Rekomendasi Buku

Melalui halaman ini saya ingin berbagi rekomendasi buku-buku bagus yang pastinya bermanfaat untuk mendukung keberhasilan Anda membangun passive income.

Berikut segudang buku bagus yang saya rekomendasikan untuk Anda. Buku-buku ini sudah terbagi dalam kategori-kategori khusus. Daftar buku-buku ini terus menerus saya perbarui seiring dengan semakin banyaknya buku yang saya baca. 🙂

Buku Marketing dan Selling

  1. ContagiousContagious Rahasia di Balik Produk dan Gagasan yang Populer (penulis : Jonah Berger, penerbit : Gramedia Pustaka Utama). Buku ini siap memandu Anda menciptakan viral marketing. Buku ini juga akan membantu Anda menjadikan produk, gagasan, ide, ataupun cerita Anda menjadi populer dan menyebar secara luas.
  2. How To Make Sales When You Don’t Like Selling (penulis : Alan Fairweather, penerbit : Metagraf). Buku ini berisi beragam teknik yang dapat Anda terapkan agar Anda bisa menjual tanpa perlu terlihat seperti seorang penjual. Singkatnya, buku-buku ini berisi berbagai teknik soft selling yang dapat dipakai untuk meningkatkan penjualan Anda.
  3. Wow Marketing. Buku ini ditulis oleh Hermawan Kartajaya dan Iwan Setiawan. Melalui buku ini dua pakar marketing Indonesia ini menuliskan banyak gagasan menarik dan inspiratif seputar cara melakukan marketing yang “wow”. Buku ini membahas banyak hal tentang kebiasaan market Indonesia di jaman internet seperti sekarang ini. Tak hanya itu, buku ini juga dilengkapi dengan berbagai saran praktis yang dapat diterapkan agar kita bisa melakukan marketing yang “wow”. Buku ini sangat bagus untuk membentuk mindset yang tepat dari seorang marketer dan pelaku bisnis. Wow Marketing diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama.
  4. Rising Middle Class in IndonesiaRising Middle Class in Indonesia. Buku ini ditulis oleh Taufik dari MarkPlus Insight. Kata pengantar buku ini ditulis oleh Hermawan Kartajaya. Buku Rising Middle Class in Indonesia ini membahas tentang berbagai kebiasaan kelas menengah di Indonesia. Buku ini juga berisi beragam studi komprehensif tentang kelas menengah di Indonesia. Bahkan buku ini juga membahas sisi sejarah tentang bagaimana kelas menengah di Indonesia bisa terbentuk. Intinya, kalau Anda mau belajar dan butuh referensi tentang kelas menengah Indonesia, buku ini termasuk buku yang bagus untuk dipelajari. Usai mempelajari buku ini kita akan tahu strategi seperti apa yang harus diterapkan bila melakukan marketing dan selling dengan target pasar kelas menengah di Indonesia. Rising Middle Class in Indonesia diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama.
  5. Marketing Revolution. Buku ini ditulis oleh Tung Desem Waringin. Saya membaca buku ini ketika masih duduk di bangku SMA. Buku ini bagus dan sangat membantu untuk pemula yang ingin belajar ilmu pemasaran dan penjualan. Buku ini diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama. Dengan mempelajari buku ini, Anda akan tahu filosofi kunci dalam menjadikan orang-orang “berebutan” membeli produk Anda.

Buku Pengembangan Diri

Berikut ini buku-buku bagus yang membantu kita memiliki pola pikir yang tepat sehingga bisa mengembangkan diri dengan lebih baik.

  1. Rich Dad Poor Dad. Buku dari Robert Kiyosaki ini berkisah tentang bagaimana “ayah miskin” dan “ayah kaya” Robert Kiyosaki mendidiknya menjadi seorang pribadi yang berhasil. Buku ini perlu dibaca oleh siapapun yang ingin memiliki pola pikir orang kaya. Buku ini bagus untuk membentuk mindset tentang kekayaan. Edisi bahasa Indonesia dari buku Rich Dad Poor Dad diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama.
  2. Cashflow Quadrant. Cashflow Quadrant saya baca pertama kali saat saya masih SMP. Buku ini memberi pemahaman dwhy a students work for c studentsan pengetahuan yang jelas tentang 4 tipe kuadran manusia sebagai makhluk ekonomi. Ada 4 kuadran, yakni E (employee = karyawan), S (Self Employed = pekerja lepas, contoh : penulis, dokter, artis, dsb), B (Businessman = pemilik bisnis), dan I (investor). Pemahaman tentang 4 kuadran ini akan menjadikan kita lebih paham tentang karir dan bagaimana menghasilkan uang. Buku ini wajib dibaca oleh Anda yang ingin menjadi seorang pebisnis dan investor sukses. Cashflow Quadrant juga ditulis oleh Robert Kiyosaki dan edisi bahasa Indonesia buku ini diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama.
  3. Why “A” Students Work for “C” Students and “B” Students Work for Government. Ini adalah buku lain dari Robert Kiyosaki. Buku ini membahas secara mendalam tentang mengapa anak-anak pintar di sekolah bekerja untuk pengusaha (yang tidak pintar saat sekolah), dan mengapa anak-anak dengan nilai “B” (sedang-sedang saja) banyak bekerja untuk pemerintah. Buku ini perlu dibaca oleh orang tua yang ingin memberi pendidikan finansial yang memadai untuk anak-anak mereka. Buku ini saya baca saat saya kuliah semester 2. Buku ini sangat bagus dan menjadi bekal saya untuk memberi pendidikan finansial pada anak-anak saya nantinya. 🙂 Versi bahasa Indonesia dari buku ini diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama.
  4. Keajaiban Otak Kanan. Buku ini ditulis oleh Shigeo Haruyama. Lewat buku ini saya belajar bagaimana menggunakan otak kanan untuk keberhasilan dan kebahagiaan hidup kita. Ada banyak hal menarik yang dapat kita pelajari dari buku ini Mulai dari tentang meditasi, berpikir positif, menggunakan jalan kaki untuk kesehatan dan kebahagiaan, dan banyak lagi. Edisi bahasa Indonesia dari buku ini diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama.
  5. Manusia Ide. Manusia Ide merupakan judul dari paket biografi Mochtar Riady (pendiri Lippo Group). Paket ini berisi dua buku. Buku pertama adalah otobiografi Mochtar Riady. Sedangkan buku kedua adalah biografi Mochtar Riady. Otobiografi Mochtar Riady sangat inspiratif. Saya sudah mengulas tentang buku ini di tulisan berikut : Biografi Mochtar Riady : Belajar Membangun Kerajaan Bisnis.

Buku Hiburan yang Edukatif

Berikut berbagai buku-buku hiburan yang sudah saya baca dan menurut saya sangat edukatif + inspiratif. Sebagian besar dari buku-buku berikut ini berupa karya novel.

  1. cover eye catching 2The Girl Who Saved The King of Sweden (penulis : Jonas Jonasson, penerbit : Bentang Pustaka). Novel ini bercerita tentang kisah hidup seorang wanita kulit hitam yang buta huruf dari Afrika Selatan (tokoh fiktif bernama Nombeko), yang kemudian tumbuh dan bertualang sampai ke Swedia. Novel ini bercerita tentang bagaimana seorang Nombeko yang menjadi ahli bom atom, petualang, sampai ia bisa menjadi penyelamat raja Swedia dan menjadi staf Perdana Menteri Swedia. Novel ini berisi humor-humor cerdas yang dipadukan dengan fakta sejarah. Dengan demikian, setelah membaca novel ini pengetahuan Anda akan bertambah dan hidup Anda menjadi lebih berwarna. 🙂
  2. Supernova : Ksatria, Putri, dan Bintang Jatuh (penulis : Dewi Lestari, penerbit : Bentang Pustaka). Ini adalah seri pertama dari serial Supernova yang ditulis oleh Dewi Lestari.
  3. Supernova : Akar (penulis : Dewi Lestari, penerbit : Bentang Pustaka). Ini merupakan seri kedua dalam serial Supernova karya Dee Lestari.
  4. Supernova : Petir (penulis : Dewi Lestari, penerbit : Bentang Pustaka). Ini seri ketiga dalam serial Supernova yang ditulis oleh Dee Lestari.
  5. Supernova : Partikel (penulis : Dewi Lestari, penerbit : Bentang Pustaka). Serial ke-4 dalam seri Supernova yang ditulis oleh Dee Lestari.
  6. Serial Supernova 1 - 4.

    Serial Supernova 1 – 4.

    Supernova : Gelombang (penulis : Dewi Lestari, penerbit : Bentang Pustaka). Nah, kalau yang ini seri ke-5 dalam serial Supernova, ditulis oleh orang yang sama yang menulis serial Supernova sebelumnya.

  7. Filosofi Kopi (penulis : Dewi Lestari, penerbit : Bentang Pustaka). Bagi Anda pecinta kopi dan sastra maka Anda wajib membaca buku ini. Dalam buku ini, Dee Lestari menghadirkan cerita-cerita inspiratif nan menyegarkan yang dibalut dengan pemaknaan filosofis terhadap kopi. Buku ini sudah diangkat ke layar lebar di tahun 2015 melalui film Filosofi Kopi.
  8. Horeluya (penulis : Arswendo Atmowiloto, penerbit : Gramedia Pustaka Utama). Novel ini bercerita tentang perjuangan keluarga Lilin (seorang anak yang mengidap penyakit langka) dalam menghadapi betapa berlikunya kehidupan mereka. Dalam novel ini Anda akan menemukan bagaimana keindahan dan sekaligus air mata yang terhampar saat iman sebuah keluarga diuji. Jangan heran jika di beberapa bagian novel Anda akan tertawa gembira, lalu beberapa detik kemudian Anda akan menitihkan air mata haru. Sebuah kombinasi dahsyat dari seorang Arswendo Atmowiloto.
  9. Laskar Pelangi (penulis : Andrea Hirata, penerbit : Bentang Pustaka). Ini adalah seri pertama dalam serial novel fenomenal Laskar Pelangi karya Andrea Hirata.
  10. Sang Pemimpi (penulis : Andrea Hirata, penerbit : Bentang Pustaka). Seri ke-2 dalam serial novel Laskar Pelangi. Novel ini juga sudah diangkat ke layar lebar melalui film Sang Pemimpi. Maudy Ayunda menjadi salah satu tokoh dalam film Sang Pemimpi, lho. 🙂
  11. Edensor (penulis : Andrea Hirata, penerbit : Bentang Pustaka). Seri ke-3 dalam tetralogi Laskar Pelangi. Anda yang bermimpi untuk kuliah di Eropa pasti akan sangat termotivasi setelah membaca novel ini.
  12. Maryamah Karpov (penulis : Andrea Hirata, penerbit : Bentang Pustaka). Seri ke-4 dalam tetralogi Laskar Pelangi. Sama seperti karya-karya Andrea Hirata sebelumnya, setelah membaca Maryamah Karpov Anda akan merasakan sensasi menjelajah Belitung dan merasakan kehidupan asli penduduk Belitung. Dengan lincahnya Andrea Hirata berhasil membuat jutaan orang menjanovel Spheredi tahu dan ingin menapakkan kaki di tanah Belitung.
  13. Ayah. Merupakan novel karya Andrea Hirata yang terbit pada bulan Mei 2015 lalu. Seperti karya-karya Andrea Hirata lainnya, karya ini menghibur dan inspiratif. Tak hanya menyajikan hiburan yang edukatif, novel ini akan mengajarkan pada kita tentang arti cinta dari orang tua ke anaknya. Novel ini menyentuh, menggugah, dan menginspirasi.
  14. Sphere Bola Asing. Novel fiksi ilmiah ini ditulis oleh Michael Crichton. Novel ini bercerita tentang Norman (seorang ilmuan psikologi) yang dikirimkan bersama tim ilmuwan untuk menyelidiki sebuah kapal raksasa di dasar Samudra Pasifik. Kapal itu diduga merupakan kapal yang datang dari masa depan. Seperti fiksi-fiksi ilmiah lainnya, novel ini kerap menyerempet membahas tentang alien dan kehidupan di luar kehidupan kita saat ini. Pelajaran terbesar yang saya petik dari novel ini adalah tentang kekuatan pikiran seorang manusia. Meski novel ini fiksi ilmiah, pembelajaran tentang kekuatan pikiran tadi dapat kita gunakan untuk bidang lain. Kita bisa belajar bagaimana menggunakan kekuatan pikiran untuk keberhasilan keluarga, bisnis, ataupun karir kita. Novel ini menarik, mendidik, dan penuh petualangan. Edisi bahasa Indonesia novel ini diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama.

Daftar buku di atas akan terus saya perbarui seiring makin banyaknya buku yang saya baca. 🙂

15 Comments

  1. arief lukman

    buku buku yang menarik,namun kalo saya baca sekilas kok kayaknya belum nyampe ya.. hahaah.a… masih HANG…

  2. Mukhlisin

    Ijin simpen pos ya ya.. 🙂

  3. Yosi

    tadinya saya kira menu ini isinya buku2 mas jeff..oww ternyata…

  4. Fajar

    Rich Dad Poor dad, Cash Flow Quadran, & Young Reach. cuma 3 ini yg ane punya

  5. Arman

    Mantap

  6. Maksum Zakaria

    Luar biasa anda bung Jefferly, sangat produktif sekali. Saya mengagumi anda…

  7. triyudi

    Betul-2 menginspirasi saya untuk terus belajar. Meskipun dg usia lanjut saya kira mencari ilmu masih terus dilakukan, dg membaca buku , membaca tulisan anda salah satu cara untuk mencari ilmu

  8. franky honda bogor

    terima kasih pak Jeff atas share bukunya, pak Jeff memang sangat luas pengetahuan dan pengalamannya, saya suka baca buku tapi actionnya selalu tidak berani pak Jeff

  9. fitri

    Terimakasih pak jeff , bapak membantu sekali saya jadi tau buku2 bagus untuk pengembangan diri, kebetulan saya ingin membaca buku2 tentang pengembangan diri

  10. LogikaTekno

    Tx buat rekomendasi buku2nya agan Jef

  11. muchtar khudhori

    Selain buku-buku itu, kalo bisa up date juga donk buku-karangan mas Jeff

  12. masandi wibowo

    terima kasih rekomendasinya gan

  13. hafidzzein

    Who moved my cheese (Spencer Johnson) juga sangat direkomendasikan

  14. hafidzzein

    Who moved my cheese (Spencer Johnson) juga sangat direkomendasikan

  15. Reza Ichsani

    terima kasih Mas

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *