Peluang Bisnis di Sekitar Kampus

Jika Anda tinggal di daerah yang dekat dengan kampus, maka sebenarnya ada banyak potensi bisnis yang bisa Anda garap. Apa saja potensi bisnis tersebut? Bagaimana cara memanfaatkannya?

Mari kita ulas dalam tulisan berikut.

Tak hanya itu, tulisan ini juga dapat menjadi inspirasi bagi Anda yang sedang mencari lokasi properti yang bagus.

Sekitar Kampus, Lokasi “Emas” Untuk Investasi Properti

Dalam investasi properti, lokasi menjadi faktor yang amat penting. Kemampuan memilih lokasi akan menentukan keberhasilan kita dalam investasi properti. Nah, salah satu lokasi “emas” dalam investasi properti adalah lokasi yang dekat dengan kampus. Kenapa? Sebab lokasi dengan kampus termasuk lokasi yang terus berkembang dan pasarnya besar.

Bayangkan, setiap tahunnya akan selalu ada orang yang berminat hijrah/datang ke lokasi tersebut. Di tahun ajaran baru, suatu kampus biasanya menerima setidaknya 1000 mahasiswa. Bahkan semakin besar nama suatu kampus, maka pasti akan makin banyak jumlah mahasiswa baru tadi.

Artinya apa?

Artinya ada banyak peluang bisnis di sana. Dari ribuan orang tadi, mereka pasti butuh makan, butuh minuman, butuh tempat tinggal, butuh pulsa, butuh banyak kebutuhan.

Jika kita mampu memenuhi kebutuhan mahasiswa-mahasiswa tadi, maka mereka pasti akan membayar kita.

Contohnya seperti di daerah Gading Serpong. Sampai posting ini ditulis, sudah ada dua kampus di kawasan tersebut. Adanya dua kampus tadi (Universitas Multimedia Nusantara dan Surya University) memberi andil besar terhadap perkembangan kawasan Gading Serpong. Harga properti di kawasan ini pun meroket. Dari yang dulunya hanya sekian ratus juta, maka kini hampir tidak ada properti yang harganya di bawah 1 M.

Kampus UMN (Universitas Multimedia Nusantara) merupakan salah satu kampus di kawasan Serpong.

Kampus UMN (Universitas Multimedia Nusantara) merupakan salah satu kampus di kawasan Serpong.

Inspirasi ini dapat Anda jadikan acuan saat hendak membeli properti. Jangan lupa untuk membeli properti di kawasan yang sedang berkembang dan dekat dengan kampus.

Peluang Bisnis di Sekitar Kampus

Jika Anda sudah punya properti di sekitar kampus, maka manfaatkan properti tersebut sebagai aset Anda. Jadikan properti tadi mengalirkan uang ke kantong Anda.

Salah satu cara agar aset tadi mengalirkan uang adalah aset tadi Anda jadikan sebagai tempat usaha. Ada banyak peluang usaha yang bisa kita manfaatkan di sekitar kampus. Inilah usaha-usaha yang sangat cocok bila berada di dekat kampus.

1. Usaha Kos-Kosan

Semakin banyak jumlah mahasiswa di suatu kampus, maka biasanya permintaan kos-kosan juga akan terus meningkat. Jika Anda berbisnis kos-kosan, Anda bisa mendapatkan passive income.

Sewa kos ini bisa tahunan ataupun bulanan. Lokasi kos-kosan menentukan harga sewa. Contoh, di Gading Serpong, harga sewa kos sekitar 1,5 – 2 juta per bulan. Sedangkan untuk daerah lain (misal seperti di kota-kota Sumatra, misal : Bengkulu, Palembang), harga kos masih berkisar 400 ribu – 1 juta Rupiah.

aset

Untungnya berbisnis rumah kos adalah satu rumah dapat Anda jadikan beberapa kamar. Misalkan di sebuah rumah, Anda bisa menghadirkan belasan kamar. Katakanlah di satu rumah Anda menyewakan 10 kamar. Untuk setiap kamar, harga sewanya adalah 1,8 juta. Jika itu terjadi, maka dalam sebulan omzet Anda sudah 18 juta Rupiah.

Omzet tadi tentu akan dikurangi biaya (biaya listrik, air, dan jasa asisten rumah tangga). Jika dikelola dengan baik, profit 10 juta per bulan bisa Anda kantongi dari bisnis kos-kosan.

Berita baiknya, Anda bisa memanfaatkan utang untuk membiayai investasi kos Anda. Jadi, uang sewa kos tadi akan membayari utang properti Anda. (Baca : Prinsip Investasi yang Wajib Anda Ketahui).

2. Usaha Tempat Makan dan Minuman

Jika Anda sering lewat di kawasan sekitar kampus, Anda pasti akan menjumpai banyak tempat makan. Entah itu dalam bentuk cafe, resto, ataupun warung sekalipun. Semua usaha tadi menargetkan mahasiswa sebagai target pasar utama mereka. Jangan anggap remeh bisnis ini, omzetnya lumayan besar.

Saat ini, berkumpul di cafe sudah menjadi kebiasaan sebagian besar mahasiswa. Cafe bukan lagi sekadar tempat istirahat dan nyantai, banyak kegiatan mahasiswa dapat dilakukan di sini. Mulai dari persoalan mengerjakan tugas, kerja kelompok, rapat kepanitiaan, dan banyak lagi. Sediakan suasana yang nyaman, sajian yang enak, dan wifi gratis. Sudah pasti mahasiswa tadi akan berebutan untuk mampir di cafe Anda.

cafe

Selain usaha cafe, tempat makan seperti warteg pun laris manis. Kebanyakan mahasiswa kadang malas memasak, alhasil mereka beli dari warung. Jika mahasiswa tadi menjadi pelanggan setia Anda, bayangkan berapa banyak konsumen yang bisa Anda layani.

3. Jual Pulsa

Hari gini siapa sih yang tidak butuh pulsa? Untuk bayar listrik perlu pulsa, kuota internet butuh pulsa, alhasil pulsa jadi kebutuhan penting, termasuk bagi para mahasiswa. Oleh karena itu, jika Anda berminat, Anda juga bisa berbisnis jual pulsa. Tak harus yang besar, dimulai dengan counter kecil pun Anda sudah bisa berbisnis pulsa. Selain itu, Anda juga bisa jual kartu perdana dan paket internet.

4. Bengkel

Mahasiswa juga pasti punya kendaraan. Alhasil bisnis bengkel menjadi bisnis yang menarik. Mulai dari sekadar tempat tambal ban, ganti oli, sampai servis kendaraan, semua bisa Anda hadirkan. Jika Anda punya minat dalam bidang otomotif, plus Anda punya kemampuannya, maka Anda bisa mencoba berbisnis bengkel.

5. Warnet dan Tempat Main Game

Usaha warnet (warung internet) termasuk usaha yang menarik. Sekalipun wifi sudah sering dijumpai, mahasiswa kadang masih suka ngumpul di warnet. Apalagi jika koneksi internet yang disediakan jauh lebih kencang. Tak hanya itu, sampai larut malam pun mereka masih tetap suka nongrkong di warnet. Apalagi jika bersama teman-teman mereka.

Tak hanya warnet, rental PS (Play Station) pun juga cukup laris. Kehidupan mahasiswa yang penuh tekanan dan stres kadang butuh pelampiasan. Akhirnya mereka memilih rehat di tempat main game semacam ini.

6. Jual Alat Tulis dan Photocopy

Toko alat tulis juga menarik. Sebagai mahasiswa, jelas saya butuh berbagai alat tulis dan perlengkapannya. Daripada jauh-jauh ke pasar, saya lebih suka belanja di toko alat tulis sekitar kampus. Tak hanya saya, sebagian besar mahasiswa lain pasti juga demikian. Selain itu, kebutuhan lain dari mahasiswa adalah photocopy dan printing. Alhasil jika Anda punya satu ruko atau tempat usaha, maka tempat tadi bisa Anda sulap menjadi toko alat tulis yang sekaligus melayani jasa fotokopi dan printing.

7. Supermarket dan Minimarket

Mahasiswa juga butuh sabun, pasta gigi, makanan dan minuman ringan, alhasil mereka juga butuh minimarket.

Jika Anda perhatikan, di sekitar kampus pasti ada banyak Indomaret ataupun Aflamart. Ya bisnis minimarket ini turut menjamur di sekitar kampus. Tak harus punya Indomaret atau Alfamart, Anda juga bisa berbisnis minimarket milik Anda sendiri. Sediakan toko yang menjual kebutuhan-kebutuhan tadi, maka Anda bisa memanfaatkan peluang bisnis yang ada.

8. Laundry

memulai bisnis laundry

Bisnis penatu atau laundry juga cukup menarik. Harus diakui sudah terjadi perubahan gaya hidup, jika dulu orang sering mencuci sendiri, maka kini banyak yang mulai malas dan tidak sempat. Alhasil mereka butuh jasa penatu. Jika Anda tertarik, Anda juga bisa berbisnis laundry. Sediakan jasa cuci bagi mereka yang membutuhkan.

Intinya, ada banyak peluang bisnis di sekitar kita. Ide saja tidak cukup, kita perlu melakukan sesuatu. Oleh karena itu, jika Anda sudah mendapatkan ide bisnis, maka mulailah ide tersebut. Bersiaplah untuk berhasil tapi terimalah ada risiko gagal. Lakukan dengan baik dan belajarlah dari sana. 🙂

Semoga menginspirasi.

Jefferly Helianthusonfri

Klik di sini jika Anda ingin dipandu belajar membuat website dan toko online (dijamin pasti bisa).

1 Comment

  1. Kampus pun sebenarnya adalah entitas Bisnis yang berbentuk lembaga edukasi, karna pemilik kampus toh juga berbisnis, membuat gedung, sistem dan pengajar yang nantinya ada revenue dari para murid yang mendaftar.

    Jadi sudah pasti banyak peluang juga disana, anyway… artikelnya memberi saya referensi bagus. 🙂

    Salam kenal
    Regards, Admin

    PS: Silahkan kunjungi balik website kami yang fokus pada tema Tips dan Strategi Bisnis 🙂

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *