Peluang Usaha Untuk Mahasiswa : Menjual Jasa Penulisan

usaha untuk mahasiswa

Ada banyak peluang usaha untuk mahasiswa.

Seorang mahasiswa punya potensi untuk mandiri secara finansial di usia muda. Hal ini dikarenakan mahasiswa punya potensi yang dapat dikembangkan. Contoh, jika si mahasiswa punya minat dan kemampuan di bidang desain, ia dapat menjual jasa desain. Demikian pula jika kita ia punya minat dalam bidang menulis, maka si mahasiswa dapat menjual jasa penulisan.

Di tulisan Peluang Bisnis : Menjual Jasa Desain di Internet, saya sudah membahas kiat-kiat untuk Anda yang ingin memulai bisnis jasa desain di internet.

Nah, dalam tulisan ini giliran saya akan membagikan kiat dan cara untuk Anda yang ingin memulai bisnis di bidang jasa penulisan.

Peluang Usaha Untuk Mahasiswa : Jasa Penulisan

Salah satu peluang bisnis yang menarik untuk dijalankan adalah bisnis jasa penulisan. Bisnis jasa penulisan termasuk menarik karena bisnis ini dapat dimulai dengan modal yang relatif rendah (bahkan nol). Selain itu, bisnis ini juga tidak menuntut kita memiliki stok produk. Yang kita butuhkan untuk memulai bisnis ini adalah kemampuan menulis.

Karena tidak perlu punya stok produk, maka bisa dibilang bisnis ini tanpa risiko. Toh yang kita jual adalah kemampuan menulis.

Lantas, jasa apa saja yang kita tawarkan dalam bisnis jasa penulisan?

Ada berbagai bentuk jasa yang bisa kita tawarkan. Contohnya :

  • jasa penulisan artikel;
  • jasa penulisan ebook;
  • jasa penulisan buku;
  • dan masih banyak lagi.

Bisnis jasa penulisan artikel tumbuh subur akhir-akhir ini. Kian hari kian banyak mereka yang menyediakan jasa penulisan artikel. Hal ini tidak lepas dari tingginya demand (permintaan) jasa penulisan artikel. Bayangkan ada berapa banyak website di internet. Sudah tentu website perlu dikelola secara rutin dan berkelanjutan.

Nah, untuk memastikan website kita tetap update, maka tentu web tersebut harus diisi dengan konten. Sayangnya, sebagian pemilik web biasanya tidak punya waktu yang cukup untuk mengisi konten web mereka. Di sinilah kita bisa menawarkan jasa penulisan artikel. Kita bisa menawarkan jasa penulisan artikel ke pemilik website yang butuh bantuan penulisan artikel.

menulis berdasarkan pengalaman pribadiSelain jasa penulisan artikel, kita juga bisa menyediakan jasa penulisan ebook.

Kian hari ebook juga kian dibutuhkan. Ebook dapat digunakan untuk berbagai kepentingan. Bisa untuk kepentingan marketing ataupun untuk dijual. Semakin banyak orang yang ingin membuat ebook maka sudah tentu jasa penulisan ebook semakin dibutuhkan.

Pada dasarnya setiap orang punya potensi untuk membuat ebook. Sayangnya tidak semura orang dilengkapi dengan kemampuan menulis dan waktu yang cukup. Nah mereka yang belum punya kemampuan menulis atau tidak punya waktu inilah yang dapat menjadi pengguna jasa penulisan ebook yang kita tawarkan.

Tak hanya jasa penulisan untuk ebook, kita juga bisa menawarkan jasa penulisan buku. Entah itu kita menawarkan jasa sebagai ghostwriter ataupun co-writer. Jika kita menjadi seorang ghostwriter, kita akan menuliskan buku untuk klien, tapi buku tersebut terbit atas nama klien. Sedangkan jika kita menjadi co-writer, kita akan bekerja sama dengan klien dalam menulis buku. Nama kita juga turut dicantumkan sebagai penulis buku tadi.

Bahkan, income seorang ghostwriter/co-writer bisa saja melebihi royalti yang didapat oleh penulis di penerbit. 🙂

Berapa Harga Jasa Penulisan Ini?

Harga jasa penulisan yang ditawarkan bisa bervariasi. Ambil contoh untuk jasa penulisan artikel. Biasanya untuk artikel bahasa Indonesia, 100 kata dihargai 3000 Rupiah. Itu artinya jika kita membuat sebuah artikel dengan 500 kata, maka kita akan dibayar 15 ribu Rupiah. Kendati demikian, ini hanyalah tarif standar. Tentu tarif bisa lebih tinggi jika topik tulisan yang kita buat lebih berat dan kompleks. Sudah tentu semakin banyak artikel yang kita tulis maka makin besar bayaran yang kita dapatkan.

Jika dalam sebulan kita sanggup menulis 60 artikel, dan tiap artikel mengandung 500 kata, maka kita sudah bisa mengantongi pendapatan sebesar 15.000 x 60 = 900 ribu Rupiah. Lumayan, kan? 🙂

Lantas, bagaimana dengan jasa penulisan ebook? Untuk jasa penulisan ebook, tarif yang ditawarkan bisa lebih mahal daripada sekadar artikel. Contoh, untuk 10 lembar halaman ebook berhasa Indonesia, harga yang ditawarkan bisa mencapai 250 ribu Rupiah.

Jika Anda ingin meraup pendapatan yang lebih besar, maka Anda dapat membidik segmen pasar perusahaan. Ambil contoh Anda menawarkan jasa penulisan artikel untuk pengelolaan website perusahaan. Karena perusahaan punya budget dan butuh jasa profesional, sudah tentu mereka siap membayar lebih tinggi. Bagaimana, tertarik mencobanya?

Bagaimana Menawarkan Jasa Penulisan?

Sama seperti bisnis jasa lainnya, Anda jelas butuh portofolio. Anda dapat membuat sebuah blog. Selanjutnya, isilah blog tersebut dengan tulisan-tulisan terbaik Anda. Anda dapat menjadikan blog tadi sebagai wadah menampung portofolio Anda. Jika Anda memang hobi menulis, tak ada salahnya Anda menyalurkan hobi tersebut lewat blog.

Blog dapat digunakan untuk pemasaran jasa. Termasuk, blog juga bisa dipakai untuk memasarkan jasa penulisan yang Anda tawarkan.

Blog dapat digunakan untuk pemasaran jasa. Termasuk, blog juga bisa dipakai untuk memasarkan jasa penulisan yang Anda tawarkan.

Jika Anda sudah punya portofolio, Anda dapat membuat paket penawaran. Paket penawaran ini berisi informasi lengkap tentang jasa dan harga yang Anda tawarkan. Paket penawaran tadi dapat Anda buat dalam bentuk halaman khusus di blog/website. Atau, paket tadi juga bisa Anda tampilkan dalam bentuk PDF. Jadi, ketika ada calon klien yang ingin informasi lebih lengkap tentang jasa Anda, Anda tinggal mengirimkan paket penawaran tersebut.

Untuk media pemasaran jasa penulisan, Anda dapat menggunakan berbagai sarana yang sudah tersedia. Anda dapat menggunakan media sosial (seperti Facebook, Twitter, Instagram, dsb). Selain itu, Anda juga bisa membuat sebuah website profile. Website ini digunakan untuk menampilkan profil dan jasa yang Anda tawarkan. Adanya website akan menimbulkan kesan profesional pada diri Anda. Klien dapat dengan mudah melihat penawaran Anda di website khusus yang sudah Anda buat.

Cara pemasaran lain yang juga penting adalah referensi dari mulut ke mulut. Mirip seperti bisnis kuliner, bisnis jasa biasanya juga ditawarkan dari mulut ke mulut. Klien yang puas bisa merekomendasikan Anda pada teman-teman mereka. Dari sana, Anda bisa saja mendapatkan klien baru. Oleh karena itu, kita juga harus fokus pada kepuasaan klien. Makin banyak klien yang puas maka makin banyak pula referensi yang akan mengarah pada kita.

Kiat lain yang juga penting adalah miliki nilai tambah dalam jasa yang Anda tawarkan. Contoh nilai tambah misalnya Anda juga memiliki kemampuan SEO. Dengan demikian, Anda tidak hanya pandai dalam membuat konten. Lebih dari itu, Anda juga bisa mengoptimalkan konten/tulisan yang Anda buat. Ketika konten dapat Anda optimalkan, konten tersebut bisa menempati peringkat yang optimal di mesin pencari. Tentunya nilai tambah ini dapat menjadi faktor pendukung agar klien semakin tertarik menggunakan jasa Anda.

Rekan pembaca sekalian, itulah peluang usaha untuk mahasiswa di bidang jasa penulisan. Bagi Anda yang tertarik, Anda dapat mencoba bisnis ini. Memulai bisnis itu mengasyikkan, Ketika Anda sudah terjun ke dunia bisnis, lalu Anda menikmatinya, Anda akan menjumpai banyak pembelajaran. Anda akan semakin berkembang, karir Anda akan makin gemilang. Mari mencoba, mari berhasil.

Jefferly Helianthusonfri

1 Comment

  1. desi

    untuk menjadi penulis artikel memang sekarang ini dibutuhkan oleh perusahaan startup salahsatunya,… untuk menjadi penulis profesional yang memiliki artikel yang berkualitas jarang sekali dimiliki oleh penyadia jasa penulis artikel ini, konten yang berkualitas adalah hal yang paling penting untuk di tunjukan bagi konsumen ,… thanks min infonya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *