Panduan Blog : Tiga Hal yang Harus Disiapkan Untuk Memulai Blog

Untuk bisa memiliki passive income dari blog, sudah tentu kita harus punya blog. Namun, hingga hari ini masih banyak rekan-rekan di internet yang belum punya blog. Ada beragam alasan yang menghambat seseorang untuk memiliki sebuah blog. Mulai dari ketiadaan waktu, kurangnya pengetahuan, hingga kebingungan sebab tidak tahu harus memulai dari mana.

Nah, bagi Anda yang bingung bagaimana memulai sebuah blog, berikut saya bagikan tips untuk memulai sebuah blog.

Setidaknya ada tiga hal yang perlu disiapkan untuk memulai sebuah blog. Apa saja ketiga hal tersebut?

Ini dia pembahasan selengkapnya.

1. Ide Blog Anda

Hal pertama yang harus disiapkan adalah ide. Tanpa ide, kita tidak tahu akan membuat blog apa.

Ide blog bisa datang dari mana saja, dari pengalaman pribadi Anda, dari kebutuhan pasar, dari buku, dari bidang kompetensi Anda, bahkan dari hobi Anda.

pengetahuan.

Ide blog JagoanPassiveIncome.com datang dari pengalaman pribadi saya. Saya terpikir untuk membangun JagoanPassiveIncome.com setelah saya berhasil memiliki passive income di usia yang relatif muda (sejak usia 15 tahun). Berawal dari pengalaman pribadi, akhirnya saya memulai blog JagoanPassiveIncome pada Februari 2015 (saat saya berusia 18 tahun). Melalui blog ini, saya ingin berbagi pengalaman tentang meraih passive income kepada mereka yang tertarik membangun “keran” passive income.

Sumber ide yang paling saya sukai adalah pengalaman pribadi, bidang kompetensi, dan hobi. Mengapa? Berikut alasannya.

Ketika ide blog datang dari pengalaman pribadi, Anda tidak akan bingung saat menulis di blog. Anda tinggal menuliskan sesuatu yang telah Anda alami. Contoh, Anda membuat blog tentang percintaan. Jika Anda sudah banyak makan asam garam dalam bidang percintaan, tentu Anda tidak akan kesulitan saat hendak menulis tentang percintaan.

Ketika ide blog datang dari bidang kompetensi, Anda juga akan mudah untuk menulis nantinya. Contoh, bidang kompetensi Anda adalah parenting. Adalah hal mudah ketika Anda harus menulis seputar parenting. Untuk itu, nantinya Anda tidak akan kesulitan saat menulis konten-konten segar di blog Anda.

(Baca juga : 5 Topik Unggulan Untuk Ibu Rumah Tangga yang Ingin Nge-Blog.)

Usai Anda mendapatkan ide blog, jangan lupa untuk melakukan validasi terhadap ide tersebut.

(Baca : 5 Cara Validasi Ide Blog Anda.)

2. Alamat Blog dan Hosting

Hal kedua yang perlu disiapkan untuk memulai blog adalah alamat blog (domain) dan hosting.

Domain merupakan alamat website/blog Anda. Contoh sebuah domain : www.JagoanPassiveIncome.com. Domain inilah yang nantinya digunakan oleh orang-orang saat mereka hendak mengakses blog Anda.

Sedangkan hosting merupakan tempat menyimpan file di internet. Sebuah blog/website pasti terdiri dari banyak file (entah itu gambar, script, dsb). Nah, supaya file-file penyusun website/blog tadi dapat diakses, maka file-file tersebut harus diunggah ke hosting (server).

Domain dan hosting ada yang gratis, ada pula yang berbayar. Apabila Anda ingin menggunakan domain berbayar (misal domain .com, .net, .info), maka Anda perlu membayar biaya sewa. Saat tulisan ini dibuat, harga sewa domain .com sekitar 100 ribu Rupah per tahun).

Sedangkan untuk hosting, harga sewanya cukup beragam (tergantung dari spesifikasi hosting yang Anda gunakan).

Bagi Anda yang ingin membuat blog secara gratis, Anda dapat memanfaatkan layanan blog seperti Blogspot ataupun WordPress. Ketika Anda membuat blog dengan menggunakan platform blog seperti WordPress, Anda tidak harus memikirkan nama domain dan hosting. Mengapa? Karena alamat dan hosting untuk blog Anda sudah sediakan oleh platform tersebut.

WordPress.com, platform yang dapat dimanfaatkan untuk membuat blog secara gratis.

WordPress.com, platform yang dapat dimanfaatkan untuk membuat blog secara gratis.

3. Model Bisnis Blog

Agar sebuah blog tetap hidup, dan sekaligus supaya Anda tetap semangat, tentu blog Anda harus menghasilkan uang. Untuk itu, blog Anda harus mempunyai sebuah model bisnis.

affiliate marketing tanpa biayaApa itu model bisnis?

Secara sederhana, model bisnis dapat diartikan sebagai cara Anda menghasilkan uang dari blog. Ada beberapa model bisnis untuk blog yang sudah terbukti ampuh. Berikut tiga model bisnis yang ampuh agar sebuah blog bisa menghasilkan uang.

  • Periklanan online. Dengan menerapkan model bisnis ini, Anda akan menyediakan ruang iklan di blog. Selanjutnya ruang iklan tersebut disewakan kepada pemasang iklan. Selain itu, Anda juga bisa menghasilkan uang dengan cara menampilkan iklan PPC di blog. Iklan (Pay Per Clik) adalah model periklanan di mana Anda dibayar untuk setiap klik yang terjadi pada iklan yang tampil di blog Anda. Jadi, tugas Anda adalah menampilkan iklan PPC, lalu upayakan agar iklan Anda diklik oleh pengunjung blog.
Contoh iklan PPC (Google AdSense) yang ditampilkan di sebuah blog.

Contoh iklan PPC (Google AdSense) yang ditampilkan di sebuah blog.

Banner 3 KeajaibanMenulis.com

  • Pemasaran afiliasi (affiliate marketing). Dengan menerapkan model bisnis ini, Anda bekerja sama dengan vendor (penyedia produk). Anda memanfaatkan blog untuk memasarkan produk si vendor tadi. Selanjutnya, jika Anda berhasil menjual produk si vendor, Anda akan dibayar dengan sejumlah komisi. (Baca juga : Belajar Affiliate Marketing, Gabung di Program Afiliasi KeajaibanMenulis)
  • Menjual produk Anda sendiri. Anda juga bisa memanfaatkan blog sebagai sarana pemasaran produk Anda. Misalkan Anda menjalankan kegiatan multi level marketing. Nah, Anda dapat memanfaatkan blog sebagai salah satu sarana menjaring prospek untuk bergabung di MLM Anda.

Apapun model bisnis yang Anda pilih, pastikan Anda berkomitmen dan menjalankan model bisnis tersebut sebaik mungkin. Sebab, selalu dibutuhkan perjuangan dan kerja keras untuk menggapai keberhasilan.

Rekan pembaca sekalian, itulah tiga hal yang perlu disiapkan saat memulai sebuah blog. Jika Anda sudah menyiapkan tiga hal tadi, maka Anda bisa segera membuat dan mewujudukan blog Anda.

Bagi Anda yang baru memulai sebuah blog, berikut artikel yang saya rekomendasikan : Sembilan Target yang Wajib Dicapai Saat Memulai Sebuah Blog.

Salam Super Sukses!

Jefferly Helianthusonfri

banner Kursus Bisnis Online Terlengkap

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *