Peluang Bisnis : Menjual Jasa Desain di Internet

menjual jasa desain

Beberapa hari sebelum posting ini ditulis, saya membuat tweet-tweet yang terinspirasi dari kedahsyatan internet.

Berikut bunyi sejumlah tweet tersebut.

tweet JefferlyTweet dan tulisan ini bermula dari pengamatan saya terhadap fenomena yang sering kita jumpai. Saat ini tidaklah mengherankan ketika seorang mahasiswa bekerja dari cafe atau tempat nongkrong, lalu ia mampu menciptakan karya yang bernilai tinggi.

Tidaklah mengherankan ketika seseorang bisa bekerja secara fleksibel, cukup pakai kolor, bekerja di depan laptop, penghasilan tinggi datang menjelang. Kerja tidak lagi harus dilakukan dari kantor yang harus dijangkau dengan berjibaku di kemacetan. Dengan internet, ada banyak peluang bisnis yang bisa kita ciptakan.

Nah, dalam tulisan ini saya akan mengulas sebuah peluang bisnis untuk Anda yang punya hobi dan kemampuan dalam bidang desain grafis. Mudah-mudahan tulisan ini dapat menimbulkan inspirasi bagi Anda.

Berawal dari Mencari Jasa Desain Lewat Google

Pertengahan Agustus 2015 lalu, saya sedang mengerjakan sebuah ebook tentang internet marketing. Ebook ini akan saya bagikan secara gratis di website JefferlySuperClub.com. Nah, sembari mengerjakan ebook tersebut, saya iseng-iseng mencari desainer yang bisa membuat cover ebook tadi. Alhasil saya pun membuka Google dan mulai mencari jasa desain.

Tak lama berselang, berbagai hasil pencarian pun ditampilkan.

Lalu, saya mulai menelusuri satu per satu website yang menyediakan jasa desain cover.

cari jasa desain

Setelah menelusuri hasil pencarian, saya pun menghubungi salah satu desainer yang rencananya akan saya sewa. Setelah mampir di web si desainer tersebut, saya pun mengontak beliau. Selanjutnya, terjadilah proses percakapan dan saya bermaksud menggunakan jasa beliau.

Dari pengalaman saya tadi, terlihat bahwa sebenarnya peluang bisnis itu terhampar luas di depan kita. Anda yang punya kemampuan desain grafis dapat dengan mudah menjajakan jasa Anda. Berkat adanya Google, orang-orang dari seluruh dunia bisa dengan mudah menemukan jasa Anda.

Tentu hal ini dapat menjadi inspirasi bagi Anda mahasiswa desain grafis.Sudah tentu hal ini juga bisa menginspirasi siapapun yang ingin berkarya dalam bidang desain grafis.

Saya membayangkan kalau seandainya ribuan mahasiswa desain grafis di Indonesia mau berkarya dan menjual kemampuan desainnya. Sudah tentu mereka bisa merasakan kemandiriran finansial dalam usia yang amat muda. Mereka tak perlu lagi minta uang untuk kuliah atau jajan ke orang tua. Mereka tak perlu khawatir kalau-kalau mereka butuh uang lebih untuk perkuliahan. Sebab mereka bisa mandiri dengan menjual kemampuan yang mereka miliki.

Hal ini tak hanya menjadi renungan bagi mahasiswa desain grafis/desain komunikasi visual, mahasiswa dari berbagai jurusan lain pun bisa memetik pelajaran dari fenomena yang saya jumpai.

Apa Saja yang Dibutuhkan Untuk Memulai Bisnis Jasa Desain?

Dengan semakin tumbuhnya bisnis internet, sudah tentu jasa desain grafis akan semakin dibutuhkan. Untuk membuat website, membuat cover, membuat banner promosi, membuat landing page, jelas semua membutuhkan kemampuan desain. Untuk itu, bagi Anda yang berminat Anda dapat memulai bisnis di bidang jasa desain.

Lantas, apa saja yang dibutuhkan untuk memulai bisnis di bidang jasa desain?

Berikut sejumlah hal yang perlu disiapkan guna memulai bisnis di bidang jasa desain.

  1. Kemampuan desain. Sudah tentu ini merupakan syarat mutlak. Anda harus punya kemampuan desain yang mumpuni dan dapat diandalkan. Mampu menggunakan berbagai aplikasi pengolah grafis (seperti Photoshop, Illustrator, dsb) jelas merupakan kewajiban bagi Anda yang ingin berkarya di bidang desain.
  2. Website. Website akan digunakan untuk sebagai tempat Anda menawarkan jasa desain. Ibaratkan website sebagai sebuah “kantor” tempat Anda bertemu klien, tempat Anda memberikan penawaran pada klien, tempat Anda menampilkan portofolio. Akan sangat baik kalau Anda memiliki website dengan nama domain .com/top level domain lainnya. Bayangkan Anda punya web dengan alamat “www.NamaAnda.com”, sudah tentu kesan profesional dapat Anda timbulkan di depan klien. Lewat web ini Anda dapat memajang berbagai portofolio Anda.
  3. Portofolio. Sama halnya dengan bisnis jasa lainnya, Anda harus punya portoflio. Kehadiran portofolio dapat meyakinkan calon klien agar mereka mau menggunakan jasa Anda.

Itulah tiga hal pokok yang wajib Anda miliki ketika hendak memulai bisnis di bidang jasa desain.

Bagaimana kalau belum punya portofilio?

Jika belum punya portofolio, jelas Anda harus membuat portofolio. Portofolio bisa Anda dapatkan dengan berbagai cara. Bisa dengan cara menjadikan diri Anda terlibat dalam berbagai kegiatan kampus. Dengan demikian, Anda dapat membuat berbagai desain yang nantinya dipakai dalam kegiatan yang Anda ikuti. Nah hasil desain tadi dapat menjadi portofolio Anda.

Selain itu, Anda juga bisa membuat portofolio dengan cara mulai menawarkan jasa Anda kepada klien-klien awal. Klien-klien awal ini misalkan sesama teman Anda, pelaku startup di kampus Anda, ataupun berbagai kenalan yang Anda miliki. Di awal Anda bisa memulai dengan menawarkan jasa dengan tarif yang lebih rendah. Hal ini bertujuan guna menarik klien dan membangun portofolio Anda.

Jika portofolio sudah ada maka Anda pasti akan lebih percaya diri untuk mendapatkan klien-klien selanjutnya.

Cara Menjadikan Bisnis Jasa Desain Anda Mudah Ditemukan Oleh Klien

Kemampuan desain saja tidaklah cukup. Akan lebih baik kalau Anda juga memiliki kemampuan marketing. Jika Anda baru memulai bisnis dan melakukan segala sesuatunya sendiri, maka Anda perlu belajar marketing.

Kemampuan marketing dibutuhkan untuk memasarkan jasa Anda. Mau tidak mau, Anda harus berpromosi guna menjadikan bisnis Anda mudah ditemukan oleh orang lain.

Saat ini sudah ada banyak media yang dapat digunakan untuk promosi jasa. Anda dapat menggunakan berbagai media sosial (seperti Facebook, Instagram, Google Plus, Linkedin, dsb) untuk mempromosikan jasa Anda.

Selain itu, kehadiran marketplace jasa juga dapat Anda gunakan untuk promosi jasa Anda.

Apalagi jika Anda sudah punya website. Jika Anda sudah menggunakan website sebagai sarnaa pemasaran jasa Anda, Anda perlu menjadikan web tersebut menempati halaman pertama pencarian Google. Bahkan, kalau bisa Anda web Anda menempati peringkat pertama untuk pencarian seputar jasa desain.

Bagaimana cara membawa website Anda menempati peringkat 1 di Google?

Saya sudah pernah mengulas jawabannya dalam tulisan berikut : Cara Menerapkan SEO Agar Web Anda Ranking 1 di Google.

Bagi Anda yang ingin belajar SEO dan menjadikan web Anda menempati peringkat pertama Google, Anda bisa membaca buku SEO yang saya tulis. Salah satunya buku ini : Panduan Lengkap SEO Pemula Untuk Blogger.

Kesimpulan

Inti yang ingin saya sampaikan adalah saat ini sudah ada banyak peluang bisnis yang tersedia di internet. Jika kita punya kemampuan yang dapat dijual, kemampuan tersebut dapat kita jual melalui internet. Tak jadi soal di mana pun Anda berada. Entah ada berada di kota megapolitan macam Jakarta atau Anda berada di kota kecil di pelosok Sumatera, Anda tetap bisa berkarya. Selagi Anda punya kemampuan dan bisa mengakses internet, Anda dapat menjual kemampuan Anda ke seluruh Indonesia (bahkan dunia).

Saya pun mengawali karir juga dari kota kecil Lubuklinggau (Sumatra Selatan). Berawal dari masa SMA di kota Lubuklinggau inilah saya mulai membangun karir sebagai penulis dan blogger. Meski kini saya kuliah di Tangerang, saya tetap bisa berkarya. Sekalipun saya berada di Yogya, Bengkulu, atau berbagai kota-kota lain, “kantor” saya tak pernah libur, bisnis saya tetap berjalan. Mengapa? Karena semua berbasis internet dan sangat fleksibel.

Saya sangat berharap Anda terinspirasi dan membangun bisnis internet Anda sendiri.

Salam Super Sukses!

Jefferly Helianthusonfri

banner Kursus Bisnis Online Terlengkap

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *