Peluang Bisnis dan Passive Income dari Bisnis Produk Informasi

Pernahkah Anda mendengar istilah “produk informasi”?

Produk informasi bukanlah istilah yang asing, khususnya bagi kita yang telah hidup di era informasi. Era informasi adalah sebuah era di mana masyarakat sangat bergantung pada informasi. Bahkan saking mahalnya informasi, informasi tersebut dapat dijual.

Saat ini hidup kita begitu bergantung pada informasi. Ketika kita ingin membeli sebuah properti baru di kawasan investasi seperti Gading Serpong, sudah tentu kita memerlukan informasi seputar kawasan tersebut. Kita butuh informasi untuk meningkatkan keberhasilan investasi kita. Ketika kita sedang merintis sebuah bisnis, kita perlu belajar banyak hal seperti manajemen, marketing, selling, branding, dan masih banyak lagi. Nah dari mana kita belajar?

Bisa dari buku, bisa dari workshop/seminar, bisa dari kursus online, atau bisa dengan mengikuti event-event yang berkaitan dengan bidang yang mau kita pelajari. Singkatnya, di era informasi, informasi menjadi sesuatu yang sangat berharga.

Karena sangat berharga, maka informasi dapat dijual. Bahkan, semakin hari bisnis produk informasi semakin tumbuh subur seiring dengan bertambahnya pengguna internet di Indonesia.

Nah, bagaimana cara menghasilkan uang (bahkan menghasilkan passive income) dari bisnis produk informasi? Bagaimana cara memulai bisnis produk informasi? Pembahasan selengkapnya dapat Anda jumpai pada tulisan berikut.

Apa Itu Produk Informasi?

Produk informasi adalah produk yang berisi informasi bermanfaat untuk orang lain. Contoh produk informasi misalnya : video tutorial, ebook, buku, seminar, workshop, kelas, data statistik, dan masih banyak lagi. Produk informasi hadir untuk memandu seseorang melakukan suatu hal dengan lebih baik. Contoh, buku marketing memandu pembaca untuk bisa lebih paham tentang dunia marketing, sehingga pembaca bisa melakukan marketing dengan lebih baik. Nah itulah produk informasi.

Buku termasuk contoh produk informasi.

Buku termasuk contoh produk informasi.

Di luar negeri, bisnis informasi sudah menjadi suatu hal yang lumrah. Anda dapat membuka website Clickbank.com. Di website Clickbank.com, Anda dapat menjumpai banyak sekali produk informasi yang dijual. Produk-produk di Clickbank.com terdiri dari banyak kategori. Berikut contoh produk-produk informasi dengan topik real estate yang dijual di Clickbank.com.

Contoh produk informasi yang dijual di Clickbank.com

Contoh produk informasi yang dijual di Clickbank.com

Selain Clickbank.com, Amazon.com juga menjual banyak sekali produk informasi. Lihatlah berapa banyak ebook yang dijual di Amazon.com.

Contoh produk informasi di Amazon.com

Contoh produk informasi di Amazon.com

Tak hanya di luar negeri, di Indonesia pun bisnis produk informasi terus berkembang. Lihatlah Gramediana.com, maka Anda akan menjumpai banyak ebook yang dijual. Ebook-ebook tersebut terdiri dari beragam kategori.

Bagaimana Cara Menghasilkan Passive Income dari Produk Informasi?

Profesi penulis merupakan salah satu profesi yang mendapatkan bayaran berupa royalti (royalti termasuk salah satu jenis passive income). Ketika seorang penulis menerbitkan buku, buku tersebut akan dijual di toko buku. Nah ketika buku sang penulis terjual maka si penulis akan mendapatkan royalti.

Ketika kita menjadi seorang pebisnis informasi maka kita seolah-olah akan menjadi “penulis”. Jika penulis membuat buku, maka kita akan membuat produk informasi dalam bentuk yang lain. Kita bisa membuat ebook (buku digital), video tutorial, seminar, workshop, dan lain sebagainya. Ketika produk informasi kita terjual maka kita juga akan mendapatkan royalti.

Bisnis informasi adalah salah satu bisnis yang menghasilkan passive income. Mengapa?

Sama seperti buku, kita (pembuat produk informasi) hanya perlu membuat produk informasinya satu kali. Setelah produk informasi tadi jadi, maka produk informasi tersebut dapat kita jual berulang-ulang. Tidak perlu biaya cetak lagi. Mengapa? Karena di era internet, produk informasi dijual secara digital. Artinya biaya produksinya tidak akan setinggi biaya produksi buku.

Intinya, produk informasi itu kita buat satu kali tetapi bisa dijual berkali-kali. Dengan demikian, tanpa kita harus bekerja pun passive income akan tetap mengalir ke kantong kita.

Produk Informasi Seperti Apa yang Dapat Kita Jual?

Produk apa ya yang nanti akan laris? (Sumber gambar : https://www.flickr.com/photos/ores2k/)

Produk apa ya yang nanti akan laris? (Sumber gambar : https://www.flickr.com/photos/ores2k/)

Produk informasi yang dapat dijual adalah produk yang berisi informasi yang bermanfaat bagi orang lain. Informasi yang bermanfaat itu bermacam-macam, bisa berupa :

  • informasi/teknik baru yang sudah terbukti dan jarang dibahas oleh orang lain,
  • informasi/teknik umum tetapi disajikan dengan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami.

Topik apa yang dapat dijadikan sebagai produk informasi?

Topik apa saja dapat dijadikan topik produk informasi Anda. Hanya saja, agar produk informasi Anda dibeli maka topik tersebut harus dicari oleh orang-orang.

Bagaimana cara mencari tahu topik apa yang dibutuhkan orang-orang?

Anda dapat melakukan riset untuk mengetahui topik apa yang nantinya akan dibutuhkan/dicari orang. Ada banyak cara riset yang dapat dipakai. Bisa dengan cara survei ke toko buku, survei di internet, ataupun riset dengan tools pendukung di internet. Jika Anda sedang butuh ide produk, maka Anda dapat membaca artikel ini : Cara Menjadi Penulis : Topik yang Laris dan Dapat Anda Tulis.

Bagaimana Cara Menjual Produk Informasi?

Ada dua cara menjual produk informasi. Dua cara tersebut adalah :

  1. Menjual produk informasi lewat situs marketplace produk informasi. Misalkan Anda bisa menjual ebook, video, ataupun kelas online Anda lewat marketplace seperti Clickbank.com, Amazon.com, ataupun situs-situs lainnya. Sesuaikan marketplace yang Anda pilih dengan target pasar Anda. Kalau target Anda adalah orang-orang Indonesia maka gunakanlah marketplace produk digital di Indonesia.
  2. Menjual produk informasi lewat website Anda sendiri. Cara kedua adalah Anda menjual produk lewat website Anda sendiri. Cara kedua ini memungkinkan Anda berjualan di “rumah sendiri”. Kalau Anda menjual produk digital di marketplace maka Anda masih “menumpang di rumah orang lain”. Ketika menumpang di rumah orang lain tentu saja kita tidak bisa bebas dan tidak bisa tumbuh sangat besar. Sebesar-besarnya bisnis Anda, masih akan tetap dibatasi dan bergantung pada marketplace. Kalau suatu saat marketplace tempat Anda berjualan tutup, maka jualan Anda juga bisa tutup. Untuk itu saya lebih merekomendasikan cara kedua.

Contoh menjual produk informasi lewat website sendiri, seperti yang saya lakukan di www.KeajaibanMenulis.com.

Itulah pembahasan awal tentang peluang bisnis dan cara menghasilkan passive income dari bisnis produk informasi. Menjual produk informasi itu dapat dipelajari. Silakan Anda coba sendiri. Jika Anda butuh panduan lengkap berbisnis informasi mulai dari awal sampai lanjutan, silakan dapatkan tutorial lengkapnya di sini.

Di artikel berikutnya kita akan lebih sering membahas tentang passive income dari produk informasi.

Salam Super Sukses!

Jefferly Helianthusonfri.

.banner Kursus Bisnis Online Terlengkap

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *