan dari suatu daerah. Sekalipun emas lokal, tak jadi soal, yang paling penting adalah kadar emasnya. 🙂

Selain membeli di toko emas, Anda juga bisa membeli emas di Unit Bisnis, Gedung Pusat, ataupun di Cabang-Cabang Antam.

Selain itu, Anda juga bisa membeli emas melalui Pegadaian. Tidak semua daerah Indonesia punya unit bisnis Antam, oleh karena itu Pegadaian dapat menjadi salah satu pilihan Anda. Setahu saya, Kantor Cabang Pegadaian tersebar di seluruh Indonesia. Jadi, Anda tinggal datang ke Pegadaian, lalu Anda bisa beli emas batangan di sana.

Selain pilihan-pilihan tadi, juga tersedia pilihan membeli emas secara online. Cukup banyak website yang menawarkan layanan pembelian emas secara online. Anda dapat mencari informasi lebih lengkap lewat pencarian Google.

Hanya saja, cara yang paling umum dalam membeli emas adalah membeli emas lewat Pegadaian atau toko emas kepercayaan Anda.

Dua Cara Mudah Membeli Emas

Jika tujuan Anda adalah menabung dalam bentuk emas, maka waktu terbaik untuk membeli emas adalah saat Anda punya uang. Tak jadi soal apakah harga emas sedang naik atau sedang turun. Toh tujuan utama kita adalah mengalihkan uang yang kita miliki ke dalam bentuk emas.

Sebelum membeli emas, Anda bisa cek dulu harga emas hari ini. Untuk mengecek harga emas, Anda tinggal googling. Salah satu website yang menyediakan info harga emas secara harian adalah website Harga-Emas.org. Ketika Anda merasa harganya sudah pas, maka Anda bisa segera membeli emas.

Ada dua cara yang memudahkan Anda untuk membeli emas.

  • Cara pertama : beli emas secara langsung saat Anda punya uang. Misalkan Anda baru gajian, Anda baru menerima pembayaran royalti, deviden, atau hasil dari bisnis. Nah Anda bisa langsung menabung uang tadi dalam bentuk emas. Sisihkan uang Anda untuk ditabung dalam bentuk emas. Akan lebih baik kalau setiap bulan Anda memang mengganggarkan dana khusus untuk ditabung dalam bentuk emas.
  • Cara kedua : beli emas lewat sistem cicilan di Pegadaian atau bank syariah. Ketika Anda membeli emas di Pegadaian, Anda dapat memakai sistem cicilan. Jangka waktu cicilannya beragam. Mulai dari tiga bulan, enam bulan, hingga tiga tahun (36 bulan). Jika Anda ingin memakai cara ini, Anda tinggal datang ke Pegadaian, lalu lakukan pembelian emas. Harga emas yang dipakai adalah harga hari ini. Contoh, jika harga emas hari ini adalah 520 ribu Rupiah per gram, maka harga yang akan dipakai saat transaksi adalah harga hari ini. Jadi, nanti cicilan Anda tiap bulannya akan tetap dan tidak terpengaruh oleh perubahan harga emas. Kekurangan dari sistem cicilan adalah Anda harus membayar biaya margin. Sebab biaya margin inilah yang akan jadi keuntungan Pegadaian. Jadi misalkan harga emas hari ini adalah 5.200.000 Rupiah per 10 gram. Nah untuk emas 10 gram, Anda harus membayar lebih dari 5.200.000 Rupiah. Besarnya margin tergantung seberapa lama Anda menyicil. Selain di Pegadaian, Anda juga bisa beli emas di sejumlah bank syariah. Anda tinggal memilih mana jalur pembelian yang paling cocok bagi Anda.
Dengan sistem cicilan, Anda bisa menabung emas secara konsisten dan berkelanjutan.

Dengan sistem cicilan, Anda bisa menabung emas secara konsisten dan berkelanjutan.

Anda bebas memilih cara yang paling sesuai bagi Anda. Jika Anda punya penghasilan tetap, ingin konsisten menabung emas, maka Anda bisa memilih cara kedua. Dengan adanya sistem cicilan ini, kita bisa membeli emas dalam jumlah besar sekalipun uang yang kita miliki saat ini belum cukup. Selain itu, selama mencicil, emas akan tetap disimpan di Pegadaian. Hitung-hitung, Pegadaian jagain emas kita. 🙂

Semakin muda Anda menabung emas, maka keuntungan yang Anda dapat juga akan semakin besar. Emas ini cocok untuk tabungan jangka menengah dan panjang.

Oh iya, saat membeli emas, lebih enak kalau Anda membeli emas dalam bentuk potongan-potongan. Misal Anda berencana membeli 100 gram emas. Akan lebih baik kalau Anda memecah emas tadi menjadi potongan-potongan lebih kecil, misal : 3 keping 25 gram, 2 keping 10 gram, dan 1 keping 5 gram. Mengapa? Sebab jika suatu saat Anda butuh dana, Anda tidak harus menggadaikan atau menjual satu keping besar emas tadi. Anda tinggal jual/gadaikan sesuai kebutuhan saja.

Miliki Berbagai Jenis Investasi

Dalam berinvestasi, akan lebih baik kalau kita berinvestasi di berbagai bentuk investasi. Istilahnya kita melakukan diversifikasi investasi. Jadi kita punya berbagai bentuk investasi. Termasuk, bagi Anda yang sedang menabung emas. Kalau bisa jangan hanya menabung emas. Diversifikasi investasi dapat membagi risiko investasi. Jika semua uang Anda alihkan ke emas, maka jika suatu saat harga emas jatuh, maka tentu uang Anda akan tergerus drastis.

Pun demikian dalam hal investasi lain. Jangan semua uang Anda tanamkan di properti. Jika suatu saat properti jatuh, maka kita masih bisa selamat. Sekalipun kita menabung emas, kita tetap butuh tabungan di bank lho. Sebab sehari-hari kita kan tetap perlu bertransaksi pakai rekening bank. 🙂

Nah teman, itulah beberapa tips dan panduan untuk Anda yang ingin menabung emas. Sampai jumpa di tulisan berikutnya dalam seri panduan investasi emas. Di tulisan berikutnya saya akan membahas tentang kiat memanfaatkan tabungan emas Anda.

Sampai jumpa,

Jefferly Helianthusonfri.

panduan lengkap meraih kebebasan finansial

2 Comments

  1. Ricky Rachmanto

    Hallo mas Jeff, kok udah gak nongol lagi di Fb, sharing-sharing di JSC juga udah kurang. Kemana yaaa ? semoga sehat dah dan rezekinya lancar terus. Amin 🙂

  2. franky honda bogor

    Malam Mas Jeff, saya makin suskes selalu ya, saya lihat sekarang mas Jeff telah banyak terbitin buku di Gramedia saya lihat dan saya sudah koleksi 3 buku Mas Jeff, semoga suskes selalu Mas, bahasanya ringkas dan mudah saya mengerti…

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *