Passive Income dari Blog : Cara Menulis Artikel yang Menarik di Blog

Ketika ingin memiliki passive income dari blog, sudah tentu blog kita harus memiliki trafik.

Mengapa?

Karena ketika sebuah blog tidak memiliki trafik maka tidak ada orang yang mengunjungi blog tersebut. Bagaimana sebuah blog dapat menghasilkan uang kalau blog tersebut tidak dikunjungi orang-orang.

Dari sekian banyak cara mendatangkan trafik blog, pada dasarnya kita perlu kembali lagi ke hal mendasar : mengapa orang mau mengunjungi blog kita?

Mengapa orang mau mengunjungi blog kita?

Sudah tentu karena konten.

Konten yang berkualitas adalah nyawa dari sebuah blog. Tanpa konten yang berkualitas, maka kesuksesan sebuah blog bisa dibilang tidak akan bertahan lama. Blog yang kaya konten berkualitas akan lebih disukai pembaca. Blog yang punya banyak konten berkualitas akan memiliki pembaca setia.

Lantas, bagaimana cara menyajikan konten (artikel/tulisan) yang berkualitas di blog?

Pada tulisan ini saya akan membagikan beberapa tips yang dapat Anda terapkan guna menyajikan koten berkualitas di blog. Tak hanya itu, saya juga akan membagikan sederet cara menulis artikel yang menarik di blog. Simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

1. Milikilah Sumber Ide Menulis

Agar Anda bisa produktif dalam menulis, Anda perlu memiliki banyak sumber ide. Apa saja sumber ide?

Ide bisa datang dari beragam hal. Berikut beberapa sumber ide saya dalam menulis di blog :

  • Buku-buku berkualitas yang berkaitan dengan topik blog saya.
  • Blog pesaing/blog lain yang topiknya sejenis dengan blog saya.
  • Pengalaman pribadi.
  • Berita-berita terkini terkait dengan bidang blog saya.

Ketika saya bingung hendak menulis apa, saya akan membaca buku yang topiknya berkaitan dengan blog saya. Contoh, untuk memudahkan saya menulis di JagoanPassiveIncome.com, saya banyak membaca buku-buku bisnis dan investasi. Saya membaca tulisan-tulisan Robert Kiyosaki, Hermawan Kartajaya, Tung Desem Waringin, dan beragam tokoh-tokoh dunia bisnis lainnya.

Selain datang dari buku, ide blog juga bisa datang dari blog lain yang topiknya sejenis. Contoh, untuk memudahkan saya menulis di JagoanPassiveIncome.com, saya banyak membaca blog-blog seputar passive income dari blogger luar negeri. Salah satunya saya sering membaca tulisan Pat Flynn.

Ide juga bisa datang dari pengalaman pribadi. Menulis dari pengalaman pribadi sangatlah mengasyikkan. Anda dapat berbagi pengalaman, sambil Anda dapat menebar manfaat. Bahkan, Raditya Dika (salah satu penulis komedi paling populer di Indonesia) menganjurkan kita menulis dari kegelisahan pribadi.

Tak hanya dari pengalaman pribadi, saya juga mendapatkan ide menulis dari berbagai berita terkini terkait bidang blog saya. Ambil contoh, untuk menulis di JefferlySuperClub.com, saya kerap kali mengikuti perkembangan dunia bisnis internet dan internet marketing. Saya mengikuti perkembangan perubahan algoritma Google, saya mengikuti perkembangan fitur-fitur baru di Facebook. Intinya saya berusaha tetap update dengan beragam informasi aktual. Hal yang sama juga dapat Anda terapkan dalam kegiatan blogging yang Anda lakukan.

2. Penuhi Kebutuhan Pembaca Blog Anda

Agar bisa memuaskan pembaca blog, Anda perlu tahu apa yang menjadi kebutuhan mereka. Sebagai seorang blogger Anda harus tahu apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh pembaca blog.

Anda dapat merenungkan pertanyaan ini : Mengapa mereka datang ke blog saya? Apa yang mereka cari?

Apakah mereka mencari hiburan? Apakah mereka mencari informasi terbaru? Atau mereka justru membutuhkan inspirasi? Atau mungkin mereka membutuhkan panduan (cara) melakukan suatu hal dengan lebih baik?

Anda harus betul-betul memahami apa yang sebenanrya dibutuhkan pembaca blog Anda. Kalau blog Anda berupa media online, maka konten-konten Anda haruslah selalu aktual dan mencerahkan pembaca. Lihatlah situs seperti Kompas.com atau media online lainnya menyajikan konten mereka. Anda dapat menjadikan media online yang sudah mapan sebagai role model dalam menyajikan konten.

Lain halnya kalau blog Anda bertujuan untuk memandu pembaca melakukan sesuatu dengan lebih baik. Blog-blog yang termasuk kategori ini biasanya adalah blog yang berisi tutorial (panduan) melakukan suatu hal. Jika blog Anda adalah blog panduan fotografi maka blog Anda termasuk kategori blog tutorial. Jenis konten yang dibutuhkan pembaca sudah tentu adalah konten tutorial (panduan melakukan suatu hal). Anda harus membuat konten yang mudah dipahami dan dipraktikkan. Tujuannya supaya kebutuhan pembaca blog Anda terpenuhi.

Dalam bidang jurnalistik, ada tiga komponen yang menandakan bahwa sebuah tulisan itu baik. Tiga komponen tersebut antara lain :

  • Tulisan tersebut menghibur. Intinya, ketika orang membaca tulisan kita mereka bisa merasa terhibur. Setidaknya, mereka bisa sejenak keluar dari permasalahan sehari-hari mereka. Ketika beban pembaca sedikit terangkat dan mereka teralihkan dari rutinitas hidup, tulisan Anda sudah termasuk menghibur (entertain).
  • Tulisan tersebut informatif (memberi pengetahuan baru bagi pembaca). Tulisan yang baik juga informatif. Artinya setelah orang membaca tulisan Anda, mereka mendapatkan pengetahuan baru.
  • Tulisan tersebut menginspirasi. Tulisan yang bagus juga merupakan tulisan yang menginspirasi. Setelah pembaca mendapatkan pengetahuan baru, mereka bisa terinspirasi dan bahkan menemukan solusi atas permasalahan yang mereka hadapi.

Ketika tiga hal di atas sudah ada dalam tulisan di blog Anda, maka Anda sudah berhasil menyajikan konten yang sangat berkualitas.

3. Teknik Agar Pembaca Mudah Memahami Isi Tulisan Anda

Ada sejumalh teknis menulis yang dapat diterapkan agar pembaca mudah memahami isi tulisan Anda. Berikut teknik-tekniknya :

  • Gunakan paragraf yang pendek. Ada sedikit perbedaan ketika kita menulis di media online dan media offline. Di media online (media digital), sebaiknya kita menggunakan paragraf yang pendek. Mengapa? Karena paragraf yang panjang akan membuat mata cepat lelah. Lebih nyaman membaca paragraf pendek dalam perangkat digital. Usahakan paragraf Anda tidak lebih dari 5 kalimat (idelnya 3 kalimat).
Gunakan paragraf yang pendek.

Gunakan paragraf yang pendek.

  • Gunakan kalimat yang efektif. Hindari pemborosan kata. Kalimat yang pendek dan efektif lebih mudah untuk dipahami.
  • Gunakan tanda baca dengan tepat. Adakalanya kita perlu menulis kalimat yang panjang. Nah jika kita menulis kalimat yang panjang, gunakanlah tanda baca (terutama tanda koma) dengan baik. Letakkan tanda koma pada tempat yang tepat agar pembaca lebih mudah memahami isi kalimat Anda.
  • Ada baiknya lengkapi tulisan Anda dengan gambar pendukung. Jika tulisan Anda adalah tulisan tutorial maka lengkapi tulisan Anda dengan gambar pendukung. Gambar-gambar pendukung akan menjadikan sebuah tutorial menjadi lebih mudah dipahami.
  • Gunakan pola kalimat yang tepat. Salah satu kesalahan terbesar yang kerap dilakukan oleh para pemula dalam menulis adalah mereka menggunakan pola kalimat yang berantakan. Pola kalimat yang berantakan akan menjadikan sebuah tulisan sulit dipahami. Supaya terhindar dari penggunaan pola kalimat yang salah, terapkanlah teknik menulis sesuai dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
Contoh kalimat yang tidak efektif dan pola kalimat yang salah.

Contoh kalimat yang tidak efektif dan pola kalimat yang salah.

  • Berikan contoh konkret untuk konsep yang Anda bahas di blog. Saat Anda membahas suatu konsep, ada baiknya Anda juga memberikan contoh konkret dari konsep yang Anda jelaskan. Misalkan saat saya membahas konsep dan pengenalan affiliate marketing. Untuk memudahkan pembaca, saya menganalogikan profesi affiliate marketer seperti seorang broker yang mendapatkan komisi dari setiap penjualan yang berhasil ia lakukan. Menggunakan contoh dan istilah yang dekat dengan kehidupan sehari-hari akan memudahkan pembaca memahami isi tulisan Anda.

Itulah beberapa teknik yang kerap kali saya gunakan untuk membuat tulisan yang sederhana dan mudah dipahami. Jika Anda ingin belajar berbagai teknik menulis lainnya, Anda dapat belajar di KeajaibanMenulis.com.

Rekan pembaca sekalian, itulah teknik, tips, dan cara yang dapat Anda terapkan agar bisa menulis artikel yang berkualitas di blog. Kesimpulannya sebagai berikut :

  • Milikilah banyak ide menulis, caranya : bacalah buku ataupun tulisan yang berkaitan dengan topik blog Anda, renungkan kembali pengalaman Anda, belajarlah secara terus menerus.
  • Ketahui apa yang dibutuhkan pembaca, lalu penuhi kebutuhan mereka.
  • Buatlah tulisan yang sederhana dan mudah dipahami. Ingatlah kata-kata Albert Einstein berikut ini.

quotes albert einstein tentang kesederhanaanSalam Super Sukses!

Jefferly Helianthusonfri

banner Kursus Bisnis Online Terlengkap

Sumber gambar : John O’Nolan.

2 Comments

  1. Bobby

    gan kalo ane mau nulis blog tapi sumbernay dari buku org lain gmna?

    takut kena pelanggaran hak cipta

  2. Passive07 (Post author)

    @Bobby.
    Kamu bisa lakukan cara ini. Caranya kamu tuliskan ulang bahasan tadi dengan bahasa kamu sendiri. Istilahnya kamu parafrasekan. Jangan copy paste. Mengutip boleh asal kamu mencantumkan sumber.

    Dan kalau kamu sudah parafrase, kamu juga perlu mencantumkan sumber buku yang kamu kutip. Begitu ya.. 🙂 Semoga sukses.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *