Passive Income dari Blog : 5 Jenis Blog yang Perlu Anda Ketahui

Ketika kita ingin menghasilkan passive income dari blog, sudah tentu kita harus mampu membangun blog yang sukses.

Untuk bisa sukses dalam dunia blog kita perlu memiliki pengetahuan yang mencukupi dalam blogging.

Nah andaikan saat ini Anda hendak memulai sebuah blog, lalu Anda bingung blog seperti apa yang akan dibuat.

Dalam tulisan ini, saya akan memberikan penjelasan tentang 5 jenis blog yang perlu Anda ketahui. Pemahaman tentang 5 jenis blog ini akan memudahkan Anda untuk memulai sebagai seorang blogger.

Ada 5 jenis blog, yakni sebagai berikut.

1. Blog Pribadi (Personal)

Jenis blog yang pertama adalah blog personal.

Blog personal biasanya dimanfaatkan oleh para blogger untuk sekadar memublikasikan catatan harian mereka. Hal-hal yang dibahas dalam blog jenis ini adalah hal-hal personal. Blog personal biasanya tidak ditujukan untuk blog monetizing. Dengan demikian, si blogger melakukan blogging lebih kepada hobi dan mengisi waktu luang.

Dalam blog personal, si blogger akan menampilkan identitas pribadi mereka. Mereka akan banyak bercerita tentang pribadi mereka. Dalam tulisan yang dibuat pun, orientasi si blogger lebih kepada menceritakan pengalaman dan cerita personal mereka.

2. Niche Blog

Niche blog adalah sebuah blog yang fokus membahas suatu topik. Ciri utama dari sebuah niche blog adalah blog tersebut memuat banyak artikel/tulisan, yang mana tulisan tadi ditujukan untuk menjadikan blog ini bisa menempati peringkat yang maksimal di mesin pencari. Sumber trafik niche blog berasal dari mesin pencari.

Ketika membuat sebuah niche blog, si blogger akan melakukan riset kata kunci untuk mengetahui kata kunci apa saja yang dicari oleh pengguna internet. Selanjutnya, ia akan menulis berdasarkan hasil riset kata kunci tadi. Dengan demikian, isi dari blognya fokus pada tulisan-tulisan yang dicari oleh pengguna internet.

Tujuan pembuatan niche blog biasanya untuk kegiatan monetisasi. Dengan demikian, niche blog ini akan dipakai oleh pemiliknya untuk kegiatan make money dari blog. Entah itu dengan menawarkan produk afiliasi, menawarkan produk miliknya sendiri, ataupun dengan menampilkan iklan di niche blog tersebut.

Contoh niche blog misalnya blog : CaraMemulaiBisnis.info.

Tampilan blog CaraMemulaiBisnis.info.

Tampilan blog CaraMemulaiBisnis.info.

3. Blog Otoritas

Blog otoritas adalah sebuah blog yang dibangun dengan tujuan menjadi blog populer dan blog nomor satu di sebuah bidang. Ada kesamaan antara blog otoritas dengan blog niche. Kesemaannya adalah kedua blog ini sama-sama fokus membahas suatu topik. Hanya saja, ada perbedaan antara keduanya.

Blog otoritas tidak hanya mengandalkan mesin pencari sebagai sumber trafik. Blog otoritas mengandalkan berbagai sumber trafik, seperti Facebook, Twitter (atau media sosial lain), email, iklan, dan berbagai sumber trafik lainnya. Selain itu, ada kalanya si blogger akan menampilkan profil mereka secara jelas di blog ini. Mengapa? Karena blog otoritas cenderung dimanfaatkan untuk kegiatan membangun personal branding.

Selain itu, blogger yang membangun blog otoritas tidak hanya menulis berdasarkan apa yang dicari oleh pengguna internet. Tulisan-tulisan mereka banyak berasal dari pengalaman, pemikiran, ataupun inspirasi yang mereka dapatkan. Hal ini tentu berbeda dengan blog niche di mana si blogger menulis berdasarkan riset kata kunci semata.

Contoh blog otoritas misalnya blog JagoanPassiveIncome.com. Blog ini memiliki konten yang tersegmentasi/niche (yakni hanya membahas tentang bisnis, investasi, dan passive income). Kendati demikian, dalam blog ini saya selaku blogger juga melakukan personal branding dan menampilkan profil saya. Tujuan saya membuat blog JagoanPassiveIncome.com, salah satunya adalah menjadikan blog ini sebagai blog nomor satu dalam bidang bisnis, investasi, dan passive income.

Sama seperti blog niche, blog otoritas juga dapat dijadikan sebagai sumber passive income. Biasanya tujuan pembuatan blog otoritas antara lain :

  • Untuk kepentingan personal branding si blogger,
  • Untuk kepentingan monetisasi.

Ada beragam cara monetisasi yang dapat digunakan di blog otoritas, bisa dengan melalui affiliate marketing, iklan/sponsorship, dan menjual produk sendiri (seperti seminar/workshop/kelas/buku, dsb).

Blog JagoanPassiveIncome.com termasuk blog otoritas.

Blog JagoanPassiveIncome.com termasuk blog otoritas.

4. Blog Perusahaan

Jenis blog yang ke-4 adalah blog perusahaan. Sesuai dengan namanya, blog ini dibuat dan dimiliki oleh sebuah perusahaan. Tujuan dari blog ini lebih kepada untuk publikasi suatu perusahaan. Dengan demikian blog perusahaan cenderung dimanfaatkan untuk penyebaran pengumuman, marketing sebuah perusahaan, ataupun sarana membangun relationship dan interaksi dengan konsumen.

Contoh sebuah blog perusahaan : Blog Infolinks.

Tampilan blog Infolinks.

Tampilan blog Infolinks.

5. Blog Spam

Jenis blog yang ke-5 adalah blog spam. Sesuai dengan namanya, blog ini lebih mengarah kepada kegiatan spamming. Blog spam ini biasanya dibuat dengan konsep AGC (automatically generated content), di mana konten blog tersebut akan muncul secara otomatis. Konten blog tersebut biasanya diambil dari blog/web lain dengan menggunakan script/aplikasi khusus. Dengan aplikasi ini, si blogger dapat mengambil konten dari web lain untuk selanjutnya konten tersebut dipublikasikan di blog spam yang ia miliki.

Blog AGC juga dapat digunakan untuk kegiatan monetisasi. Biasanya blog jenis ini digunakan untuk monetisasi melalui iklan. Si blogger memasang bayak iklan di blog tersebut, lalu ketika orang mengklik iklan tadi maka si blogger akan mendapatkan komisi.

Hanya saja blog jenis ini cenderung tidak bertahan lama. Mengapa? Karena blog spam rawan terkena penalti dari Google. Ketika sebuah blog spam terpenalti dari Google/mesin pencari maka otomatis sumber trafiknya hilang.

Itulah 5 jenis blog yang perlu Anda ketahui. Jika Anda ingin menghasilkan uang dari blog maka ada baiknya Anda memilih membangun blog niche atau blog otoritas. Jika Anda ingin membangun passive income plus melakukan kegiatan personal branding maka sebaiknya Anda membangun blog otoritas. Nah kalau Anda ingin membangun passive income melalui jalur anonim (Anda tidak ingin profil Anda diketahui oleh pembaca blog) Anda dapat memilih membuat niche blog.

Salam Super Sukses!

Jefferly Helianthusonfri

banner Kursus Bisnis Online Terlengkap

Sumber gambar : Mkhmarketing.

2 Comments

  1. Blogger Garut

    Saya sendiri sedang membangun beberapa blog niche, mulai dari niche kesehatan, blogging, digital marketing gan. Terimakasih banyak atas infonya salam kenal by Mitra Google Indonesia

  2. masandi wibowo

    terima kasih infonya ini memperjelas buat saya blog jenis apa yang harus saya buat.
    otoritas blog sepertinya akan bertahan lebih lama jika di bangun sesuai minat dan passion, dan bagus untuk karir si blogger.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *